Review

ASUS ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue

Halaman 2

Untuk Gamer Sekaligus Content Creator

Seperti disebutkan sebelumnya, ROG Zephyrus S GX502GW tidak hanya ditujukan untuk gamer tetapi juga untuk para profesional kreatif. Untuk menunjang kebutuhan keduanya, laptop gaming ini dibekali dengan berbagai fitur khusus salah satunya terdapat di layarnya. ROG Zephyrus S GX502GW menggunakan layar IPS-level dengan refresh rate tinggi dan response time yang rendah, tepatnya hingga 240Hz dan 3ms.

Refresh rate tinggi sangat penting bagi gamer yang ingin menikmati gerakan mulus dalam game dengan frame rate yang tinggi. Sementara response time yang rendah memungkinkan gamer untuk dapat bereaksi lebih baik di dalam game, serta merasakan bermain game dengan output tampilan yang sangat mendekati real-time.

Sementara untuk menunjang kebutuhan profesional kreatif, laptop dilengkapi layar tersertifikasi Pantone Validated Display. Artinya, tidak hanya mampu menampilkan frame rate tinggi, tetapi juga warna yang sangat akurat. Layar yang mampu menghasilkan warna yang akurat sangat penting bagi profesional kreatif agar mereka dapat memastikan karya yang dihasilkan memiliki warna yang sesuai dengan yang diinginkan.

"> Tidak hanya itu, layar yang digunakan ROG Zephyrus S GX502GW juga mampu mereproduksi warna lebih banyak daripada laptop gaming pada umumnya. Layar laptop gaming ini memiliki tingkat reproduksi warna hingga 100 persen pada color space sRGB. Setiap unit ROG Zephyrus S GX502GW juga hadir dengan layar yang telah dikalibrasi menggunakan ProArt TruColor Technology.

Kini, dengan pilihan warna Glacier Blue, para content creator pun tidak perlu lagi terpaksa memilih laptop dengan desain yang dibalut warna garang khas ROG. Pilihan warna baru yang disediakan membuat Zephyrus S GX502GW menjadi tampil lebih stylish.

Konektivitas hadir lengkap di laptop gaming ini, mulai dari USB 3.1 Type-A, HDMI, dan dua audio jack. USB Type-C di ROG Zephyrus S GX502GW juga mendukung display output dan power delivery seperti yang telah disebutkan sebelumnya. ROG Zephyrus S GX502GW juga hadir dengan kamera terpisah yang mampu melakukan perekaman di resolusi Full HD 60 fps.

Armoury Crate = pusat komando

Seri laptop ROG terbaru kini telah dilengkapi dengan sebuah aplikasi bernama Armoury Crate, tidak terkecuali ROG Zephyrus S GX502GW. Jika diibaratkan, Armoury Crate bagaikan sebuah pusat komando untuk pengguna laptop gaming ROG.

Di Armoury Crate, Anda bisa mengatur performa sesuai dengan kebutuhan serta skenario penggunaan. ASUS telah menyediakan empat preset yang bisa digunakan, yaitu mode Windows, Silent, Performance, dan Turbo. Mode Windows merupakan mode penggunaan sehari-hari, sementara Silent merupakan mode yang direkomendasikan ketika menggunakan laptop di tempat umum karena sistem akan membatasi kecepatan kipas ke tingkat yang tidak berisik sama sekali. Tentu saja performa akan dibatasi dalam mode Silent.

Sementara mode Performance dapat digunakan ketika Anda ingin menjalankan aplikasi yang butuh performa lebih seperti video atau photo editor. Mode tersebut akan membuat kipas berputar lebih kencang agar dapat menghasilkan performa lebih kencang.

Terakhir adalah mode Turbo yang menawarkan performa maksimal. Mode ini hanya bisa diakses ketika laptop terhubung ke listrik menggunakan adapter. Mode ini diaktifkan ketika Anda ingin bermain game AAA dengan detail grafis terbaik dan performa maksimal. Perlu diperhatikan mode ini akan membuat kipas ROG Zephyrus S GX502GW berputar maksimal.

Selain keempat mode tersebut, ASUS juga menawarkan mode Manual dimana Anda bisa mengatur performa GPU dan CPU, serta kecepatan kipas sesuai dengan selera. Semua pengaturan di mode Manual dapat disimpan melalui sistem cloud, tentunya dengan syarat Anda harus terhubung ke akun ASUS.

Baca ini juga :

» Review: ASUS ROG Phone 3
» [REVIEW] Monitor 4K HDR BenQ EW3280U! Siap Main Console Gaming PS5 & Streaming Film? Hayukkk!
» Review: ASUS ROG Zephyrus S17
» Acer Nitro 5
» Review ROG Zephyrus Duo 15
Tampilan RGB unik

Melalui Armoury Crate, pengguna juga bisa mengatur tampilan RGB backlight pada keyboard di ROG Zephyrus S GX502GW. Terdapat beberapa preset RGB backlight yang sudah disediakan di Armoury Crate dan bisa dapat digunakan langsung oleh pengguna, seperti Static, Strobe, hingga Breathing. Pengguna ROG Zephyrus S GX502GW juga bisa membuat tampilan sendiri sesuai dengan kebutuhan berkat fitur per-key RGB backlight yang ada di laptop gaming ini.

Ingin tampilan lebih menarik lagi? Pengguna ROG Zephyrus S GX502GW yang juga memiliki perangkat gaming ROG bisa melakukan sinkronisasi tampilan RGB-nya. Lewat fitur Aura Sync, semua perangkat gamig ROG yang terhubung ke ROG Zephyrus S GX502GW bisa memilikki tampilan RGB yang seragam. Bahkan efeknya pun bisa disesuaikan dengan game yang sedang dimainkan.

Audio kencang

Salah satu keunggulan yang bisa dikatakan tidak terduga di ROG Zephyrus S GX502GW adalah performa audionya. Tidak seperti laptop pada umumnya, kualitas suara yang dihasilkan oleh ROG Zephyrus S GX502GW tergolong sangat baik. Laptop gaming ini mampu menghasilkan suara yang kaya dengan bass yang cukup dalam dan sangat jelas terdengar. Selain itu, suara yang dihasilkan juga tergolong lantang.

Kualitas audio di ROG Zephyrus S GX502GW juga semakin baik berkat adanya tools bernama Sonic Studio. Tools ini dapat diakses langsung melalui Armoury Crate dan memungkinkan Anda untuk mengatur sistem audio secara keseluruhan, bukan hanya mengatur volume saja. Sonic Studio memiliki beberapa preset yang bisa langsung Anda gunakan untuk berbagai macam aktivitas dengan laptop gaming ini. Salah satu presetnya adalah Music yang menawarkan suara lebih kaya dan detail. Sementara preset Gaming mengedepankan sistem surround yang bisa meningkatkan awareness saat bermain game.

Tidak hanya output, Sonic Studio juga memungkinkan Anda untuk mengatur input audio. Melalui fitur bernama Record Studio, ASUS menawarkan fasilitas seperti Noise Reduction, Volume Stabilizer, Accoustic Echo Cancellation, hingga Voice Equalizer yang dapat di-custom. Jika Anda gemar melakukan live streaming, fitur ini akan sangat berguna.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview