Review

Streets of Rage 4

oleh: VolkanKaya

Halaman 1

[REVIEW] Streets of Rage 4, Kembalinya Kejayaan Beat 'em Up Klasik yang Membara!


Industri game di era 90-an memang didominasi dengan banyak sekali game retro khususnya dari genre beat 'em up klasik. Genre yang mulai mendapat popularitas luas berkat game ikonik Final Fight mulai menginspirasi developer pada waktu itu untuk mengembangkan beat 'em up mereka sendiri, dan pada saat itulah SEGA berani menjawab tantangan yang ada lewat seri original Streets of Rage atau lebih dikenal dengan nama Bear Knuckle.

Meskipun namanya kurang dikenal di era sekarang, namun Streets of Rage termasuk salah seri beat 'em up terpopuler dan bahkan mendapat pengakuan sebagai yang terbaik di masanya. Sebagai upaya dalam membangkitkan seri klasik ini dan menjawab keinginan fans veteran yang sudah menunggu selama lebih dari 25 tahun, akhirnya pihak Dotemu bersama Lizardcube dan Guard Crush Games mengembangkan sekuel terbarunya yang diberi judul Streets of Rage 4.

Kebetulan game ini sudah dirilis dan Kru KotGa mendapatkan kesempatan untuk memainkan serta mengulasnya. Jadi bagaimana kualitas Streets of Rage 4 sendiri? dan apakah game ini berhasil menjawab ekspektasi tinggi fans yang sudah lama menantikannya? Simak saja ulasan review lengkap dari Kru KotGa di bawah ini.

Baca ini juga :

» Review: Dragon Raja SEA
» BenQ ZOWIE XL2746S
» Review: Kartrider Rush+
» Blade and Soul Revolution
» ASUS VivoBook S14 (S433)

MELIRIK SEJARAH STREETS OF RAGE

Sebelum masuk lebih dalam ke reviewnya, Kru KotGa yakin pasti tidak sedikit dari kamu yang masih asing dengan franchise yang satu ini, jadi ada baiknya bagi kamu untuk melirik sejarah dari Streets of Rage. Melihat bagaimana Final Fight berhasil membawa evolusi dan tren baru ke dalam genre beat 'em up klasik, banyak developer pada waktu itu mulai menaruh perhatian mereka pada genre yang potensial ini.

Sebagian dari mereka berhasil mengembangkan game yang lumayan menarik, namun SEGA berusaha mencapai kesuksesan lebih lewat seri Streets of Rage. Memulai debutnya pertama kali pada tahun 1991 lalu, Streets of Rage atau yang lebih dikenal luas di Jepang dengan judul Bare Knuckle adalah seri beat 'em up yang membawa banyak elemen serupa dari Final Fight, hanya saja game ini tetap memiliki identitasnya sendiri dengan opsi gameplay yang mendukung coop 2 pemain.

Seri pertamanya berakhir cukup sukses dan memberikan potensi untuk digali lebih dalam. Memanfaatkan peluang yang masih hangat, kemudian SEGA mengembangkan seri keduanya dengan target yang jauh lebih ambisius baik dari segi grafis, gameplay, desain level, hingga musik yang luar biasa. Kesuksesan besar yang berhasil diraih seri kedua sayangnya tidak berhasil dibawa oleh Streets of Rage 3, meskipun game tersebut juga lumayan solid dari segi kualitas.

Ada banyak upaya yang berusaha dilakukan developer lain untuk mendapatkan lisensi Streets of Rage dan mengembangkan game yang dapat menjadi hit baru, namun ada banyak kendala yang membuat seri ini terpaksa harus vakum selama lebih dari dua dekade. Dotemu sebagai developer yang memiliki keahlian dalam meracik game retro dengan gaya modern akhirnya mendapat kepercayaan untuk mengembangkan sekuel terbarunya, yaitu game yang akan Kru KotGa review kali ini - Streets of Rage 4.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview