Review

Review: PlayStation 5

oleh: Billy Mariza

Halaman 2

Dirilis dalam Dua Versi, PlayStation 5 dan PlayStation 5 Digital Version




Sumber: Sony

Seperti yang kita tahu, Sony merilis PlayStation 5 dalam dua versi seperti yaitu yang biasa dan versi yang digital. Karena dirilis dalam dua versi, tentunya ada perbedaan harga bagi kamu yang membeli PlayStation Digital dengan merelakan slot 4K UHD Blu-ray Drive. Jika membahas rekomendasi ada sejuta alasan mengapa kamu "mending" membeli versi Blu-ray Drive.


Sumber: Dok. KotakGame

Alasan paling utama adalah dimana kamu bisa mengoleksi dari berbagai kaset PS5 atau bahkan menjualnya kembali untuk bisa membeli game selanjutnya. Meskipun pada awalnya harus membayar lebih, namun untuk jangka panjang versi Blu-ray lebih menguntungkan dibandingkan versi Digital-nya.

Mesin Powerful Angkat Game AAA Tanpa Loading Lama!




Sumber: Sony


Sumber: Sony

Setelah kita puas-puas membicarakan desainnya, tidak lupa dong kita bahas apa isi jeroan dari Generasi konsol terbaik dari Sony ini. PlayStation 5 memiliki dapur pacu AMD Ryzen Zen 2 8 Cores yang up to 3.5 GHz. Selain itu PS 5 juga dilengkapi dengan kartu grafis AMD Radeon RDNA yang membuat si putih mampu mengangkat game maksimal hingga resolusi 8K!


Sumber: Sony


Sumber: Sony

Selain itu PS5 memiliki RAM 16GB dengan kecepatan 448GB per detik dan didukung dengan penyimpanan NVme SSD sebesar 825GB yang bisa kamu ekspansi tentunya untuk menyesuaikan kebutuhan gaming kamu. Pergabungan spesifikasi tersebut membuat setiap game berjalan dengan cepat tanpa harus menunggu loading yang terlalu lama. Apalagi proses antara cutscene dan gameplay terasa lebih smooth seperti masih di dalam proses yang sama.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Salah satu hal yang menarik yang ditawarkan oleh PS5 adalah fitur Ray Tracing yang membuat pengalaman bermain game menjadi lebih imersif. Khususnya di game khusus seperti Spider-Man Miles Morales, kamu akan mendapatkan Filedity yang secara gampangnya kamu dapat melihat berbagai hal yang imersif seperti pantulan cahaya dan juga kaca dalam kota New York.

Mode Fidelity ini memiliki sedikit catatan dibalik grafis imersifnya tersebut yang mana kamu harus mengorbankan fps yang harus berada di rata 30fps. Namun jika kamu ingin bermain di 60fps maka kamu harus mengorbankan imersif tersebut dan berada di settingan Performance dengan gerakan yang sangat smooth.

Sebuah JoyStick yang Mengubah Cara Bermain, DualSense!




Sumber: Dok. KotakGame

Ada alasan utama mengapa DualSense memiliki nama yang berbeda dari 4 Joystick dari generasi sebelumnya yang bernama Dualshock. Secara umum, DualSense masih memiliki Layout tombol yang sama seperti DualShock 4 hal yang membuatnya berbeda adalah DualSense memiliki banyak fitur dibandingkan sebelumnya.


Sumber: Dok. KotakGame

Salah satu yang terbaik adalah Adaptive Triggers yang membuat pengalaman bermain game kamu lebih imersif. Salah satu contohnya seperti kamu melepaskan sebuah anak panah, yang semakin berat maka tombol R2 yang ada di DualSense akan memberikan feedback yang semakin berat pula.


Sumber: Dok. KotakGame

Selain itu getaran atau Haptic Feedback juga sangat imersif yang mana jika karaktermu berada di sebuah dataran yang berumput, es, salju, maka getaran yang dihasilkan juga akan terasa berbeda setiap datarannya. Dengan baterai yang lebih besar sekitar 1560 mAh, DualSense telah mendukung port Type-C untuk chargingnya. Tidak lupa pula hadir Port Audio Jack berukuran 3,5mm, Mic, dan sebuah Speaker.


Sumber: Dok. KotakGame


Sumber: Dok. KotakGame

Dengan aksen warna yang sama dengan mesinnya yaitu hitam dan putih, DualSense juga memiliki bentuk yang diklaim lebih pas ditangan. Pas Kru KotGa mencoba dan memainkan game, tentunya sangat berasa banget perbedaannya. Selain itu, PS5 juga menyajikan game Astro yang benar-benar memaksimalkan beragam fitur dari DualSense sehingga kamu akan benar-benar dibawa ke dalam pengalaman gaming yang berbeda dari sebelumnya.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview