Review

ASUS ZenBook Flip S (UX371)

oleh: Billy Mariza

Halaman 1

Dimasa pandemi seperti ini, Laptop merupakan salah satu kebutuhan orang-orang pada umumnya. Tidak hanya dalam pekerjaan saja, namun juga untuk para pelajar yang sedang berada di masa pembelajaran daring atau via online. Untuk itu, diperlukan sebuah Laptop yang ideal untuk berbagai jenis kebutuhan mulai dari kerja, aktifitas belajar daring, multimedia, hingga game ringan untuk melepas masa penat sehari-hari dalam berkegiatan.

Namun untuk sebagian pengguna seperti para insan kreatif, laptop dengan format “standar” tersebut bisa jadi belum bisa menjadi perangkat yang dapat menunjang kreativitasnya. Hal tersebut dikarenakan desain clamshell memang pada dasarnya dirancang untuk digunakan bersama touchpad atau mouse yang bukan merupakan perangkat kontrol terbaik untuk para insan kreatif saat menggunakan laptop. Mereka membutuhkan perangkat kontrol yang lebih intuitif seperti pen tablet sehingga laptop dapat dijadikan kanvas digital yang dapat mewujudkan imajinasinya.

Baca ini juga :

» Review Outriders
» BenQ TH685i
» ASUS TUF DASH F15
» ASUS ROG Strix Z590-I
» Review Persona 5 Strikers: Sekuel Apik dengan Intensitas Pertarungan yang Tinggi

Sumber: ASUS

Mengapa tidak menggunakan laptop "standar" yang ditambah dengan pen tablet? Bagi sebagian insan kreatif, hal tersebut akan merepotkan. Selain manambah jumlah perangkat yang harus dibawa, pen tablet standar tidak memiliki layar sehingga penggunanya harus dapat menggunakan pen tablet tersebut dengan mata melihat ke layar laptop. Cara tersebut memang tidak seperti saat menggambar di atas kertas, dimana goresan pena dapat dilihat langsung setelah ujung penanya bergerak. Lalu apa solusinya?

Menggunakan laptop convertible bisa menjadi solusi. Berbeda dengan laptop "standar", laptop convertible memiliki layar yang dapat diputar hingga 360 derajat dan dapat digunakan layaknya sebuah tablet. Dengan fitur tersebut, para insan kreatif dapat menggunakan laptop convertible layaknya sebuah kanvas digital yang sangat interaktif.

Sebagai produsen laptop paling inovatif di tahun 2020 menurut PCMag, ASUS tentu saja memiliki sejumlah laptop convertible dengan seri terbaik adalah ZenBook Flip S. Jika ZenBook S merupakan seri laptop paling premium dan paling ringkas dari ASUS, ZenBook Flip S merupakan versi convertible-nya. Di tahun 2021 kali ini, ASUS memperkenalkan ZenBook Flip S (UX371) yang tidak hanya memiliki desain premmium dan ringkas, tetapi juga powerful dan dilengkapi dengan fitur penunjang untuk para insan kreatif.


Sumber: ASUS

Dirancang Sepenuhnya untuk Insan Kreatif



Apa yang telah dihadirkan oleh ASUS pada ZenBook Flip S (UX371) sehingga laptop ini dapat berfungsi sebagai perangkat penunjang para insan kreatif secara optimal? Pertama yang ditingkatkan oleh ASUS tentu saja adalah layarnya.

ZenBook Flip S (UX371) kali ini telah dilengkapi dengan panel layar OLED yang memiliki resolusi 4K. Di spesifikasi ini ZenBook Flip S (UX371) menjadi tampil lebih unggul dibandingkan kompetitornya, dimana insan kreatif seperti fotografer, komikus, atau ilustrator, lebih membutuhkan layar berkualitas sehingga setiap detail gambar dapat ditampilkan di layar laptop ini. Kualitas reproduksi warna di layar ZenBook Flip S (UX371) juga dibuktikan oleh tingkat reproduksi awrna pada color space DCI-P3 hingga 100% dan sertifikasi dari PANTONE sehingga laptop ini dipastikan dapat menunjang kebutuhan profesional kreatif.

Berbeda dengan panel layer lainnya, OLED menawarkan kualitas dan akurasi warna lebih baik khususnya pada reproduksi warna hitam dimana hanya panel OLED yang mampu mereproduksi warna hitam yang sesungguhnya. Panel OLED juga mampu menampilkan kontras warna yang lebih baik dan telah mendukung fitur HDR yang tersertifikasi langsung oleh VESA. Konten HDR menawarkan detail gambar yang jauh lebih baik karena memiliki dynamic range lebih luas, dan hanya panel yang mendukung HDR yang dapat menampilkan seluruh detail gambar tersebut.


Sumber: ASUS

Sebagai laptop convertible, ZenBook Flip S (UX371) hadir dengan layar yang dapat diputar sejauh 360 derajat. Berkat layarnya yang sangat fleksibel, ZenBook Flip S (UX371) dapat digunakan dalam berbagai mode, termasuk mode tablet dan membuat laptop ini digunakan layaknya sebuah kanvas digital. Agar dapat digunakan secara lebih intuitif, ASUS menghadirkan layar yang telah mendukung penggunaan stylus dengan 4096 pressure level. Melalui fitur terkini tersebut, banyak hal dapat dilakukan oleh para insan kreatif melalui aplikasi yang digunakannya.

Selain dirancang untuk kebutuhan penggunaan profesional, layar ZenBook Flip S (UX371) juga dapat menjaga kesehatan mata penggunanya karena telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk flicker free dan low blue light. Artinya, layar ZenBook Flip S (UX371) memiliki layar yang minim emisi gelombang cahaya biru dan tidak menghasilkan efek flicker. Apa efeknya bagi kesehatan? Sertifikasi tersebut menendakan bahwa layar ZenBook Flip S (UX371) tidak akan membuat mata penggunanya cepat lelah dan terpapar gelombang cahaya biru yang berlebihan sehingga dapat menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview