Review

ASUS ROG Zephyrus S GX502GW Glacier Blue

oleh: Keyboard22

Halaman 3

Performa super kencang

Jika pepatah mengatakan jangan menilai buku dari sampulnya, maka untuk ROG Zephyrus S GX502GW jangan pernah menilai laptop gaming ini dari tampilannya. Jika dibandingkan dengan laptop gamig lainnya, bahkan laptop gaming yang dihadirkan kompetitor, ROG Zephyrus S GX502GW memang terlihat sangat sederhana dan tidak memiliki tampilan khas laptop gaming pada umumnya yang dipenuhi lampu RGB.

Namun di balik tampilan tersebut, ROG Zephyrus S GX502GW mampu menghadirkan performa super kencang yang tidak kalah dengan laptop gaming lainnya. Performa tersebut berkat kombinasi antara Intel Core i7-9750H dan chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 yang merupakan komponen kelas high-end.

Keduanya tidak hanya memungkinkan berbagai game terkini dapat berjalan di frame rate tinggi pada pengaturan grafis terbaik, tetapi juga dapat menjalankan berbagai aplikasi kreatif yang membutuhkan performa ekstra, seperti aplikasi produksi animasi, video editing, dan photo editing dengan sangat lancar.

Performa ROG Zephyrus S GX502GW terbukti lewat pengujian menggunakan aplikasi benchmark PCMark 10 dan Cinebench R15. Di kedua benchmark tersebut, laptop gaming ini berhasil menorehkan skor tinggi yang dapat dilihat di screenshot berikut ini.

Menariknya lagi, ROG Zephyrus S GX502GW mampu mempertahankan skor pengujiannya secara berulang. Artinya, teknologi pendinginan AAS yang diadopsi oleh laptop gaming ini terbukti mampu menghadirkan performa pendinginan yang sangat baik.

Beralih ke pengujian grafis, performa ROG Zephyrus S GX502GW tidak perlu dipertanyakan lagi. Chip grafis NVIDIA GeForce RTX 2070 yang digunakan di laptop gaming ini memungkinkan berbagai game terkini, sebut saja Tom Clancy’s Ghost Recon: Breakpoint dan Tom Clancy’s The Division 2 dapat tampil dengan rata-rata frame rate di atas 60 fps dan kualitas grafis "rata kanan".

Tidak hanya di game, ROG Zephyrus S GX502GW juga tampil dengan sangat baik di pengujian grafis menggunakan aplikasi benchmark 3DMark. Baik di mode pengujian Fire Strike dan Time Spy, ROG Zephyrus S GX502GW mampu menghadirkan frame rate dan skor yang baik.

Hanya di pengujian Port Royal dengan fitur real-time ray tracing laptop ini menghasilkan frame rate di sekitar 30 fps. Hal tersebut wajar sebab Port Royal merupakan pengujian grafis yang sangat kompleks bahkan sangat sulit untuk mendapatkan frame rate tinggi di pengujian ini.

Image Selain prosesor dan chip grafis, ROG Zephyrus S GX502GW juga ditemani NVMe PCIe SSD berkapasitas 1TB dan RAM DDR4 2666 Mhz berkapasitas 32GB. Multitasking dan mengoperasikan aplikasi yang memakan memori pun tidak menjadi masalah. Kombinasi keduanya membuat laptop ini memiliki loading time dan boot time yang sangat cepat. Performa SSD-nya dapat dilihat di screenshot benchmark berikut.

Baca ini juga :

» ASUS ROG Strix Scope PBT
» ASUS ZenBook Pro Duo UX581
» Star Wars Jedi: Fallen Order
» SAO: Alicization Rising Steel
» The Legend of Heroes: Trails of Cold Steel III
Kesimpulan

ROG Zephyrus S GX502GW bisa dikatakan sebuah laptop yang menawarkan paket komplit. Tidak hanya sangat ideal untuk dijadikan perangkat gaming, laptop gaming ini ternyata juga dapat diandalkan untuk menjalankan aktivitas lainnya, salah satunya adalah untuk bekerja. Semua itu berkat dimensinya yang sangat ringkas, bobotnya yang tergolong ringan untuk sebuah laptop gaming, dan fitur profesional yang tidak bisa didapatkan di laptop gaming lainnya.

Hadirnya warna Glacier Blue dalam lini produk ROG Zephyrus S GX502GW juga membuat para content creator menjadi lebih leluasa saat akan memilih laptop yang akan ia gunakan untuk memenuhi kebutuhan dan aktivitasnya sehari-hari. Kini mereka tetap dapat memiliki produktivitas tinggi dengan laptop tipis berspesifikasi gahar, namun dalam balutan desain dan warna yang sangat stylish.

Kesimpulan Review: ROG Zephyrus S GX502GW

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Dapur pacu mumpuni
  • Layar mewah
  • Baterai awet
  • Build quality yang solid dan terlihat mewah
  • (-) KEKURANGAN
  • Tidak ada webcam bawaan
  • Tidak ada card reader

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview