Review

Cyberpunk 2077, Open-World Ambisius dengan Eksekusi Tak Tepat Sasaran!

Halaman 3

Bug dan Glitch yang Berceceran Dimana-mana

Secara garis besar, Cyberpunk 2077 adalah game yang solid dan menawarkan kualitas yang cukup sepadan dengan ekspektasi fans, namun ada satu permasalahan besar yang membuat game ini menjadi salah satu rilis game terburuk di 2020. Permasalahan tersebut adalah bug dan glitch yang sangat dominan. Meskipun termasuk permasalahan teknis yang sangat biasa di semua rilis game di pasaran, sayangnya bug dan glitch dalam Cyberpunk 2077 benar-benar fatal dan sudah merusak pengalaman bermain dari hampir semua gamer yang sudah memainkannya.

Mulai dari texture pop-in parah, kualitas AI musuh yang sangat buruk, objek yang terpental dan bertaburan secara tidak jelas, rusaknya quest yang mengambat jalannya progress, dan masih banyak permasalahan lain yang bahkan bisa dimuat dalam list panjang. Ini juga belum termasuk versi gamenya di konsol last-gen (PlayStation 4 dan Xbox One) yang sangat buruk dan tidak playable. Bisa dilihat memang jika pihak CD Projekt Red menghadapi kesulitan untuk memenuhi target rilis mereka, dan fakta ini semakin diperparah setelah melihat bagaimana mereka menunda perilisan gamenya sampai tiga kali, bahkan saat gamenya dinyatan "Gold" (alias rampung dan siap dipasarkan).

Kami sendiri memainkan gamenya di PC, dan meskipun sudah mendapat performa yang cukup solid, masih ada beragam permasalahan teknis yang merusak pengalaman bermain kami di beberapa momen.

Baca ini juga :

» Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin
» Sausage Man
» Legend of Mana Remastered
» Scarlet Nexus
» Review Final Fantasy VII Remake Intergrade

Kesimpulan

Berawal sebagai game yang mendapat antusiasme luar biasa dengan hype yang semakin terbangun menjelang perilisannya, Cyberpunk 2077 mungkin adalah contoh terbaik mengenai bagaimana kita harus menjaga ekspektasi saat menantikan kehadiran sebuah game. Meskipun terbawa hype adalah sesuatu yang lumrah, terkadang hal tidak terduga bisa saja terjadi dan membuat rilis game yang memang terlihat sempurna dari luar justru tidak seindah yang terlihat. Kami merasa Cyberpunk 2077 adalah game open-world RPG yang solid dan memiliki banyak ide menarik yang juga berhasil dieksekusi dengan baik.

Hanya saja keseluruhan pengalaman yang didapat memang tidak konsisten dan masih memiliki banyak ruang untuk disempurnakan. Kritik ini juga semakin menguat dengan adanya permasalahan teknis parah yang membuat gamenya tidak nyaman dan bahkan unplayable saat dimainkan, khususnya di platform konsol last-gen. Tentu saja pihak CD Projekt Red sedang berupaya untuk memperbaiki gamenya dan merubah Cyberpunk 2077 menjadi game yang lebih sesuai dengan bayangan fans, namun untuk saat ini rasanya kami masih cukup sulit untuk merekomendasikannya.

Kesimpulan Review: Cyberpunk 2077

70KotakGame.com RATING
  • Jalan cerita menarik dengan beragam cabang skenario
  • Setting Night City yang terlihat hidup dan imersif
  • Banyaknya misi sampingan dan aktivitas seru lainnya
  • Sistem modifikasi karakter yang unik dan kompleks
  • Koleksi soundtrack keren
  • (-) KEKURANGAN
  • Permasalahan bug dan glitch yang parah, bahkan di versi PC
  • Kualitas misi sampingan yang tidak konsisten
  • Gunplay yang terasa kaku atau kurang memuaskan

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview