Review

Ghost of Tsushima

Halaman 1

Setelah mengawali generasi PlayStation 4 lewat seri terbaru Infamous: Second Son yang cukup revolusioner kala itu, Sucker Punch Productions kali ini sudah siap menutup generasi konsol current-gen dengan game terbaru mereka yaitu Ghost of Tsushima. Game ini sudah mendapat sorotan kuat sejak pertama kali diumumkan di Paris Games Week 2017, dan antusiasme fans semakin meningkat seiring banyaknya detail baru yang dibagikan sejauh ini.

Ekspektasi yang besar ini memang bisa dimengerti, karena Ghost of Tsushima adalah game yang terlihat menaruh fokus penuh pada tema samurai klasik dengan minimnya unsur fantasi, sesuatu yang memang sangat jarang ditemui di game manapun bahkan dari developer game Jepang. Setelah penantian selama beberapa tahun yang terasa cukup lama ini, akhirnya Ghost of Tsushima sudah mendekati perilisannya yang hanya tinggal menghitung hari.

Kami kebetulan sudah mendapatkan kesempatan untuk memainkan gamenya sejak bulan lalu lewat review copy yang disediakan oleh Sony Interactive Entertainment Asia. dan juga mendapat impresi yang cukup untuk dirangkum dalam sebuah review. Seperti biasa, ulasan yang kami rangkum kali ini akan lebih singkat, bebas spoiler, dan menjelaskan poin-poin penting yang perlu kamu ketahui sebelum memutuskan untuk membeli gamenya atau tidak. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan dari kami di bawah ini.

Baca ini juga :

» Review: Guardian Tales, RPG Petualangan Besar Dibalik Grafis yang Imut
» ASUS ROG Strix SCAR G532
» HP pavilion X360 Multi Talenta: Kerja Bisa, Gaming Nyantai Bisa, Serba Bisa!
» The Last of Us Part II - Collector's Edition
» Intel Core i5-10600K

Jalan Cerita

Mengambil setting di kepulauan Tsushima pada tahun 1274, Ghost of Tsushima menceritakan kisah seorang samurai penerus klan Sakai - Jin Sakai yang harus menghalau invasi bangsa Mongol yang berusaha merebut kampung halamannya. Pasukan Mongol yang dipimpin oleh Khotun Khan terbukti sangat kejam dan terlalu kuat, hingga dalam satu malam hampir seluruh samurai yang bertempur di pantai demi melindungi Tsushima harus menemui akhir yang mengenaskan, semua kecuali Jin dan sang paman yang merupakan seorang Jito / Lord (pemimpin) Tsushima yang diculik oleh Khotun Khan.

Terbawa emosi demi menyelamatkan pamannya yang telah diculik serta rasa balas dendam ke bangsa Mongol menghancurkan kampung halamannya, Jin memulai petualangan besar demi membebaskan Tsushima sebagai seorang samurai sejati. Setidaknya itulah ambisi yang berusaha dikejarnya, namun perlahan Jin mulai sadar kalau kehormatan saja tidak akan cukup untuk mengalahkan kebengisan Khotun Khan dan pasukan Mongolnya, inilah yang mendorong dia untuk menjelma menjadi seorang assassin dengan julukan Ghost.

Keseluruhan jalan cerita dalam Ghost of Tsushima memang tidak begitu kompleks dan menawarkan kualitas plot yang bisa kamu harapkan dari film samurai klasik, namun kelebihan utama dari segi cerita dalam game ini adalah seberapa emosional dan menjiwainya tiap adegan tersebut dipresentasikan. Sepertinya usaha Sucker Punch untuk menghidupkan pengalaman menonton film samurai klasik berhasil direalisasikan dengan baik di ceritanya, apalagi jika kamu memainkan game ini dengan mode Kurosawa (akan kami bahas nanti).

Selamat Datang di Tsushima

Seperti judulnya, game ini menjadikan kepulauan Tsushima yang terletak diantara daratan Korea Selatan dan Jepang sebagai setting utama. Meskipun bukan replika 1:1, map open-world Tsushima dalam game ini menawarkan ruang bermain yang masif dan memiliki variasi lingkungan yang sangat beragam. Jadi setiap kali mengunjungi suatu area, kamu nantinya akan merasakan atmosfer yang berbeda baik itu karena pengaruh cuaca maupun siklus day/night yang bergerak secara natural. Ini juga termasuk dari ragam flora dan fauna serta jenis musuh yang mendiami suatu area.

Map open-world yang luas terkadang memang memberikan sensasi kekosongan di beberapa area, namun kekurangan ini berhasil tertutupi lewat presentasi lingkungan yang luar biasa indah dan membuat kamu ingin berhenti sejenak untuk menikmati pemandangannya. Kami bahkan tidak ragu untuk mengakui kalau game ini berhasil menawarkan setting open-world paling indah dibanding game open-world manapun.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview