Review

ASUS ROG Rapture GT-AX11000

Halaman 2

Router Gaming yang Kece Parah!


Kru KotGa pribadi sangat menyukai bentuk dari router ROG Rapture GT-AX11000. Bentuknya sendiri mirip seperti laba-laba dengan kaki-kakinya sebagai antenna. Material desain yang digunakan sangat kokoh dan solid. Untuk bagian antena pada router ini bisa dicopot dan antenanya mudah untuk diatur ke berbagai arah. Sayangnya, router ini tidak punya “mount” untuk meletakkannya di dinding.

Namun, karena bentuknya yang kokoh dan seperti itu, ROG Rapture GT-AX11000 memiliki ukuran yang begitu besar dengan ukuran lebar 241 mm (tanpa antenna) serta ketinggian 61 mm dengan berat mencapai 1.73 kg. Router tersebut akan lebih besar lagi jika terpasang antenna.

Selain itu, salah satu yang menandakan router ini adalah router gaming adalah hadirnya pencahayaan ASUS Aura RGB pada bagian tengahnya yang bisa dipilih dari berbagai efek pencahayaan dan sesuaikan pencahayaan agar selaras dengan perangkat gaming lainnya. Cocok banget bagi kamu yang memang pecinta RGB.

Untuk bagian depannya, router ini memiliki berbagai indikator LED untuk status internet, LAN, WAN, WiFi, USB, 2.5G Port serta Power. Sementara di sisi lainnya juga terdapat tombol untuk WiFi, WPS, dan juga Boost yang digunakan untuk menyalakan fitur Game Boost yang nantinya akan kru KotGa bahas.

Sementara untuk bagian belakangnya, berikut konektivitas yang terdapat pada bagian belakang:

  • 1 x RJ45 for Gigabits BaseT for WAN
  • 4 x RJ45 for Gigabits BaseT for LAN
  • 1 x Multi-Gig Ethernet port 2.5G/1G x1
  • 1 x Power Port
  • 1 x On/Off Switch
  • 1 x Reset Pin
  • 2 x USB 3.1 port

Baca ini juga :

» ASUS ZenBook Flip S (UX371)
» ASUS Zenbook Flip 13 UX363E
» BenQ Mobiuz EX2710
» AMD Radeon RX 6800
» Cyberpunk 2077, Open-World Ambisius dengan Eksekusi Tak Tepat Sasaran!

Fitur Melimpah Untuk Gaming Lebih Nyaman


Seperti yang kru KotGa sebut pada halaman sebelumnya, router ROG Rapture GT-AX11000 memiliki berbagai fitur menarik yang bakal berguna banget untuk menunjang aktivitas para gamer dan meningkatkan pengalaman bermain game yang terbaik. Apa saja fitur tersebut, berikut berbagai fitur menarik pada router ROG Rapture GT-AX11000:

WiFi 6 yang Ngebut dan Kekinian!

Wi-Fi sendiri pertama kali digunakan secara komersial pada tahun 1999. Wi-Fi dirancang berdasarkan spesifikasi IEEE 802.11. Pastinya kamu pernah mendengar di berbagai spesifikasi laptop atau smartphone yang mendukung spesifikasi 802.11ac misalnya. Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:

Hal tersebut tentu bukan tanpa alasan karena generasi keenam ini mampu menghasilkan throughput tinggi lebih tinggi dari generasi sebelumnya hingga 40% serta jangkauan sinyal serta bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna sekaligus. Lantas, apa untungnya? Gampangnya, bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps keatas misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan WiFi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Saat ini, standarisasi di dunia sudah mulai beralih ke generasi keenam, yaitu 802.11ax. Berbagai perangkat gaming juga sudah mulai mengadaptasinya seperti smartphone, laptop, motherboard, atau bahkan baru-baru ini adalah PlayStation 5. Jadi, kebutuhan akan Wifi 6 atau 802.11ax semakin dan sangat dibutuhkan untuk kedepannya, terutama untuk para gamer.

Khawatir tidak bisa menikmati WiFi 6 walaupun punya perangkat gaming yang mendukungnya? Tenang aja, ROG Rapture GT-AX11000 sudah siap menyongsong para gamer kedepannya dengan WiFi 6.

1.8GHz 64bit Quad-core CPU

Salah satu yang menjadi keistimewaan router ROG Rapture GT-AX11000 adalah spesifikasinya yang didukung oleh 1.8GHz 64bit quad-core CPU. Gunanya, router ini bisa menangani heavy load (saat digunakan banyak user) serta menjalankan berbagai fitur seperti VPN, Ai Protection, AiMesh dan semua itu dijalankan tetap dengan kecepatan yang stabil.

Tri-band

Selain itu, ROG Rapture GT-AX11000 tidak hanya sekedar mendukung WiFi 6, tetapi juga mengkombinasikannya dengan berbagai spesifikasi mumpuni seperti dukungan bandwith hingga 160 MHz dengan teknologi OFDMA dan MU-MIMO dengan kapasitas dan efisiensi WiFi yang sangat mumpuni. Selain itu, sekedar informasi untuk kamu kalau penamaan “AX11000” adalah karena maksimal kecepatan yang bisa dicapai. Setidaknya, WiFi di router ini mampu mencapai kecepatan 1148Mbps pada 2.4GHz, 4804Mbps pada masing-masing frekuensi 5GHz.

Biasanya, router hanya memiliki single-band, atau yang lebih bagus lagi memiliki dual-band. Namun, ROG Rapture GT-AX11000 lebih canggih lagi memiliki hingga Tri-band. Lantas, apa gunanya? Gampang, router ini bisa membagi tiga bandwith sekaligus, yaitu 2.4GHz + 5GHz + 5GHz. Kru KotGa sebagai gamer bisa menentukan "bandwidth" mana aja yang dikhususkan untuk browsing santai, streaming, atau bermain game. Jadi, ketika menggunakan "band" tertentu, kru KotGa tidak khawatir mengalami gangguan dengan pengguna lainnya.

Open NAT

Bagi kamu para gamer yang sering memainkan game online, apalagi yang suka mabar bersama teman atau gamer lainnya, pasti pernah mengalami masalah menjengkelkan. Yaitu, ketika internet sangat stabil tetapi tidak bisa join bareng dengan pemain lainnya. Hal tersebut bukan karena internet, ataupun server dari game tersebut. Melainkan router "melindungi" dirinya untuk tidak berkomunikasi atau berhubungan dengan internet lainnya.

Biasanya pengguna konsol yang sering mengalami, mereka sering kedapatan tipe NAT B, C, atau bahkan D. Namun tenang saja, dengan menggunakan router ROG Rapture GT-AX11000, dengan sekali klik dan pengaturan yang mudah melalui fitur Open NAT, para gamer tidak perlu khawatir ketika ingin mabar dengan gamer lainnya.

AiMesh

Layaknya router ASUS pada umumnya, ROG Rapture GT-AX11000 mendukung fitur AiMesh. Fitur tersebut memungkinkan menggabungkan beberapa router ASUS menjadi sebuah mesh network dimana jangkauan sinyal WiFi menjadi lebih luas dan optimal. Tanpa perlu adanya penambahan jaringan internet ataupun kabel LAN. Hanya perlu meletakkan router di tempat yang diinginkan dan menyalakannya. Ini sangat berguna bagi gedung, atau rumah yang luas dengan dua lantai.

Game Boost

ROG Rapture GT-AX11000 juga bisa memprioritaskan bandwith untuk digunakan sesuai keinginan para penggunanya. Misalnya, kamu bisa mengatur router ini untuk berfokus pada gaming, browsing atau streaming. Hanya dengan sekali klik melalui fitur Game Boost, router akan langsung memprioritaskan internet untuk bermain game.

2.5G WAN/LAN Port

Pada router ROG Rapture GT-AX11000, terdapat 2.5G WAN/LAN Port. Apa bedanya dengan port yang biasa? 2.5G WAN/LAN Port menawarkan kecepatan hingga 2.5X lipat lebih kencang daripada port WAN/LAN pada umumnya. Terdapat juga tombol Boost untuk memprioritaskan penggunaan untuk gaming. Ini sangat berguna bagi pengguna rumahan yang memang banyak anggota keluarga menggunakan WiFi dalam satu router untuk browsing atau streaming yang tentunya akan mengganggu koneksi yang menggunakannya untuk bermain game. Fitur ini akan kru KotGa uji lebih detail pada halaman selanjutnya.

Mobile Gaming Mode

Berbeda dengan PC atau konsol, smartphone tentu tidak memiliki port LAN agar bermain game lebih lancar. Tapi tenang saja, ROG Rapture GT-AX11000 memiliki fitur yang disebut Mobile Gaming Mode. Fitur tersebut memungkinkan si router bisa mengurangi ping atau latency saat ada pengguna yang menggunakan smartphone untuk bermain game. Fitur ini juga akan kru KotGa uji lebih detail pada halaman selanjutnya.

Tampilan UI Keren & Aplikasi Smartphone yang Multifungsi


UI Web

Seperti biasa, produk ROG memang selalu memiliki sesuatu yg eksklusif, tak terkecuali produk router mereka. Kru KotGa pribadi cukup terpukau dengan halaman konfigurasi milik ROG Rapture GT-AX11000 ini. ASUS memang tidak main-main dalam mendesain tampilannya yang menjadi ciri khas ROG yang sangat identik dengan para gamer.

Bukan hanya sekedar tampilannya yang keren dan gamer banget, tetapi juga memiliki berbagai fungsi. Melalui halaman konfigurasi di router.asus.com, bisa mengatur berbagai fitur seperti AiProtection, AiMesh, Game Boost, Open NAT, Analisa Traffic, USB, serta AiCloud. Tentu saja pengaturan seperti konfigurasi LAN, WiFi, dan-lain-lain terdapat disini. Semuanya, bisa dilakukan dan dipahami dengan mudah karena tampilannya yang sangat user-friendly.

ASUS Router App

Selain hadirnya halaman konfigurasi di web seperti router pada umumnya, ROG Rapture GT-AX11000 juga memiliki aplikasi via smartphone untuk mengatur berbagai hal, aplikasi tersebut adalah ASUS Router App. Melalui aplikasi tersebut juga bisa mengatur fitur seperti AiProtection, AiMesh, Game Boost, Open NAT, Aura RGB, serta berbagai konfigurasi seperti WiFi, LAN, hingga Firmware Update juga bisa dilakukan di aplikasi tersebut.

Namun, jika para pengguna bingung, melalui aplikasi ini juga terdapat quick profile yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan seperti gaming atau streaming. Ini menjadi nilai lebih karena para pengguna tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan konfigurasi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Hanya sekali klik, semua konfigurasi akan berubah dalam sekejap.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview