Review

ASUS TUF Gaming AX3000

Halaman 1

Saat ini, banyak para gamer yang tidak terpaku dalam satu perangkat gaming saja. Biasanya, para gamer memiliki berbagai perangkat gaming seperti PC, konsol, ataupun smartphone. Apapun dari ketiganya tersebut, pasti membutuhkan internet atau koneksi yang memadai untuk menunjang aktivitasnya. Entah itu hanya sekedar asyik-asyikan bermain game online, atau masuk ke scene kompetitif seperti push rank di game-game esport seperti PUBG, Mobile Legends, atau Valorant dan masih banyak lainnya.

Karena terpaku hanya pada perangkat gamingnya saja, terkadang ada satu komponen yang sangat krusial namun sering diabaikan. Komponen tersebut adalah sebuah router canggih yang menaungi internet yang digunakan yang nantinya akan dikoneksikan ke berbagai perangkat gaming.

Berbicara mengenai router yang mumpuni untuk memberikan pengalaman terbaik dalam bermain game-game kompetitif, tentu saja router dengan spesifikasi canggih serta segudang fitur adalah pilihan utama. Pernah merasa sudah memiliki internet yang kencang, tetapi tidak maksimal ketika digunakan pada perangkat gaming kalian? Mungkin, router kami memang bermasalah dan perlu diganti.

Karena hal tersebut, kebutuhan akan sebuah router canggih semakin dibutuhkan. Biasanya, router yang canggih dapat menunjang aktivitas para gamer dengan berbagai spesifikasi mumpuni dengan mendukung hingga WiFi 6 misalnya. Selain itu, berbagai fitur menarik lainnya seperti Adaptive QoS, Game Boost, dan berbagai fitur yang cukup membantu dalam aktivitas gaming juga dibutuhkan.

ASUS yang merupakan salah satu perusahaan komponen PC ternama dunia juga memberikan perlakuan khusus pada router, dimana mereka menghadirkan berbagai lini produk yang sudah hadir dengan teknologi hingga fitur paling mumpuni, khususnya untuk gamer yang menginginkan performa jaringan terbaik. Semakin melebarkan sayap variannya, TUF Gaming kini juga hadir pada produk router ASUS, yaitu TUF Gaming AX3000 yang sudah mendukung WiFi 6 dan akan kru KotGa review pada artikel ini.

Penjelasan Singkat Mengenai Jenis Wi-Fi

Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Pastinya kamu pernah mendengar di berbagai spesifikasi laptop atau smartphone yang mendukung spesifikasi 802.11ac misalnya. Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:

Saat ini, standarisasi di dunia sudah mulai beralih ke WiFi generasi keenam, yaitu 802.11ax. Berbagai perangkat gaming juga sudah mulai mengadaptasinya seperti smartphone, laptop, motherboard, atau bahkan baru-baru ini adalah PlayStation 5.

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan karena generasi keenam ini mampu menghasilkan throughput tinggi lebih tinggi dari generasi sebelumnya hingga 40%. Lantas, apa untungnya? Bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps keatas misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan WiFi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Dalam melakukan benchmark dan pengujian, berikut ini berbagai parameter yang digunakan untuk mengulas router TUF Gaming AX3000.

  • Router 1: Huawei HG8245H (Bawaan ISP)
  • Router 2: ASUS TUF Gaming AX3000
  • ISP: My Republic 150 Mbps

Baca ini juga :

» ROG Zephyrus G GA502I - Speknya Gahar & Harga Ga Wajar! Cocok Untuk Gamer dan Content Creator
» JADI PENGEN UPGRADE! Review AMD Ryzen 5 5600X: Kenceng, Semua Game Bisa Dibabat!
» Berasa Masuk ke Dalam Game! Inilah Sensasi Gaming di 3 Monitor dengan ASUS TUF RTX 3080!
» Lost Saga Remastered: Game Nostalgia yang Bikin Kamu Pengen Main Warnet Lagi!
» ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3080
Sebelum membahas lebih jauh mengenai benchmark dan pengujiannya, yuk kita kenali dulu fitur-fitur canggih dari motherboard ini!

ASUS TUF Gaming AX3000 - Router Andalan Gamer


Router yang KotakGame terima dari ASUS ini adalah salah satu router gaming yang akan menjadi andalan ASUS dalam lini TUF Gaming. Sebagai salah satu router gaming yang canggih, TUF Gaming AX3000 telah dibekali berbagai fitur canggih untuk menunjang aktivitas para gamer seperti Next-Gen WiFi 6, Gaming Port Acceleration, ASUS AiMesh, dan Durability terbaik yang selalu dihadirkan pada seri TUF Gaming.

Penasaran fitur apa saja yang ditawarkan? Yuk simak artikelnya!

Sebelum membahas lebih jauh, berikut beberapa fitur dan spesifikasi utama yang ditawarkan pada TUF Gaming AX3000:

Prosesor 1.5 GHz tri-core processor
Memory 256 MB Flash, 512 MB RAM
Sinyal External antenna x 4
Max Speed 3,000Mbps
Generasi Next-Gen WiFi 6 (802.11ax)
Bandwidth 20/40/80/160 MHz bandwidth
Band Dual-band (2.4GHz + 5GHz)
Fitur Gaming Port Acceleration, AiMesh, MU-MIMO, AiProtection Pro, Parental Control

Paket Penjualan Motherboard ASUS TUF Gaming AX3000

  • Router ASUS TUF Gaming AX3000
  • User manual & kartu garansi
  • Kabel Power
  • Kabel LAN CAT 5E RJ45

Fisik Router, Solid dan Gamer Banget!


Layaknya seperti komponen TUF Gaming pada umumnya, router TUF Gaming AX3000 memiliki aksen warna hitam ke abu-abuan dengan kombinasi warna kuning emas. Kesan pertama kru KotGa ketika melihat router ini, tampilan dan desainnya memang sangat terlihat gaming banget dengan material desain yang digunakan sangat kokoh dan solid. Untuk bagian antena pada router ini sayangnya tidak bisa dicopot. Namun tenang aja, antenanya masih tetap mudah diatur ke berbagai arah.

Untuk bagian depannya, router ini memiliki berbagai indikator LED untuk status internet, LAN, WiFi 5Ghz dan 2.4Ghz, serta power. Sementara untuk, berikut konektivitas yang terdapat pada bagian belakang:

  • 1 x WAN port
  • 4 x LAN port
  • 1 x Power Port
  • 1 x On/Off Switch
  • 1 x Reset Pin
  • 1 x USB 3.1 port

Pada halaman berikutnya kru KotGa akan menjelaskan berbagai fitur menarik pada router TUF Gaming AX3000.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview