Review

ROG Zephyrus G14, Gaming Ngebut dengan Ryzen 9 dan Nvidia RTX

oleh: Reza Alif

Halaman 1

Di dunia yang serba modern ini, setiap device dituntut untuk menjadi semakin fleksibel dan efisien. Begitu juga dengan laptop gaming, device ini biasanya menawarkan gaming dengan performa kencang di manapun dan kapanpun.

Namun, meski sudah banyak laptop gaming bertebaran di pasaran, kebanyakan masih memiliki kelemahan pada dimensi yang terlalu besar dan bobot yang cukup berat sehingga kurang nyaman ketika dibawa untuk main di luar rumah.

Karena itulah, ASUS membuat seri ROG Zephyrus G14 yang diklaim ringkas dan powerfull. Ini bukan klaim semata karena laptop ini punya dimensi body yang cukup ringkas dengan layar 14 inci yang sudah 120Hz.

Lalu, laptop ini juga hadir dengan AMD Ryzen 4000 series, prosesor dengan kode nama Renoir ini dibuat menggunakan arsitektur Zen 2 terkini dengan pemrosesan 7nm FinFET. Karena itulah maka laptop gaming ini bisa tampil dengan desain yang ringkas, namun tetap powerfull. Apalagi Zephyrus G14 menggunakan kartu grafis NVIDIA RTX 20-series yang sudah banyak diketahui gamer di dunia sebagai kartu grafis dengan performa tangguh.

Biasanya, laptop gaming memiliki desain mentereng dengan kelap-kelip lampu RGB yang menghiasi sebagian besar desainnya. Namun, Zephyrus G14 mencoba menawarkan hal baru yang lebih elegan melalui fitur AniMe Matrix, mini LED yang berada di bagian cover laptop yang bisa dikustomisasi dengan teks atau gambar. Fitur ini membuat G14 terlihat stylish dan belum pernah ada di laptop manapun.

Main Spec. ASUS ROG Zephyrus G14
CPU AMD Ryzen 9 4900HD (8M Cache, up to 4.3GHz)
Operating System Windows 10
Software Armoury Crate
Memory 16GB DDR4 3200MHz RAM
Storage M.2 NVMe PCIe SSD 1TB
Display 14-Inch Non-glare WQHD (2560x1440) IPS-level panel, 60Hz, 100% sRGB, Panton Validated, adaptive sync
Graphics Nvidia GeForce RTX 2060 8GB GDDR6 VRAM
Input/Output 1 x USB 3.2 Gen 2 Type-C with DisplayPort 1.4 and Power Delivery, 1 x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2 x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1 x HDMI 2.0b, 1 x 3.5mm headphone and microphone combo jack, 1 x Kensington lock
Connectivity Integrated Wi-Fi 6 with Gig+ (802.11ax), Bluetooth 5.0
Audio 2 x 2.5W speakers with Smart AMP technology, 2 x 0.7W tweeter, Array Microphones, With Dolby Atmos technology
Battery 80 mWh lithium-ion Battery
Dimension 32.4 x 22.2 x 1.79 ~1.99 cm (WxDxH)
Weight 1,7Kg
Colors Moonlight White
Price Rp34.999.000
Warranty 2 tahun garansi global

Baca ini juga :

» ASUS ROG Strix SCAR G532
» HP pavilion X360 Multi Talenta: Kerja Bisa, Gaming Nyantai Bisa, Serba Bisa!
» The Last of Us Part II - Collector's Edition
» Intel Core i5-10600K
» ASUS ROG Maximus XII Extreme

DESAIN RINGKAS ELEGAN DAN FUTURISTIK DENGAN ANIME MATRIX




Sumber: Dok. KotakGame

Pertama kali melihat desainnya, Zephyrus G14 mengingatkan kami dengan seri Macbook yang selalu identik dengan logo Apple yang dapat menyala di bagian cover. Apalagi, varian yang kami review ini berwarna putih atau Moonlight White (ada varian berwarna Eclipse Grey). Laptop ini mencoba membuat desain yang mudah dikenali dan mampu diingat setiap orang karena AniMe Matrix yang tersemat secara diagonal pada cover-nya.

AniMe Matrix yang menyematkan 1.215 mini LED pada cover ini mampu menampilkan berbagai tulisan maupun gambar yang dapat dikustomisasi sesuai keinginan melalui Armoury Crate. Bahkan, tak hanya gambar, tapi juga animasi bergerak. Tentu saja ini akan membuat impresi setiap orang yang pertama kali melihat akan merasa bahwa ini adalah laptop yang stylish.


Sumber: Dok. KotakGame

Cara mengatur AniMe Matrix cukup mudah, karena telah terintegrasi dengan software Armoury Crate yang biasanya ada di laptop gaming ASUS. Kamu bisa menggunakan preset yang sudah ada atau bisa juga mengkustomisasi kata ataupun kamu juga bisa menambahkan gambar sendiri dengan format PNG.

Zephyrus G14 dilapisi dengan bahan magnesium-aluminium alloy yang membuatnya tetap ringan, tetapi tetap kokoh dan pastinya tidak mudah kotor karena bahannya tahan dari bekas sidik jari.

PORT TYPE-C YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK CHARGE BATERAI



Beralih ke bagian samping, seperti biasa kita akan menemukan beragam port, mulai dari HDMI 2.0b, kemudian USB 3.2 Gen 2 Type-C dengan DisplayPort 1.4 dan Power Delivery yang dapat digunakan untuk charge baterai laptop dengan menggunakan adaptor 65 Watt, dan sebuah headphone jack 3.5mm di bagian kiri laptop.


Sumber: Dok. KotakGame

Pada bagian kanan laptop, kita juga akan disuguhkan berbagai port, seperti Kensington Lock, dua buah USB 3.2 Gen 1 Type-A dan satu buah USB 3.2 Gen 2 Type-C. Di kedua sisi samping ini juga dilengkapi dengan lubang sirkulasi udara yang akan menambah ruang untuk menjaga suhu dari laptop agar tidak cepat panas.


Sumber: Dok. KotakGame

FITUR ERGOLIFT HINGE YANG MEMPERLANCAR SIRKULASI UDARA



Di bagian belakang, laptop ini memiliki cukup banyak lubang-lubang sirkulasi udara untuk menjaga kestabilan suhu dari hardware yang ada di dalamnya. Kemudian, bagian sirkulasi ini juga ditunjang dengan fitur ErgoLift Hinge yang mampu mengangkat laptop beberapa derajat sehingga sirkulasi udara di bawah laptop jadi lebih lancar.


Sumber: Dok. KotakGame

Saat laptop dibuka, kamu akan menemukan bezel layar yang cukup tipis dengan ukuran kurang dari 1 cm yang disebut oleh ASUS sebagai Super-Narrow Bezel. Di bagian bawah bezel juga tampak tulisan ROG Zephyrus sebagai penguat branding dari laptop ini.

KEAMANAN TAMBAHAN DENGAN TEKNOLOGI SSO POWER BUTTON



Kemudian terdapat chiclet keyboard yang memiliki ukuran yang mirip seperti keyboard seri laptop ROG lainnya. Setiap tombol pada keyboard ini memiliki travel distance yang dirancang khusus untuk bermain game, namun juga cocok untuk melakukan pekerjaan seperti pengetikan dan lain sebagainya.


Sumber: Dok. KotakGame

Keyboard ROG Zephyrus G14 didesain untuk meredam suara saat mengetik sehingga tidak berisik saat digunakan. Sebagai pelengkap, terdapat backlit dengan warna putih saja, tak seperti seri ROG lainnya yang menggunakan RGB.


Sumber: Dok. KotakGame

Terdapat beberapa tombol terpisah yang berada di atas keyboard, yaitu volume up dan down, tombol mute, dan tombol Armoury Crate, yang mudah diakses. Lalu, pada bagian tombol power telah dilengkapi dengan teknologi SSO Power Button yang merupakan fingerprint sebagai keamanan tambahan pada laptop.


Sumber: Dok. KotakGame

Kemudian di setiap sisinya juga dilengkapi lubang speaker yang langsung menembakkan suara ke arah pengguna sehingga suara dari audio laptop mampu terdengar dengan jelas.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview