Review

ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3080

Halaman 1

Selama setahun belakangan ini, tidak bisa dipungkiri lagi bahwa NVIDIA benar-benar mendominasi pasar kartu grafis dengan berbagai produk andalannya seperti RTX series. Tidak cuma berhenti disitu saja, NVIDIA bakal melanjutkan dominasinya pada RTX 30 series. Setelah menanti, NVIDIA resmi mengumumkan RTX seri 30 pada awal September 2020 kemarin. Seperti biasa, seri yang diumumkan terlebih dahulu adalah RTX 3090, RTX 3080, dan juga RTX 3070.

Kebutuhan akan sebuah kartu grafis canggih memang sangat dibutuhkan. Terutama bagi para gamer yang menjadikan PC sebagai perangkat gaming utama. Developer terkini semakin menuntut PC untuk memiliki kartu grafis yang mumpuni untuk menjalankan game-game yang dirilis, terutama game-game yang juga akan dirilis untuk konsol next-gen. Berbagai game yang dirilis tahun 2020 ini dan kedepannya semakin banyak yang mendukung teknologi ray tracing. Tentu, kamu tidak bisa menggunakan kartu grafis biasa untuk memanfaatkan teknologi mutakhir tersebut.

Sekedar informasi untuk kamu, ray tracing adalah sebuah teknik rendering yang menghasilkan sebuah gambar menggunakan jalur cahaya yang disimulasikan pada suatu gambar dan mensimulasikan efek dari pertemuannya dengan sebuah objek virtual. Teknik tersebut diklaim mampu menghasilkan kualitas grafis yang lebih fantastis dan realistis.

Seperti yang sudah kru KotGa sebutkan diatas, NVIDIA telah merilis berbagai jajaran RTX 30 Series mereka. ASUS, sebagai brand terkemuka asal Taiwan juga telah mengumumkan jajaran RTX 30 Series sejak pertama kali diumumkan oleh NVIDIA. Selain seri ROG miliknya, ASUS juga memiliki seri RTX 3080 yang lebih terjangkau dengan fitur yang tidak kalah canggih. Kartu grafis tersebut adalah TUF Gaming GeForce RTX 3080 yang akan Kru KotGa review pada artikel ini.

Dalam melakukan benchmark dan pengujian, berikut ini berbagai komponen yang kru KotGa gunakan untuk mengulas kartu grafis TUF Gaming GeForce RTX 3080:

Prosesor Intel Core i7-10700K @5.0GHz
Motherboard TUF Gaming Z490-Plus WI-FI
Cooler Cooler MasterLiquid ML120R RGB
GPU ASUS TUF Gaming NVIDIA GeForce RTX 3080
RAM Apacer NOX RGB DDR4-3200
SSD WDC Black SN750 M.2 NVMe 2TB
PSU Cooler Master MWE Gold 850 V2 Full Modular
Baca ini juga :

» Marvel's Spider-Man: Miles Morales, Superstar Baru di Genre Game Superhero!
» ASUS TUF Gaming AX3000
» JADI PENGEN UPGRADE! Review AMD Ryzen 5 5600X: Kenceng, Semua Game Bisa Dibabat!
» Berasa Masuk ke Dalam Game! Inilah Sensasi Gaming di 3 Monitor dengan ASUS TUF RTX 3080!
» Lost Saga Remastered: Game Nostalgia yang Bikin Kamu Pengen Main Warnet Lagi!
Sebelum membahas lebih jauh mengenai benchmark dan pengujiannya, yuk kita kenali dulu fitur-fitur canggih dari kartu grafis ini!

TUF Gaming GeForce RTX 3080 - Pilihan Kartu Grafis “RTX 3080” Lebih Terjangkau & Terbaik di Kelasnya!

Bagi kamu yang setidaknya masih asing dengan TUF Gaming, seri ini lebih terjangkau dibandingkan ROG, namun memiliki performa yang powerful di kelasnya. Namun, ASUS tetap menyematkan berbagai fitur penting, terutama untuk menunjang aktivitas para gamer. Selain itu, yang menjadi kelebihan utamanya adalah durabilitas terbaik, serta harga yang lebih terjangkau. Meskipun lebih terjangkau daripada ROG, kartu grafis TUF Gaming GeForce RTX 3080 tetap menawarkan fitur terdepan yang komplit, canggih, serta desain yang gaming banget untuk menunjang aktivitas para gamer memainkan game kekinian.

Penasaran fitur apa saja yang ditawarkan? Yuk simak artikelnya!

Sebelum membahas lebih jauh, berikut beberapa fitur dan spesifikasi utama yang ditawarkan pada ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3080:

Graphics Engine NVIDIA GeForce RTX 3080
Bus Standard PCI Express 4.0
OpenGL OpenGL 4.6
Video Memory GDDR6X 10GB
Engine Clock OC Mode - 1740 MHz (Boost Clock), Gaming Mode - 1710 MHz (Boost Clock)
CUDA Core 8704
Memory Speed 19.5 Gbps
Memory Interface 320-bit
Resolution Digital Max Resolution:7680x4320
Interface HDMI Output : Yes x 2 (Native) (HDMI 2.1), Display Port : Yes x 3 (Native) (DisplayPort 1.4a), HDCP Support : Yes (2.3)
Maximum Display Support 4
NVlink/ Crossfire Support No
Recommended PSU 850W
Power Connectors 2 x 8-pin
Accessories 1 x Collection card, 1 x Speedsetup manual
Software ASUS GPU Tweak II & Driver
Dimensions 29.99 x 12.69 x 5.16 Centimeter
Slot 2.7 Slot

Paket Penjualan TUF Gaming GeForce RTX 3080

  • 1 x ROG Velcro Hook & Loop
  • 1 x Collection card
  • 1 x Speedsetup manual

Pada halaman berikutnya kru KotGa akan membahas lebih detail mengenai desain, fitur, dan performanya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview