Review

ASUS ROG Maximus XII Extreme

oleh: Keyboard22

Halaman 2

Melalui paket penjualannya, ASUS memberikan sebuah expansion card Thunderbolt III. Expansion card ini membutuh slot PCIe 6-pin untuk mengkoneksikannya ke motherboard. Thunderbolt disini mendukung dua mini-DisplayPort dan juga dua Thunderbolt 3 Type-C.

ASUS juga memberikan Fan Extension Card II bagi kamu yang memang membutuhkan slot fan tambahan. Extension Card besutan ASUS ini juga memungkinkan kamu bisa meng-control melalui aplikasi Fan Xpert 4 seperti kalibrasi auto-fan dan berbagai profiling fan sesuai keinginan pengguna.

Layaknya seperti motherboard high-end dari ASUS lainnya, ROG Maximus XII Extreme juga mendukung modul ROG DIMM.2 yang mana pada paket penjualannya sudah diberikan ROG DIMM.2 dengan heatsink, kamu bisa menaruh dua SSD M.2 sekaligus untuk menjaganya tetap adem.

Fisik Motherboard, Gahar dan Kaya Fitur!


ASUS ROG Maximus XII Extreme merupakan motherboard dengan chipset Z490. Motherboard ini mendukung prosesor dengan socket LGA 1200 untuk 10th Gen Intel Core, Pentium Gold dan Celeron. Motherboard ini merupakan Extended ATX Form Factor dengan ukuran 30.5 cm x 27.7 cm. Jadi pastikan, casing kamu cukup besar untuk bisa menampung motherboard ini.

ROG Maximus XII Extreme memiliki backplate dan juga heatsink yang memenuhi bagian dari motherboard ini. "Armor" tersebut tentu saja membuat kesan motherboard ini adalah motherboard kelas atas dan memang Kru KotGa favoritkan sejak dahulu.

Heatsink pada motherboard ini juga berguna untuk mendinginkan VRM melalui heatpipe. ROG Maximus XII Extreme sendiri memiliki MicroFine Alloy dengan 16-phase VRM untuk memberikan daya yang stabil, hingga ke 10-core jika nantinya kamu berencana untuk menggunakan Intel Core i9 generasi ke-10. Konfigurasi untuk daya prosesor pada motherboard ini memiliki konektor 8 + 8 pin. Konektor pada motherboard ini juga sudah mengusung fitur ProCool II.

Lanjut ke bagian slot PCIe, ROG Maximus XII Extreme hanya memiliki satu konektor PCIe 3.0 x4, sisanya ada dua slot PCIe 3.0 x16. Masih pada bagian yang sama, juga terdapat dua slot M.2 lagi. Motherboard ini memiliki Triple M.2 Slots, yaitu pada modul ROG DIMM.2, lalu kedua lainnya terdapat pada motherboard itu sendiri. Secara keseluruhan, ROG Maximus XII Extreme memiliki 4x slot M.2.

Tidak jauh dari bagian slot PCIe juga terdapatkan audio SupremeFX. Audio ini hadir dengan S1220 Codec dan ESS ES9023P DAC yang sangat powerful.

Baca ini juga :

» ROG Zephyrus G14, Gaming Ngebut dengan Ryzen 9 dan Nvidia RTX
» The Last of Us Part II - Collector's Edition
» Intel Core i5-10600K
» The Last of Us Part II
» Review: TUF Gaming A15 FX506

Masih sama seperti motherboard Maximus pendahulunya, ROG Maximus XII Extreme masih menggunakan layout OPTIMEM III. Hal ini memungkinkan sang motherboard bisa memberikan power yang lebih optimal. ASUS sendiri menyebutkan bahwa maksimal frekuensi pada RAM yang akan digunakan di motherboard ini sangat tinggi, bisa mencapai hingga 4800Mhz.

Untuk I/O di motherboard ini terbilang sangat lengkap, termasuk tombol untuk mereset BIOS. Detail selengkapnya bisa kamu lihat di bawah ini.

  • 1 x LAN (2.5G) port(s)
  • 1 x USB 3.2 Gen 2x2 port(s) (1 x USB Type-C®)
  • 3 x USB 3.2 Gen 2
  • 6 x USB 3.2 Gen 1
  • 2 x USB 2.0
  • 1 x Optical S/PDIF out
  • 1 x Clear CMOS button(s)
  • 1 x USB BIOS FlashBack™ Button(s)
  • 1 x ASUS Wi-Fi Module
  • 5 x LED-illuminated audio jacks
  • 1 x Aquantia AQC-107 10G LAN port

Seperti biasa, untuk konektor 24 pin ditaruh pada bagian kanan motherboard ini, di sebelah ROG DIMM_2. Masih di bagian yang sama, terdapat Flexkey. Tombol tersebut sangat berguna untuk melakukan berbagai aktivitas seperti Reset, masuk ke Safe Boot, masuk ke Bios, atau mengatur kontrol lightning Aura.

Sementara di dekat tombol Power dan Flexkey juga terdapatkan Q-Code. Fitur tersebut berguna untuk menampilkan "code" debug jika kamu mengalami permasalahan pada motherboard ini. Ada juga Q-LED yang menunjukan masalah pada perangkat yang dipasangkan, yaitu CPU (merah), RAM (kuning), kartu grafis (putih), boot device (kuning hijau).

Tidak hanya itu, pada bagian tengah di dekat bawah bagian CPU, terdapat LiveDash OLED 2", hal tersebut akan menampilkan graphic dan mengindikasikan berbagai status CPU seperti Voltage, frekuensi, hingga temperature. Kamu juga bisa menggantinya dengan animasi lainnya, baik yang disediakan oleh ASUS maupun gambar lainnya yang pengguna inginkan.

Bagi kamu yang memang pecinta water cooling, ROG Maximus XII Extreme juga bisa dipantau melalui panel LiveDash OLED ini. Kamu bisa memantau berbagai hal penting seperti flow rate, status kebocoran air, hingga temperatur yang semuanya akan diinformasikan ke utility FanXprert 4 yang nantinya kecepatan fan akan menyesuaikan kebutuhan dari water cooling tersebut.

Selain itu, dengan sudah terintegrasinya IO dan heatsink VRM membuat suhu disekitarnya menjadi lebih adem, SUS304 stainless steel pada bagian finishingnya tidak hanya memberikan kesan mewah, melainkan juga menjadi solusi terbaik untuk pendingin di motherboard ini. ROG Maximus XII Extreme siap dipakai untuk digunakan bersama water cooling atau air cooling.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview