Review

Ghost of Tsushima

Halaman 3

Koleksi OST yang Luar Biasa

Musik juga menjadi salah satu kekuatan utama yang berusaha ditonjolkan Sucker Punch lewat Ghost of Tsushima. Tidak tanggung-tanggung, mereka bahkan juga melibatkan komposer ternama Shigeru Umebayashi untuk terlibat dalam proyek gamenya. Keunggulan dari musik yang diracik Umebayashi terletak pada alunan melodinya yang terasa atmosferik seolah pendengarnya ditarik ke masa lalu, yang memang sangat cocok untuk menggambarkan setting Jepang kuno yang berusaha diperlihatkan Ghost of Tsushima.

Kurosawa Mode

Mode permainan dengan tampilan hitam putih dan filter layaknya film samurai klasik dalam game ini ternyata diberi nama Kurosawa Mode, dan pihak Sucker Punch sudah mendapatkan izin resmi dari Kurosawa estate untuk merealisasikannya. Lewat mode ini pemain dapat merasakan pengalaman bermain game layaknya menonton film samurai klasik yang paling nyata.

Meskipun termasuk fitur tambahan yang sangat keren, namun keindahan dunia Ghost of Tsushima terasa kurang bisa dinikmati dengan mode ini karena kamu hanya dapat memainkan gamenya dengan perpaduan warna hitam putih. Jadi meskipun fitur ini mendapatkan resepsi yang positif, bisa dipastikan kalau sebagian besar orang akan lebih memilih memainkan gamenya dalam mode biasa.

Sebagai poin tambahan, kami memainkan game ini di PlayStation 4 Slim dan performa yang ditawarkan terhitung cukup stabil. Ada beberapa momen dimana fps gamenya terasa menurun di beberapa skenario seperti saat cuaca hujan badai dan saat adanya banyak efek partikel dan karakter dalam satu layar.

Baca ini juga :

» Review: Guardian Tales, RPG Petualangan Besar Dibalik Grafis yang Imut
» ASUS ROG Strix SCAR G532
» HP pavilion X360 Multi Talenta: Kerja Bisa, Gaming Nyantai Bisa, Serba Bisa!
» The Last of Us Part II - Collector's Edition
» Intel Core i5-10600K

Kesimpulan

Sebagai game eksklusif yang menutup akhir era PlayStation 4 sebelum kehadiran konsol generasi selanjutnya, Ghost of Tsushima bisa dibilang telah sukses menjawab misi besar tersebut dengan kualitas sebuah game open-world yang fantastis. Selain menghadirkan setting dunia yang luar biasa indah, sistem combat yang brutal dan seru, hingga pendekatan tema Jepang yang sangat dominan, rasanya hampir tidak ada aspek yang ingin dilewatkan game ini dalam menghadirkan pengalaman bermain game samurai terbaik.

Meskipun tidak menghadirkan dobrakan besar selain dari sistem eksplorasi yang lebih imersif berkat fitur Guiding Wind, setidaknya Ghost of Tsushima dikembangkan dengan kualitas yang solid dan mudah diakui sebagai salah satu game terbaik di genrenya.

Terlepas dari adanya beberapa kekurangan seperti bug yang terkadang bisa mengganggu jalannya permainan, tingkat kesulitan tertinggi yang relatif masih mudah, serta alur side-quest yang mudah diprediksi, Ghost of Tsushima berhasil menutupi kekurangan tersebut dengan keseluruhan pengalaman bermain yang sangat seru untuk dinikmati dari awal hingga akhir.

Kesimpulan Review: Ghost of Tsushima

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Jalan cerita yang menarik
  • Sistem combat yang brutal dan seru
  • Grafis dunia yang luar biasa indah
  • Desain side-quest yang niat
  • Aktivitas sampingan selalu memberi reward sepadan
  • Fitur tambahan seperti Photo Mode dan Kurosawa Mode yang keren
  • Kualitas dubbing Jepang yang fantastis
  • (-) KEKURANGAN
  • Tingkat kesulitan tertinggi masih relatif mudah
  • Alur side-quest yang mudah diprediksi
  • Masih adanya beberapa bug yang mengganggu

(KotakGame)

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview