Review

ASUS TUF Gaming AX3000

Halaman 3

Pengujian Router TUF Gaming AX3000


Pada pengujian router ini, setidaknya kru KotGa akan mencobanya untuk beberapa hal. Pertama menguji kecepatan WiFi yang dibandingkan dengan router bawaan ISP yang kru KotGa gunakan. Kedua, kru KotGa akan menguji koneksi menggunakan LAN, dan membandingkannya dengan router bawaan ISP. Selain itu juga, kru KotGa akan menguji fitur Mobile Game Mode yang diklaim mampu mengurangi ping saat bermain game mobile.

Pengujian Kecepatan WiFi yang Dibandingkan dengan Router Bawaan ISP

Bisa dilihat melalui tabel diatas, kalau TUF Gaming AX3000 bisa menjadi jawaban utama bagi kamu yang memiliki kecepatan internet diatas 100 Mbps. Untuk router bawaan ISP yang kru KotGa gunakan, untuk mencapai angka download dan upload optimal sesuai paket yang digunakan saja sulit. Sementara itu, ketika menggunakan TUF Gaming AX3000, kru KotGa akhirnya bisa mencapai kecepatan download dan juga upload yang diinginkan.

Berbeda dengan router bawaan, TUF Gaming AX3000 mendukung dual band, yaitu 2.4GHz dan juga 5GHz. Gampangnya, keduanya memiliki kelebihan masing-masing, dimana 2.4GHz memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas, sementara 5GHz memiliki jangkauan sinyal yang lebih kecil, namun lebih optimal dalam performa dan stabilitas.

Pengujian Kecepatan Port LAN yang Dibandingkan dengan Router Bawaan ISP

ASUS sendiri mengklaim bahwa TUF Gaming AX3000 memiliki fitur yang disebut Gaming Port Acceleration. Fitur tersebut memungkinkan port LAN yang ada di router ini lebih optimal. Jika dibandingkan untuk kecepatan download, sepertinya tidak ada perbedaan yang mencolok antara router bawaan dengan TUF Gaming AX3000. Sementara, perbedaan terlihat sangat signifikan untuk urusan upload, dimana kestabilan sebuah router benar-benar diuji. TUF Gaming AX3000 unggul jauh jika dibandingkan dengan router bawaan ISP yang kru KotGa gunakan.

Baca ini juga :

» ROG Zephyrus G GA502I - Speknya Gahar & Harga Ga Wajar! Cocok Untuk Gamer dan Content Creator
» JADI PENGEN UPGRADE! Review AMD Ryzen 5 5600X: Kenceng, Semua Game Bisa Dibabat!
» Berasa Masuk ke Dalam Game! Inilah Sensasi Gaming di 3 Monitor dengan ASUS TUF RTX 3080!
» Lost Saga Remastered: Game Nostalgia yang Bikin Kamu Pengen Main Warnet Lagi!
» ASUS TUF Gaming GeForce RTX 3080
Pengujian Mobile Gaming Mode

Mobile Gaming Mode memungkinkan si router bisa mengurangi ping atau latency saat ada pengguna yang menggunakan smartphone untuk bermain game. Faktanya, memang tidak bisa dipungkiri kalau fitur tersebut terkadang cukup membantu. Terutama jika koneksi lagi digunakan banyak orang. Pengguna smartphone yang menggunakan fitur ini bisa mendapatkan koneksi WiFi yang sedikit lebih stabil dan tidak terlalu signifikan, dari 22ms yang biasa kru KotGa dapat, menjadi 18ms. Namun, sekecil apapun itu bagi para gamer kompetitif cukup berarti.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview