Review

Final Fantasy VII Remake

Halaman 2

Welcome to Midgar

Rilis Final Fantasy VII Remake kali ini hanya berfokus pada Midgar, yang merupakan setting kota pertama sekaligus dimana konflik dalam gamenya bermula. Walaupun di game originalnya porsi permainan di Midgar bisa diselesaikan dalam waktu singkat, namun remake ini berhasil menawarkan ekspansi luar biasa yang membuat porsi permainan di Midgar menjadi jauh lebih lama dan padat dengan konten baru.

Tidak hadirnya gameplay open-world juga bukan masalah, karena kamu tetap bisa merasakan betapa masifnya setting game ini berkat presentasi visual dan lingkungan yang luar biasa. Saking luar biasanya, Kru KotGa bahkan tidak ragu untuk menyebutnya lebih baik daripada film Final Fantasy VII: Advent Children.

Selama permainan kamu akan dibawa ke berbagai area di Midgar baik itu di plate bagian atas yang dihuni oleh penduduk dari kalangan mampu, hingga Slums di bagian bawah yang lebih terlihat seperti pemukiman kumuh.

Setiap tempat memberikan gambaran yang luar biasa pada kondisi Midgar dari berbagai sudut pandang, dan hal ini semakin diperkuat lewat interaksi antar NPC yang membahas berbagai macam hal mulai dari permasalahan pribadi hingga respon pada konflik baru yang sedang terjadi. Elemen-elemen ini membuat penggambaran dunia dalam game ini terasa sangat imersif dan membuatmu seolah benar-benar berada di dalamnya.

Secara presentasi game ini memang terlihat fenomenal, namun Kru KotGa menemui adanya permasalahan grafis dari loading tekstur yang lambat di beberapa objek serta kurangnya detail untuk model karakter NPC, yang tentu saja membuat kualitas visualnya tidak bisa dibilang konsisten. Untungnya terlepas dari kekurangan ini, Final Fantasy VII Remake tetap bisa menghipnotismu lewat presentasi dunia yang selalu memanjakan mata di setiap sudutnya.

Baca ini juga :

» Review Jade Dynasty: New Fantasy
» Review Elden Ring
» Review Horizon Forbidden West
» Review Vivobook pro 14x OLED M7400Q
» Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection

Gameplay Action yang Flashy, Strategis, dan Seru Abis

Tidak lagi mengusung turn-based battle dengan random encounter, Final Fantasy VII Remake kali ini menghadirkan gameplay action yang lebih mirip dengan Final Fantasy XV atau Kingdom Hearts. Jadi saat masuk ke dalam pertempuran, kamu dapat melancarkan serangan normal secara beruntun atau gerakan spesial yang dapat dilancarkan dengan menekan segitiga.

Untuk dapat melakukan aksi lainnya sepeti mengakses skill senjata, sihir atau sekedar menggunakan item, kamu harus mengonsumsi satu ATB bar yang dapat dilihat dari indikasi bar berwarna biru. ATB bar dapat terisi dengan sendirinya, dan dapat dipercepat jika kamu terkena serangan atau melancarkan serangan ke musuh.

Walaupun mengusung gameplay hack and slash yang terkesan mudah, namun ada banyak momen dimana kamu akan berhadapan dengan musuh yang tangguh dan butuh strategi untuk dilawan. Misalnya saja prajurit khusus Shinra dengan tameng yang hanya bisa diserang dari belakang, atau beberapa monster yang memiliki pertahanan tangguh namun bisa dilemahkan dengan serangan magic.

Beberapa tipe musuh yang kuat biasanya lebih mudah untuk dikalahkan jika kamu dapat memberikan efek Stagger, karena saat berada dalam posisi tersebut mereka tidak bisa melawan dan pertahanannya menjadi jauh lebih lemah. Setiap musuh tangguh yang kamu lawan juga dapat memberikan serangan konstan dengan tingkat damage tinggi, jadi secara tidak sadar kamu pasti akan menemui karaktermu berada dalam kondisi HP yang kritis.

Selama jalannya permainan kamu hanya bisa mengendalikan Cloud saja, kecuali saat berada dalam battle kamu bisa beralih mengendalikan karakter lain. Bermain menggunakan karakter lain termasuk strategi krusial menjaga aliran combat. Misalnya saja jika karakter yang kamu kendalikan berhasil ditahan oleh musuh dan berada dalam kondisi gawat, maka kamu bisa switch ke karakter lain dan berusaha menyelamatkannya.

Hal ini juga berlaku saat kamu menggunakan karakter yang lebih cocok dalam melawan musuh tertentu, seperti Barret misalnya yang dapat menghajar musuh dari kejauhan dengan Gun Arm miliknya. Jika tidak sedang mengendalikan karakter lain, kamu tetap bisa mengisukan command ke mereka untuk melakukan aksi khusus seperti mengeluarkan serangan sihir atau menggunakan item.

Command menu atau yang bisa disebuat juga Tactical Mode adalah fitur yang sangat luar biasa, karena lewat menu inilah kamu bisa mendapatkan sensasi gameplay yang lebih strategis layaknya turn-based, dimana waktu bisa berhenti sejenak dan memberikan kamu waktu untuk menentukan langkah selanjutnya untuk dipilih.

Lewat menu ini juga kamu bisa mengakses beragam skill khusus seperti Limit Break misalnya yang merupakan jurus pamungkas karakter yang dapat dilancarkan setelah bar Limit Break yang ditandai dengan warna kuning terisi penuh.

Salah satu fitur gameplay lain yang tidak kalah kerennya adalah Summon. Dengan Materia khusus yang kamu dapatkan, kamu bisa memanggil beberapa Summon ikonik seperti Ifrit dan Shiva yang akan ikut bertarung bersamamu saat melawan musuh tangguh.

Summon akan bergerak secara otomatis selama beberapa saat sebelum akhirnya melancarkan serangan ultimate dengan damage luar biasa sebelum menghilang, namun sebelum momen itu kamu bisa mengakses Summon Ability lewat menu Command yang memungkinkan kamu untuk mengeluarkan skill lainnya dari summon tersebut. Melancarkan skill ini membutuhkan satu hingga dua ATB bar, tergantung dari seberapa kuat skill yang ingin digunakan.

Untuk memaksimalkan kemampuan karaktermu, kamu bisa mengumpulkan dan menggunakan sebanyak mungkin Materia yang kamu miliki. Materia sendiri adalah sebuah orb khusus yang memberikan kemampuan karakter untuk menggunakan sihir serta mendapat boost stats, yang mana kamu hanya bisa menggunakan satu untuk setiap slot khusus yang tersedia di senjata dan armor yang digunakan.

Selain Materia, kamu juga bisa memperkuat senjata yang dimiliki dengan mengakses menu Weapon Upgrade. Tergantung dari seberapa banyak SP yang kamu dapat, kamu bisa meningkatkan kemampuan senjata serta akses skill baru. Meskipun tanpa memperhatikan tutorial dengan teliti sekalipun, sistem gameplay serta kustomisasi dalam Final Fantasy VII Remake bisa dibilang cukup sederhana dan sangat mudah untuk dipahami.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview