Review

Review Persona 5 Strikers: Sekuel Apik dengan Intensitas Pertarungan yang Tinggi

oleh: Christa

Halaman 2

MEKANISME PERTARUNGAN PENUH AKSI ALA DYNASTY WARRIORS

Serupa dengan game besutan Omega Force pada umumnya, Persona 5 Strikers menghadirkan mekanisme pertarungan layaknya Dynasty Warriors. Tidak lagi mengusung sistem turn-based, Persona 5 Strikers justru menerapkan konsep hack and slash ala game musou. Buat yang belum tahu, musou merupakan konsep game yang biasanya diterapkan oleh Koei Tecmo, yang memungkinkan gamers untuk bertarung dengan seribu musuh atau lebih menggunakan mekanisme hack and slash di open-world yang luas.




Akan tetapi, salah satu model combat unik yang bisa dibilang membedakan game ini dengan game-game musou adalah sistem real-time. Jika gamers memainkan game Dynasty Warriors, sistem real-time combat tidak terlalu terlihat jika dibandingkan dengan Persona 5 Strikers. Model pertarungan di game ini juga tampak variatif. Menampilkan gerakan-gerakan penuh aksi dan gesit di setiap karakternya, menjadikan Persona 5 Strikers terkesan lebih menantang.

Baca ini juga :

» Rise of the Ronin - Review
» EA Sports FC 24
» Review Mario + Rabbids Sparks of Hope
» Persona 5 Royal PC Ver
» FIFA 23
Bukan sekadar ‘asal pukul’, Persona 5 Strikers sukses memadukan gaya pertarungan musou dan versi orisinal Persona 5. Diperlukan strategi khusus seperti game orisinalnya untuk menyerang musuh. Serupa dengan game aslinya, gamers perlu menyesuaikan kekuatan dan kelemahan Persona yang dimilikinya maupun musuh yang dihadapinya. Setiap Persona memiliki elemen berbeda-beda. Jika boss atau musuh di Jail lemah terhadap petir, maka gamers harus membawa karakter dan Persona yang berelemen petir.




Seperti tampilan di game aslinya, Persona 5 Strikers menampilkan dua bar, yaitu HP dan SP. Apabila gamers pernah memainkan game Persona, tentu tidak asing dengan kegunaan SP. Ketika karakter melancarkan serangan dengan Persona miliknya, maka SP akan berkurang. Lain cerita ketika gamers ingin mengeluarkan kombo. Persona yang digunakan dari kombo tentu tidak akan menguras banyak SP karakter. Selain itu, peluru yang ditembakkan oleh Joker juga bersifat tanpa batas. Pistol akan mengisi ulang peluru kembali, sehingga gamers lebih bebas untuk membidik para musuh.




Tidak hanya Joker, gamers dapat berganti karakter Phantom Thieves yang diinginkan untuk bertarung bersama. Namun, pemilihan karakter juga perlu diperhatikan kembali. Pasalnya, balik lagi kepada strategi yang tentunya bukan asal serang musuh. Meskipun mekanismenya tidak serumit turn-based, kekuatan dan kelemahan Persona masing-masing karakter menjadi hal utama yang perlu dipikirkan kembali sebelum memilih karakter. Mengingat bahwa gamers hanya dapat mengganti party di luar battle.




Kembali pada mekanisme pertarungan yang unik, Persona 5 Strikers menghadirkan konsep All-Out Attack, yang menjadi ciri khas serangan spesial Persona. Dengan menyerang secara terus-menerus, maka gamers mendapatkan kesempatan untuk melancarkan serangan All-Out Attack. Mekanisme menarik lainnya adalah gamers dapat memanfaatkan objek di sekitarnya sebagai pendukung serangan. Misalnya ketika karakter dapat melompat ke platform tinggi seperti gedung dan tiang untuk bersembunyi, kemudian menyerang banyak musuh di sekitarnya secara berputar.

MUNCULNYA FITUR BARU YANG BERVARIASI

Persona 5 Strikers tidak hanya berpusat pada sistem pertarungan. Ada berbagai fitur menarik yang tersedia di game ini. Salah satunya adalah Bond. Berbeda dengan Social Link, Bond memungkinkan gamers untuk mengalokasikan Bond Points atau BP dalam membuka berbagai skill pendukung selama bertarung. BP bisa diperoleh dengan memenangkan pertarungan, melakukan Request, menyelesaikan semua Jail, memasak, hingga bersosialisasi dengan rekan satu tim.




Tidak hanya itu. Persona 5 Strikers juga menawarkan gameplay yang lebih menarik, yaitu dengan kehadiran fitur Request. Jika gamers ingin berlama-lama di game ini, menyelesaikan sejumlah misi sampingan di fitur tersebut tidak ada salahnya. Perlu diketahui, bahwa ada beberapa lokasi yang hanya dapat diakses pada cerita tertentu. Sehingga, gamers perlu mengulik kembali misi sampingan mana yang belum diselesaikan agar bisa membuka suatu tempat baru.




Jika di Persona 5 protagonis dapat melakukan aktivitas lainnya seperti menonton film, berkencan, bersosialisasi demi meningkatkan Social Link, dan nongkrong, Persona 5 Strikers justru tidak. Salah satu hal menarik yang bisa dilakukan di Persona 5 Strikers adalah Cooking. Bukan hanya sekadar fun, hasil masakan ini sangat berguna untuk dibawa ke Jail. Beberapa masakan ada yang berguna dalam meningkatkan SP maupun HP. Untuk membeli bahan-bahannya, gamers bisa mengunjungi Grocery Store di setiap wilayah, maupun membelinya di toko online.




Persona 5 Strikers tampaknya menyuguhkan berbagai hal yang menjadikan game ini bukan hanya menyenangkan dan penuh aksi, melainkan interaktif. Selain memasak dan bertarung, Persona 5 Strikers juga memungkinkan gamers untuk menjelajahi setiap wilayah di Jepang, mengunjungi toko, stasiun, mal, restoran, hingga berbicara dengan penduduk lokal. Namun tidak semua tempat dapat dikunjungi dan bersifat terbatas.




Hal menarik lainnya yang dapat dilakukan gamers di Persona 5 adalah belanja online. Kehadiran Sophia bukan hanya sebagai pendukung dalam pertarungan. Di luar battle, Joker dapat berbelanja online di Sophia melalui ponsel pintarnya. Mulai dari senjata, aksesoris, armor, hingga bahan makanan. Selain itu, gamers juga bisa membeli makanan maupun minuman di vending machine.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview