Review

ASUS TUF Gaming AX3000

Halaman 2

Kaya Fitur Untuk Aktivitas Terbaik Para Gamer


Seperti yang kru KotGa sebut pada halaman sebelumnya, router TUF Gaming AX3000 memiliki berbagai fitur menarik yang bakal berguna banget untuk menunjang aktivitas para gamer dan meningkatkan pengalaman bermain game yang terbaik. Apa saja fitur tersebut, berikut berbagai fitur menarik pada router TUF Gaming AX3000:
WiFi 6 yang Ngebut dan Kekinian!

Saat ini, standarisasi di dunia sudah mulai beralih ke generasi keenam, yaitu 802.11ax. Berbagai perangkat gaming juga sudah mulai mengadaptasinya seperti smartphone, laptop, motherboard, atau bahkan baru-baru ini adalah PlayStation 5. Khawatir tidak bisa menikmati WiFi 6 walaupun punya perangkat gaming yang mendukungnya? Tenang aja, TUF Gaming AX3000 sudah siap menyongsong para gamer kedepannya dengan WiFi 6.

Selain itu, TUF Gaming AX3000 tidak hanya sekedar mendukung WiFi 6, tetapi juga mengkombinasikannya dengan berbagai spesifikasi mumpuni seperti dukungan bandwith 160 MHz dengan teknologi OFDMA dan MU-MIMO dengan kapasitas dan efisiensi WiFi yang sangat mumpuni. Selain itu, sekedar informasi untuk kamu kalau penamaan “AX3000” adalah karena maksimal kecepatan yang bisa dicapai. Setidaknya, WiFi di router ini mampu mencapai kecepatan 574 Mbps (2.4 GHz) dan 2404 Mbps (5 GHz). Lebih kencang 2.5x lipat dari WiFi generasi sebelumnya.

AiMesh

Layaknya router ASUS pada umumnya, TUF Gaming AX3000 mendukung fitur AiMesh. Fitur tersebut memungkinkan menggabungkan beberapa router ASUS menjadi sebuah mesh network dimana jangkauan sinyal WiFi menjadi lebih luas dan optimal. Tanpa perlu adanya penambahan jaringan internet ataupun kabel LAN. Hanya perlu meletakkan router di tempat yang diinginkan dan menyalakannya. Ini sangat berguna bagi gedung, atau rumah yang luas dengan dua lantai.

Adaptive QoS

TUF Gaming AX3000 juga bisa memprioritaskan bandwith untuk digunakan sesuai keinginan para penggunanya. Misalnya, kamu bisa mengatur router ini untuk berfokus pada gaming, browsing atau streaming.

Gaming Port Acceleration

Menariknya, ASUS berani menyebutkan kalau “LAN Port” pada router ini memiliki akselerasi khusus untuk perangkat yang dikoneksikan melalui port tersebut seperti PC atau konsol untuk memprioritaskannya demi kestabilan bermain game tanpa adanya gangguan lag. Ini sangat berguna bagi pengguna rumahan yang memang banyak anggota keluarga menggunakan WiFi dalam satu router untuk browsing atau streaming yang tentunya akan mengganggu koneksi yang menggunakannya untuk bermain game. Fitur ini akan kru KotGa uji lebih detail pada halaman selanjutnya.

Mobile Game Mode

Berbeda dengan PC atau konsol, smartphone tentu tidak memiliki port LAN agar bermain game lebih lancar. Tapi tenang saja, TUF Gaming AX3000 memiliki fitur yang disebut Mobile Gaming Mode. Fitur tersebut memungkinkan si router bisa mengurangi ping atau latency saat ada pengguna yang menggunakan smartphone untuk bermain game. Fitur ini juga akan kru KotGa uji lebih detail pada halaman selanjutnya.

Baca ini juga :

» ROG Zephyrus G GA502I - Speknya Gahar & Harga Ga Wajar! Cocok Untuk Gamer dan Content Creator
» JADI PENGEN UPGRADE! Review AMD Ryzen 5 5600X: Kenceng, Semua Game Bisa Dibabat!
» Berasa Masuk ke Dalam Game! Inilah Sensasi Gaming di 3 Monitor dengan ASUS TUF RTX 3080!
» Lost Saga Remastered: Game Nostalgia yang Bikin Kamu Pengen Main Warnet Lagi!
» ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3080

Tampilan UI Keren & Aplikasi Smartphone yang Multifungsi


UI Web

Kru KotGa pribadi cukup terpukau dengan halaman konfigurasi milik TUF Gaming AX3000 ini. ASUS memang tidak main-main dalam mendesain tampilannya yang menjadi ciri khas TUF Gaming, selain ROG, dengan eksklusifitas yang tidak kalah menarik.

Bukan hanya sekedar tampilannya yang keren dan gamer banget, tetapi juga memiliki berbagai fungsi. Melalui halaman konfigurasi di router.asus.com, bisa mengatur berbagai fitur seperti AiProtection, AiMesh, Game Boost, Open NAT, Adaptive QoS, Analisa Traffic, USB, serta AiCloud. Tentu saja pengaturan seperti konfigurasi LAN, WiFi, dan-lain-lain terdapat disini. Semuanya, bisa dilakukan dan dipahami dengan mudah karena tampilannya yang sangat user-friendly.

ASUS Router App

Selain hadirnya halaman konfigurasi di web seperti router pada umumnya, TUF Gaming AX3000 juga memiliki aplikasi via smartphone untuk mengatur berbagai hal, aplikasi tersebut adalah ASUS Router App. Melalui aplikasi tersebut juga bisa mengatur fitur seperti AiProtection, AiMesh, Game Boost, Open NAT, Adaptive QoS serta berbagai konfigurasi seperti WiFi, LAN, hingga Firmware Update juga bisa dilakukan di aplikasi tersebut.

Namun, jika para pengguna bingung, melalui aplikasi ini juga terdapat quick profile yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan seperti:

  • Gaming
  • Media Streaming
  • Work-From-Home
  • Learn-From-Home
  • Web Surfing
  • File Transferring

Ini menjadi nilai lebih karena para pengguna tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan konfigurasi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Hanya sekali klik, semua konfigurasi akan berubah dalam sekejap.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview