Review

ASUS ROG Rapture GT-AX11000

Halaman 3

Pengujian Router ROG Rapture GT-AX11000


Pada pengujian router ini, setidaknya kru KotGa akan mencobanya untuk beberapa hal. Pertama menguji kecepatan WiFi yang dibandingkan dengan router bawaan ISP yang kru KotGa gunakan. Kedua, kru KotGa akan menguji koneksi menggunakan LAN, dan membandingkannya dengan router bawaan ISP. Selain itu juga, kru KotGa akan menguji fitur Mobile Game Mode yang diklaim mampu mengurangi ping saat bermain game mobile.

Pengujian Kecepatan WiFi yang Dibandingkan dengan Router Bawaan ISP
Bisa dilihat melalui tabel diatas, kalau ROG Rapture GT-AX11000 bisa menjadi jawaban utama bagi kamu yang memiliki kecepatan internet diatas 100 Mbps. Untuk router bawaan ISP yang kru KotGa gunakan, untuk mencapai angka download dan upload optimal sesuai paket yang digunakan saja sulit. Sementara itu, ketika menggunakan ROG Rapture GT-AX11000, kru KotGa akhirnya bisa mencapai kecepatan download dan juga upload yang diinginkan.

Berbeda dengan router bawaan, ROG Rapture GT-AX11000 mendukung tri-band, yaitu 2.4GHz dan juga 2x 5GHz. Gampangnya, ketiganya memiliki kelebihan masing-masing, dimana 2.4GHz memiliki jangkauan sinyal yang lebih luas, sementara 5GHz memiliki jangkauan sinyal yang lebih kecil, namun lebih optimal dalam performa dan stabilitas.

Pengujian Kecepatan Port LAN yang Dibandingkan dengan Router Bawaan ISP

ROG Rapture GT-AX11000 memiliki port 2.5G khusus untuk LAN. Fitur tersebut memungkinkan port LAN yang ada di router ini lebih optimal dan mampu memfokuskannya pada performa bermain game. Untuk menguji lebih keras, kru KotGa mengujinya dengan internet yang digunakan oleh 10 orang lebih untuk berbagai kegiatan seperti browsing atau streaming.

Hasilnya, berbagai fitur yang dimiliki oleh ROG Rapture GT-AX11000 terutama fitur Game Boost untuk port LAN yang dimilikinya mampu meningkatkan performa internet yang digunakan oleh banyak orang tersebut. Internet dari ISP sebesar 150Mbps tersebut bisa "dihisap" dan difokuskan pada pengguna yang menggunakan kabel LAN dari router ROG Rapture GT-AX11000.

Baca ini juga :

» ASUS ZenBook Flip S (UX371)
» ASUS Zenbook Flip 13 UX363E
» BenQ Mobiuz EX2710
» AMD Radeon RX 6800
» Cyberpunk 2077, Open-World Ambisius dengan Eksekusi Tak Tepat Sasaran!
Pengujian Kecepatan WiFi Pada Konsol Next-Gen: PlayStation 5

ROG Rapture GT-AX11000 memiliki dukungan WiFi 6 atau IEEE 802.11ax. WiFi jenis tersebut disebut sebagai jaringan “next-gen” yang mampu memiliki kecepatan internet yang lebih kencang jika dibandingkan generasi tersebut. Untuk itu, rasanya kurang jika kru KotGa tidak mencobanya pada konsol next-gen, PlayStation 5.

Ketika menguji ROG Rapture GT-AX11000, kru KotGa memfokuskannya pada jaringan WiFi, karena salah satu kelebihan PlayStation 5 jika dibandingkan dengan konsol generasi sebelumnya adalah terletak pada dukungannya terhadap jaringan WiFi 6 atau IEEE 802.11ax. Hasilnya, bisa kalian lihat sendiri di bawah ini.

ROG Rapture GT-AX11000 benar-benar cocok untuk dipasangkan dengan konsol next-gen seperti PlayStation 5. Performa dalam menangkap sinyal WiFi di konsol tersebut benar-benar keluar ketika menggunakan jaringan 5GHz dari router ROG Rapture GT-AX11000. Performanya berada cukup jauh jika dibandingkan dengan router bawaan dari ISP. Jadi, bagi pengguna PlayStation 5 sepertinya wajib menggunakan router canggih ini jika ingin performa internetnya maksimal.

Pengujian Mobile Gaming Mode

Mobile Gaming Mode memungkinkan si router bisa mengurangi ping atau latency saat ada pengguna yang menggunakan smartphone untuk bermain game. Faktanya, memang tidak bisa dipungkiri kalau fitur tersebut terkadang cukup membantu, namun tidak terlalu besar. Terutama jika koneksi lagi digunakan banyak orang. Pengguna smartphone yang menggunakan fitur ini bisa mendapatkan koneksi WiFi yang sedikit lebih stabil dan tidak terlalu signifikan, dari 18ms yang biasa kru KotGa dapat, menjadi 17ms. Namun, sekecil apapun itu bagi para gamer kompetitif cukup berarti.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview