Review

ASUS ROG Maximus XII Extreme

oleh: Keyboard22

Halaman 3

Fitur AI Overclocking yang Mempermudah Siapapun untuk Bisa Overclock!


Para gamer tidak perlu khawatir, jika kamu menginginkan performa lebih namun tidak terbiasa melakukan overclock, tenang saja. Pada motherboard ROG Maximus XII Extreme sudah ditanamkan fitur AI Overclocking. Fitur tersebut memungkinkan si motherboard bisa menganalisa data dan mendeteksi spesifikasi yang digunakan. Frekuensi hingga voltase akan dihitung oleh AI. Setelah itu, terdapat prediksi yang nantinya bisa dieksekusi langsung oleh pengguna.

Kecepatan overclock tersebut tentunya bakal disesuaikan dengan komponen yang digunakan. Komponen pendukung seperti CPU cooler sangat menentukan hasil prediksi. Selain berguna bagi pengguna yang awam soal overclocking, fitur ini juga menghemat waktu untuk mendapatkan performa overclock yang stabil daripada mengetes berbagai simulasi.

Power Solution


Saat ini, arsitektur CPU benar-benar menuntut motherboard untuk bisa menunjangnya dengan berbagai fitur yang menarik. Sebagai salah satu motherboard kelas atas, ROG Maximus XII Extreme menawarkan Power Solution yang sangat canggih. Satu set MicroFine Alloy mampu memberikan daya yang stabil untuk prosesor generasi ke-10. Agar dayanya tetap mengalir lebih baik, motherboard ini sudah menggunakan pin solid ProCool dalam dua input 12V tambahan delapan pin dan sebagai bagian dari konektor ATX. Mosfet Infineon TDA21490 dan 10K Japanese Kapasitor membuat motherboard ini dapat membuat CPU memiliki performa yang stabil untuk berbagai kondisi.

Baca ini juga :

» ROG Zephyrus G14, Gaming Ngebut dengan Ryzen 9 dan Nvidia RTX
» The Last of Us Part II - Collector's Edition
» Intel Core i5-10600K
» The Last of Us Part II
» Review: TUF Gaming A15 FX506

Teamed Power


Seperti yang kru KotGa katakan sebelumnya, saat ini, arsitektur CPU benar-benar menuntut motherboard untuk bisa menunjangnya dengan berbagai fitur yang menarik. Terutama dalam hal "power design" seperti peralihan dari mode hemat ke hingga ke mode full load dalam sekejap, tentu dengan peralihan yang smooth dan stabil. Arsitektor VRM dari ROG Maximus XII Extreme ini mampu menghadapinya dengan memanfaatkan 16 phase VRM berkualitas tinggi dapat mengganti mode tersebut dengan cepat, sambil mempertahankan kinerja termal yang sangat baik.

Differential Sensing, Monitoring Voltase yang Lebih Akurat


Motherboard pada umumnya masih menggunakan sensor circuit pada satu lokasi yang tidak ideal, hal tersebut menyebabkan perbedaan akurasi antara voltase yang sesungguhnya dan voltase yang diperlihatkan pada aplikasi atau BIOS. Nah, pada ROG Maximus XII Extreme ini sudah menanamkan fitur "Differential Sensing" yang dapat melacak dan memprediksi voltase yang sangat akurat. Prediksi Voltase yang muncul pada aplikasi atau BIOS bisa menjadi sangat penting, apabila kamu sedang melakukan overclock, karena kecepatan frekuensi bisa ditentukan oleh angka voltase.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview