Review

Review ROG Zephyrus Duo 15

oleh: Reza Alif

Halaman 1

Sebuah laptop gaming premium memang selalu menjadi pilihan untuk mendapatkan pengalaman yang maksimal dalam memainkan game. Karena itu, biasanya laptop gaming pada kelas ini kerap disematkan dengan berbagai kemampuan lebih tinggi serta teknologi mutakhir yang tidak ada pada laptop gaming pada umumnya.

Sebagai brand yang memang kerap menjadi kiblat bagi para gamer, ASUS sekali lagi menghadirkan inovasi terbaru untuk sebuah laptop gaming premium. ASUS ROG Zephyrus Duo 15, datang dengan konsep pengalaman gaming yang lebih lengkap dan berbagai terobosan baru.

Laptop ini tampil futuristik dengan dua layar 4K UHD berukuran 15,6 dan 14,1 inci. Layar touch screen tambahan dibawahnya yang disebut ROG ScreenPad Plus, memiliki banyak kegunaan, seperti untuk meletakkan User Interface saat bermain game, sehingga gameplay akan terlihat lebih luas tanpa terganggu pilihan menu lainnya.

Lalu ASUS ROG Zephyrus Duo 15 juga dilengkapi dengan spesifikasi yang sangat tinggi untuk ukuran laptop gaming, diantaranya seperti prosesor generasi terbaru Intel Core i9-10980HK yang dipasangkan dengan VGA powerfull, yaitu NVIDIA GeForce RTX 2080 SUPER 8GB. Tentunya dengan teknologi ScreenPad Plus dan spesifikasi super, laptop ini pantas berada di kelas premium.

Main Spec. ASUS ROG Zephyrus Duo 15
CPU Intel Core i9-10980HK (16M Cache, up to 5.3GHz)
Operating System Windows 10
Software Armoury Crate
Memory 32GB DDR4 3200MHz RAM up to 48GB
Storage M.2 NVMe PCIe 3.0 x4 1TB + 1TB SSD with RAID 0 support
Display 15.6-inch, Non-glare UHD (3840 x 2160), IPS panel 60Hz, 100% Adobe RGB, Pantone Validated, G-SYNC with 14.1-inch (3840 x 1100) touchscreen
Graphics NVIDIA® GeForce RTX 2080 SUPER 8GB GDDR6 VRAM (Boost Clock: 1330MHz, 90W)
Input/Output 1 x USB 3.2 Gen 2 Type C with DisplayPort 1.4, Thunderbolt 3 and Power Delivery, 2 x USB 3.2 Gen 1 Type A, 1 x USB 3.2 Gen 2 Type A, 1 x HDMI 2.0b, 1 x 3.5mm Microphone-in jack, 1 x 3.5mm Microphone-in/Headphone-out jack, 1 x RJ45
Connectivity Intel Wi-Fi 6 with Gig+ performance (802.11ax), Bluetooth 5.0
Audio 2 x 4W speakers with Smart AMP technology ESS, High-res certified Array Microphone
Battery 90Wh 5845mAh Battery
Dimension 36.0 x 26.8 x 2.0 cm (WxDxH)
Weight 2,4Kg
Price Rp95.999.000
Warranty 2 tahun garansi global

Baca ini juga :

» Review: ASUS ROG Phone 3
» Review: ASUS ROG Zephyrus S17
» Acer Nitro 5
» ASUS ROG Strix SCAR G532
» ROG Zephyrus G14, Gaming Ngebut dengan Ryzen 9 dan Nvidia RTX

DESAIN MEWAH DAN TETAP RAMPING MESKI KAYA HARDWARE TEKNOLOGI TINGGI




Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Biasanya pada laptop gaming yang dilengkapi dengan spesifikasi tinggi, ukuran serta beratnya akan membengkak seiring hardware yang tersemat di dalamnya. Namun, untuk Zephyrus Duo 15 ia tetap bisa mempertahankan body yang ramping dengan ketebalan hanya 20,9mm serta berat 2,4kg. Bodynya juga pastinya memiliki ketahanan yang cukup mumpuni karena dibalut dengan sasis magnesium-aluminida yang kuat.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Kemudian saat dibuka, kamu juga bisa langsung melihat dua layar secara langsung, khususnya pada bagian layar ScreenPad Plus terlihat sangat mentereng. Sebelumnya ASUS juga sempat menghadirkan laptop dengan layar touchscreen tambahan, namun kali ini mereka memberikan sentuhan lebih ergonomis dengan penambahan engsel agar posisi ScreenPad Plus naik 13 derajat, sehingga mendapat sudut pandang yang lebih nyaman serta membuka ruang untuk sirkulasi udara tambahan.

SUHU TERJAGA STABIL DENGAN TEKNOLOGI AAS PLUS




Sumber: Dok. KotakGame

Dengan spesifikasi yang penuh dengan hardware berteknologi tinggi, pastinya sirkulasi udara adalah hal yang sangat penting, karena untuk menjaga kestabilan suhu agar tidak panas, sehingga tidak menurunkan performa. Untuk mengatasi itu, ASUS ROG Zephyrus Duo 15 menggunakan AAS Plus yang punya sistem Aerodinamik yang baik dengan membuka ventilasi untuk pengambilan udara berukuran 28,5mm yang cukup besar dibagian belakang layar yang menarik udara lebih sejuk serta mengurangi tingkat kebisingan.


Sumber: Dok. KotakGame

Kemudian teknologi tersebut juga digabungkan dengan Liquid Metal untuk Thermal Compound pada CPU, sehingga performa akan tetap kencang tanpa ada gangguan berarti. Lalu software ROG Armoury Crate juga dapat mengoptimalkan sistem pendingin serta memberikan fleksibilitas untuk beralih mode operasi sesuai kebutuhan.

USB TYPE-C YANG TELAH DIDUKUNG DENGAN THUNDERBOLT 3




Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Untuk urusan port, ASUS ROG Zephyrus Duo 15 juga sudah memiliki I/O port yang cukup lengkap, diantaranya di bagian kiri terdapat 1 buah port microphone-in jack 3,5mm dan 1 buah port headphone-out jack 3,5mm yang juga bisa difungsikan untuk microphone-in juga.


Sumber: Dok. KotakGame

Beralih ke bagian belakang, ada tiga buah port, diantaranya ada port RJ45 untuk sambungan secara LAN, kemudian dibagian tengah ada USB 3.2 Gen 2 type A dan disampingnya terdapat port untuk menggunakan sambungan HDMI 2.0b yang mendukung hingga 4K UHD 60Hz.


Sumber: Dok. KotakGame

Kini giliran bagian sisi kanan, dimulai dengan 2 buah USB 3.2 Gen 1 type A dan sebelahnya terdapat 1 buah USB 3.2 Gen 2 type C dengan DisplayPort 1.4, Thunderbolt 3 dan power delivery. Dengan port type C ini, dengan puncak bandwidth hingga 40Gbps, kamu bisa menampilkan media ke TV UHD, monitor dan lainnya dengan resolusi hingga 8K.

SIAP SEDIA KAPANPUN DAN DIMANAPUN DENGAN KAPASITAS BATERAI YANG BESAR




Sumber: Dok. KotakGame

Karena disokong dengan hardware sangat canggih, pastinya ASUS ROG Zephyrus Duo 15 membutuhkan daya yang cukup besar. Laptop ini pun telah disematkan dengan baterai powerfull berdaya 90Wh berkapasitas 5845 mAh, sehingga laptop akan selalu siap dipakai pada saat kapanpun dan dimanapun karena tidak mudah habis. Daya tahan baterainya sendiri bisa dilihat dari pemakaian untuk browsing dan menonton video, akan bertahan sekitar 4-5 jam.


Sumber: Dok. KotakGame

Kemudian, karena telah menggunakan teknologi type-c dengan Thunderbolt 3, pastinya kamu bisa dengan mudah serta cepat mengisi ulang daya baterai. Jika adaptor charger bawaan terlalu besar untuk dibawa keluar rumah, kamu juga bisa menggunakan adaptor 65W untuk berpergian karena lebih mudah dan ringan dibawa.

KEYBOARD RGB KEREN DENGAN DESAIN FUTURISTIK DAN PRESISI




Sumber: Dok. KotakGame

Saat membuka laptop ASUS ROG Zephyrus Duo 15, kita akan menemukan keyboard yang telah dilengkapi lampu RGB sehingga menambah kesan gaming. Selain itu, desainnya juga cukup unik karena menggunakan konsep keyboard desktop serta punya letak trackpad disisi kanan, sehingga lebih mudah menjangkaunya.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Menggunakan Backlit Chicklet Keyboard, ini juga dirancang memiliki ruang antara tombol fungsi untuk memudahkan identifikasi, hot key untuk menjaga perintah penting tetap dekat dengan tangan dan rollover N-Key agar dapat menekan secara akurat. Laptop ini juga dilengkapi dengan aksesoris palm rest, sehingga posisi tangan akan lebih nyaman saat mengetik ataupun bermain game.

AUDIO JERNIH BERESOLUSI TINGGI DENGAN HEAR ESS SABRE ROAR




Sumber: Dok. KotakGame

ASUS ROG Zephyrus Duo 15 juga memperhatikan soal kenyamanan audio dengan teknologi yang mumpuni. Menggunakan ESS Sabre HiFi DAC, kita bisa menikmati audio dengan resolusi yang tinggi melalui dua buah speaker 4W yang punya suara cukup kencang karena telah didukung dengan Twin Smart Amp.


Sumber: Dok. KotakGame

Selain melalui speaker, teknologi ini juga akan aktif saat kita menggunakan earphone atau headset kesayangan kita. Kita akan merasakan volume suara dengan distorsi yang lebih sedikit, jangkauan yang lebih luas serta bass yang lebih dalam. Saat bermain game kita juga bisa menggunakan microphone pada headset karena memiliki jack terpisah dengan earphone.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview