Review

HP pavilion X360 Multi Talenta: Kerja Bisa, Gaming Nyantai Bisa, Serba Bisa!

Halaman 3

BENCHMARK




Sumber: Dok. KotakGame

Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dari laptop yang digunakan tentu saja pertama-tama adalah melakukan benchmark sintetis menggunakan tiga software seperti Cinebench R15, 3D Mark, dan juga PC Mark 10. Berikut hasilnya:

3DMark Fire Strike adalah software untuk menguji sejauh mana kemampuan prosesor serta GPU ketika dicoba untuk memainkan game-game yang cukup berat. Entah itu yang mengandalkan efek fisik ataupun berbagai efek lainnya dan tersaji dalam bentuk score. Semakin tinggi, maka semakin cepat.

Cinebench R15 adalah software untuk menguji sejauh mana kehebatan prosesor dan juga GPU ketika sedang rendering objek 3D, baik itu menggunakan single-core ataupun multi-core. Bukan secepat apa prosesor atau gpu tersebut melakukan rendering, melainkan tersaji dalam bentuk score. Makin tinggi, makin cepat.

PC Mark 10 adalah software untuk menguji kehebatan prosesor, gpu, sekaligus memory. Pengujiannya sangatlah penting karena PC Mark akan menguji coba menggunakan aplikasi sehari-hari seperti gaming, editing, browsing, serta multitasking berbagai program. Semakin tinggi score, semakin cepat.

CrystalDiskMark adalah software untuk menguji kehebatan storage seperti HDD ataupun SSD. Pengujian tersebut seperti melakukan Read dan Write untuk file besar maupun kecil dan memperlihatkan seberapa cepat storage yang digunakan.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

PERFORMA MULTITASKING YANG MUMPUNI


Dikarenakan pada dasarnya laptop ini ditujukan untuk para profesional yang membutuhkan performa kencang untuk melakukan berbagai pekerjaan dengan mobilitas tinggi, tentu saja performa multitasking sangat menonjol.

Kru KotGa pribadi menggunakannya untuk mencari dan mengerjakan penulisan berita sambil membuka berbagai sosial media seperti Facebook, Twitter, hingga YouTube menggunakan Google Chrome serta membuka aplikasi streaming musik seperti Spotify dan juga membuka Adobe Photoshop CC. Semuanya dilibas dengan lancar secara bersamaan.

Baca ini juga :

» Review: Guardian Tales, RPG Petualangan Besar Dibalik Grafis yang Imut
» ASUS ROG Strix SCAR G532
» Ghost of Tsushima
» ROG Zephyrus G14, Gaming Ngebut dengan Ryzen 9 dan Nvidia RTX
» The Last of Us Part II - Collector's Edition

GAMING NYANTAI JUGA BISA



Valorant (1080p, Low) - 52 FPS


DOTA 2(1080p, Low) - 55 FPS


CS:GO (1080p, Low) - 36 FPS

Meskipun ditujukan oleh bekerja dan mobilitas saja, namun ternyata HP Pavilion X360 masih bisa diajak untuk memainkan berbagai game terkini. Kru KotGa sudah mencobanya untuk memainkan game seperti DOTA 2, CS:GO, Valorant hingga yang cukup berat seperti The Witcher 3 dan juga PUBG. Seperti apa hasilnya? Berikut hasilnya.


Sumber: Dok. KotakGame

Seperti yang Kru KotGa jelaskan sebelumnya, kalau laptop ini cocok untuk gaming santai, namun tidak disarankan untuk memainkan game hardcore yang menuntut performa hardware tinggi. Bisa dilihat hasil benchmark diatas, HP Pavilion X360 masih bisa memainkan game AAA seperti The Witcher 3 dan PUBG dengan resolusi 720p, tapi dengan frame rate yang rendah.

Yang menjadi nilai tambah dari laptop convertible HP X360 ini adalah ketika dicoba untuk memainkan game kompetitif dan santai seperti DOTA 2, CS:GO, hingga Valorant, ternyata bisa dimainkan dengan resolusi tinggi 1080p dengan rata-rata frame rate bagus diatas 30 FPS. Jadi, bagi kamu yang memang membutuhkan laptop ini untuk pekerjaan profesional sehari-hari, namun tetap ingin menikmati gaming nyantai, HP Pavilion X360 bisa menjadi pilihan yang tepat.

KETAHANAN BATERAI


HP Pavilion X360 memiliki baterai 3-cell, 41 Wh Li-ion. Untuk ketahanannya sendiri terbilang sama cukup kuat untuk pekerjaan sehari-sehari. Ketika digunakan untuk memutar video saja, laptop ini bisa digunakan hingga 11 jam. Sementara ketika digunakan untuk multitasking seperti browsing dan pekerjaan ringan lainnya sekitar 6 jam saja. Menariknya laptopnya memiliki fast-charging, untuk mencapai 50% baterai hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview