Review

Doraemon

oleh: Reza Alif

Halaman 2

4. Peta permainan yang sangat luas


Dok. KotakGame

Mungkin saat pertama kali kamu memainkan game ini, kamu akan cukup sulit untuk mencari jalan yang benar untuk menuju suatu tempat, karena petanya yang sangat luas dan kamu patut menghafalnya agar memainkannya lebih cepat. Tapi, karena peta yang luas, justru membuat eksplorasi kita semakin mengasyikkan.


Dok. KotakGame

Meski tentu saja tidak seluas seri Rune Factory, setidaknya terdapat 16 daerah berbeda yang dapat kamu akses di awal permainan, dan kemungkinan bisa saja bertambah melihat ada sebuah rakit di pantai dan sampan di sungai kota, yang kemungkinan dapat digunakan. Setiap daerah tersebut juga terdiri dari beberapa bangunan atau lokasi yang tentu juga bisa kamu akses.

Baca ini juga :

» The Super Mario Bros. Movie
» Review Mario + Rabbids Sparks of Hope
» Review Nintendo Switch OLED
» Neo: The World Ends with You
» Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin
5. Penuh dengan kustomisasi yang menarik


Dok. KotakGame

Bisa dibilang ini adalah salah satu game Harvest Moon yang memiliki cukup banyak kustomisasi khususnya pada kebun milikmu, kamu bisa mengganti warna serta bentuk pagarmu, menambahkan jalan setapak di jalur ladang milikmu, mendekorasi ulang rumah mu begitu juga dengan bangunan peternakan mu. Bahkan kamu bisa memberikan hiasan patung pada perkebunanmu.

Untuk melakukan kostumisasi ini, kamu harus menyediakan beberapa item yang dibutuhkan untuk nantinya digunakan membuat kostumisasi yang kamu inginkan kepada tukang kayu dengan tentunya sejumlah biaya gold juga kamu harus bayarkan.

6. Kontrolnya terbatas dan agak canggung


Dok. KotakGame

Dari tiap seri Harvest Moon biasanya terdapat peningkatan kontrol yang cukup baik, hanya saja pada Doraemon Story of Seasons itu tak terjadi bahkan cenderung kurang maksimal. Sedikitnya shortcut yang diberikan, kemudian terkadang kontrolnya saling menabrak, contohnya saat kamu tengah membersihkan ladang dengan memotong kayu atau memukul batu, kamu bisa saja tak sengaja malah mengambil rumput yang ada di sekitar, atau saat akan memasukkan sayuran ke dalam kotak penjualan, jika tidak pas kamu bisa secara tidak sengaja memakannya.

Untuk shortcut, seperti saat melihat map, kamu harus membuka sebuah menu terlebih dahulu untuk bisa melihat map, sebenarnya beberapa tombol trigger masih dapat digunakan untuk menjadi shortcut, tapi entah mengapa trigger hanya terpakai untuk memilih peralatan, yang sebenarnya bisa dilakukan meski dengan satu tombol saja.

Kesimpulan

Itulah review dari Doraemon Story of Seasons, meski ini adalah kali pertama Marvelous melakukan kolaborasi Harvest Moon dengan produk lain, mereka berhasil membuatnya tetap bisa dinikmati sesuai porsi masing-masing penggemar dari kedua produk. Jika kamu menyukai Doraemon, kamu akan mendapatkan kisah yang memang sangat khas Doraemon, sedangkan untuk pecinta Harvest Moon kamu tetap bisa memainkan game ala Harvest Moon dan bahkan dengan beberapa peningkatan.

Kesimpulan Review: Doraemon Story of Seasons

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Plot cerita khas Doraemon
  • Penerapan alat Doraemon ke dalam Harvest Moon yang menarik
  • Grafik ala Anime yang bagus
  • Kustomisasi yang beragam
  • (-) KEKURANGAN
  • Kontrol yang canggung dan kurangnya shortcut
  • Waktu yang berjalan terlalu cepat

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview