Review

Review: ASUS ROG Phone 3

oleh: Billy Mariza

Halaman 5

TAK SEMPURNA BAHAS ROG PHONE JIKA TAK BAHAS AKSESORISNYA



Masa bahas ROG Phone 3 tapi gak bahas soal aksesorisnya? Tentu kita bahas dong disini! Ada tujuh aksesoris dari ROG Phone 3, beragam aksesoris ini berguna untuk memaksimalkan pengalaman bermain game tentunya. Kru KotGa akan membahasnya satu-satu dibawah ini:

Baca ini juga :

» Review ROG Strix G16 (2024) G614 G614JVR
» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
1. AeroCase


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Ini merupakan starter pack ketika kamu membeli ROG Phone 3, AeroCase secara gratis akan kamu kotak di paket pembeliannya. Ada alasan mengapa AeroCase tidak menutup seluruhnya. Hal ini dikarenakan penggunaan AeroCase dapat dibarengi dengan berbagai aksesoris lainnya seperti AeroActive Cooler 3 dan TwinView Dock 3.

2. ROG Lighting Armor Case


Sumber:ASUS ROG

Lanjut ke dalam case spesial, ROG Lighting Armor Case kali ini dibuat lebih keren daripada sebelumnya. Case ini dapat melindungi ROG Phone 3 lebih baik dibanding AeroCase. Dengan sentuhan Aura Lighting yang menutup seluruh case yang dapat kamu kustomisasi sesuai personalisasi yang kamu miliki. Tapi ingat ini dijual terpisah ya!

3. AeroActive Cooler 3


Sumber:ASUS ROG

Aksesoris cooler tambahan ini akan menurunkan panas yang berlebih yang dihasilkan ROG Phone 3 hingga 4 derajat Celcius. Untuk mengaktifkannya, kamu hanya perlu menghubungkannya dengan Side Mounted Port yang ada di sisi kanan, dan ini juga cocok digabung dengan Aero Case. Selain itu, AeroActive Cooler 3 juga memiliki stand yang bisa membuat ROG Phone 3 dapat ditegakkan secara landscape.

Oh iya, AeroActive Cooler 3 juga memiliki dua port yang mana masing-masing adalah Audio Jack 3,5mm dan USB Type-C.

4. TwinView Dock 3


Sumber:ASUS ROG

Salah satu aksesoris yang mencolok dari ROG Phone adalah TwinView, yang mana ini akan membuatmu dapat bermain dengan dual layar. Untuk menggunakannya masih sama seperti AeroActive Cooler dengan menginputkannya melalui Side Mounted Port yang ada di sisi kanan. Sayangnya, belum banyak game yang mendukung sistem keren ini namun kamu bisa bermain dua game secara sekaligus atau bermain game sambil membuka sosial media yang kamu miliki.

5. ROG Kunai 3 Gamepad


Sumber:ASUS ROG

Masih mengusung sistem Gamepad generasi sebelumnya, ROG Kunai 3 Gamepad akan memberikan pengalaman bermain game mobile layaknya konsol. Aksesoris ini dapat dikombinasikan dengan berbagai aksesoris lainnya seperti TwinView Dock 3 atau AeroActive Cooler 3 atau yang terbaru yaitu ROG Clip.

6. ROG Clip


Sumber:ASUS ROG

Aksesoris terbaru di seri ROG Phone kali ini merupakan tambahan klip untuk menyematkan ROG Phone 3 diberbagai joystick. Tentunya joystick tersebut dapat terhubung dengan bluetooth dan kamu bisa memainkannya dengan bebas di layar kencang yang dimiliki oleh ROG Phone 3.

7. Mobile Desktop Dock


Sumber:ASUS ROG

Ini yang tidak ketinggalan dari ROG Phone 3, sebuah penghubung yang bisa mengekspansi ROG Phone menjadi Mobile Desktop. Dengan Mobile Desktop Dock kamu bisa menyambungkan Monitor 4K UHD, Mouse, hingga Keyboard dan membuat smartphone kamu menjadi sebuah mini PC. Tentunya kamu bisa bermain game dengan layar besar disana.

KESIMPULAN



Menyematkan Qualcomm Snapdragon 865+ RAM 8GB Storage 128GB, Layar Display 6,59” dengan Refresh Rate 144Hz, Baterai 6000 mAh, dilengkapi dengan beragam sistem pendukung kustomisasi game tentunya sudah sangat sempurna untuk mendukung berbagai aktivitas gamingmu.

Beragam game populer dapat berjalan dengan lancar di settingan tertinggi tanpa ada masalah. Apalagi dengan baterai dengan kapasitas besar dan didukung dengan sistem Hyper Charger yang dapat mencharge sebuah baterai 6000 mAh dengan cepat yang mana hal tersebut bisa kamu dapatkan dalam paket pembelian sebuah charger dengan daya 30 Watt.

Semua pengalaman bermain game tersebut didukung dengan sistem Audio FX yang terbaru, sangat membuat permainan game menjadi lebih hidup dari sebelumnya. Triple kamera yang diusung juga sudah terbilang sangat bagus untuk sebuah hape dengan embel-embel gaming. Kamu bisa menangkap gambar dengan baik dengan kamera dengan detail yang cukup tajam.

Untuk kekurangannya dari segi performa tentunya tidak ada sejauh Kru KotGa menggunakan. Hanya saja mungkin ada beberapa kekurangan minor yang harus dibahas seperti tidak tersedianya headset dalam paket pembelian, Refresh Rate 144Hz yang terbilang cukup mubazir saat ini, karena banyak game populer seperti PUBG Mobile, Mobile Legends: Bang Bang tidak dapat menyentuh angka tersebut.

Selain itu, ROG Phone 3 tidak memiliki ketahanan terhadap air ataupun debu. Meskipun begitu, ada hal positif yang didapatkan, hadirnya GameCooling 3 sistem untuk menambal lubang tersebut.

Terakhir hal minor yang semestinya bisa lebih baik adalah UI yang terkesan Android Stock, meskipun dengan banyak fitur-fitur keren yang ditawarkan oleh ROG Phone 3, namun tidak untuk bagian menu utama. Ketika membuka menu utamanya, ROG Phone 3 sangat terasa Android Stock tanpa sentuhan tambahan, tentunya dengan hape yang gaming habis kita mengharapkan sesuatu yang akan lebih baik dari itu.

Kesimpulan Review: ASUS ROG Phone 3

95KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Chipset Tercanggih Qualcomm Snapdragon 865+
  • Display Refresh Rate 144Hz
  • AudioFX System dengan Speaker yang Nendang
  • Storage dan RAM yang Lapang
  • Desain Backdoor yang Gaming Banget
  • Baterai Monster 6000 mAh didukung Fast Charging
  • Banyak Aksesoris Pendukung
  • (-) KEKURANGAN
  • Tidak ada sertifikat IP68
  • Banyak Game Populer tidak mendukung refresh rate 144Hz
  • UI secara samar mirip dengan Android Stock
  • Tidak include headset dalam paket pembelian

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview