Review

BenQ Mobiuz EX2710

Halaman 3

Gaming Makin Nikmat dengan HDR!


HDR adalah salah satu fitur yang diberikan oleh berbagai game developer saat ini untuk meningkatkan kualitas grafis game besutannya. Fitur HDR memungkinkan engine dalam sebuah game mereproduksi sebuah jangkauan pencahayaan yang dinamis dan lebih besar dibanding tanpa menggunakannya. HDR juga mampu menghasilkan kontras yang lebih baik dan rentang warna dan kecerahan yang lebih akurat serta membuat warna yang dihasilkan lebih realistis.

Mulai beberapa tahun belakangan ini, sudah cukup banyak game yang mendukung fitur tersebut. Fitur HDR ini terbilang sudah semakin "wajib" dari tahun ke tahun bagi kamu yang memang beraktivitas memainkan game sehari-hari.

Untungnya, BenQ Mobiuz EX2710 sudah memiliki fitur HDR tersebut. Monitor ini sendiri sudah mendukung. BenQ juga memiliki fitur HDR tersendiri pada monitor gaming besutannya. Mereka sendiri menyebutnya HDRi yang berarti High Dynamic Range Intelligence. Perbedaan yang cukup signifikan pada HDRi ini adalah dari segi pengaturan warnanya.

Kru KotGa KotGa sudah mengujinya untuk memainkan di PC seperti Assassins Creed Valhalla, Horizon Zero Dawn, Dota 2, dan juga Valorant.

Ketika dicoba memainkan Horizon Zero Dawn, Kru KotGa akui, perbedaan warna sangat terlihat antara tanpa menggunakan HDR sama sekali dengan menggunakan HDR dari BenQ. Akurasi warna serta kontras yang dihasilkan menjadi lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan HDR.

Ketika dicoba memainkan Assassins Creed Valhalla, jujur saja, beberapa texture object, terutama karakter lebih terlihat lebih tidak natural dengan warna yang terlalu cerah jika dibandingkan menggunakan HDR. Objek seperti karakter jadi terlihat lebih natural. Peran HDRi dari monitor ini cukup membantu untuk menetralkannya dan membuat warna yang dihasilkan menjadi lebih realistis.

Baca ini juga :

» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Steam Deck OLED
» Review Cooler Master GM27-FFS
» EA Sports FC 24
» ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE
Ketika monitor ini kru KotGa coba untuk memainkan game kompetitif PC seperti Dota 2 dan Valorant, monitor ini juga bisa diandalkan di samping fitur HDR yang dimilikinya. Refresh rate 144Hz dan response time 1ms yang dimilikinya membuat game ini semakin smooth ketika dimainkan.

Karena sekarang lagi musim konsol next-gen rasanya kurang jika kru KotGa tidak mencobanya di PS5. Karena monitor ini sudah mendukung HDR dan juga HDRi eksklusif BenQ, ketika digunakan di PS5 monitor ini sangat cocok banget dan terlihat jodoh karena warna yang dihasilkan ketika memainkan game seperti Cyberpunk 2077 dan Spiderman begitu nyaman dan lebih akurat menggunakan HDRi besutan BenQ.

Gaming Makin Nyaman dengan Fitur Light Tuner


Monitor ini memiliki salah satu fitur eksklusif yang tidak ada di monitor lain, yaitu Light Tuner. Fitur tersebut memiliki kegunaan tersendiri, dimana Light Tuner di monitor BenQ mampu memperlihatkan detail pengaturan cahaya untuk melihat di daerah yang terang dan juga daerah yang gelap.

Disisi lain, ada juga fitur Black Equalizer yang juga sangat membantu. Fitur tersebut memungkinkan pengguna monitor ini bisa melihat di ruangan gelap, tanpa perlu meningkatkan brightness. Fitur ini sangat membantu di game kompetitif seperti PUBG atau CS:GO.

Kesimpulan Pengalaman Gaming ketika Menggunakan BenQ Mobiuz EX2710


Tentu saja banyak perbedaan mencolok ketika menggunakan monitor dibanding monitor biasa. Pertama adalah dari segi kualitas gambar yang terlihat jauh lebih tajam dan lebih enak dipandang. Disamping dukungan HDR miliknya, pada dasarnya monitor ini memang miliki panel IPS serta 99% sRGB dengan akurasi warna yang sangat baik.

Selain itu, refresh rate 144Hz yang dimilikinya benar-benar membantu mempresentasikan kualitas visual yang mulus. Kegunaan refresh rate tinggi tersebut mampu mengurangi screen tearing hingga ghosting yang cukup mengganggu ketika memainkan game. Semua kelebihan ini tentunya hanya Kru KotGa rasakan saat menggunakan BenQ Mobiuz EX2710.

Udah Ada Speaker Mantap, Gak Perlu Beli Lagi!


Speaker dalam sebuah monitor? Kru KotGa selalu skeptis mengenai kehadiran sebuah speaker dalam monitor. Rata-rata memiliki kualitas yang tidak begitu baik, pasti ujung-ujungnya menggunakan speaker tambahan.

Namun, speaker dalam monitor ini benar-benar menepis persepsi kru KotGa. Yap, BenQ Mobiuz EX2710 memiliki dua speaker 2.5W. Speaker tersebut adalah besutan brand audio Trevolo yang memang sudah di akuisisi oleh BenQ. Kru KotGa rasa jika kupingmu tidak menuntut suara yg sangat detail, monitor ini sudah sangat cukup untuk sekedar digunakan sehari-hari.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview