Review

Mungil, Kuat, Cantik! Review Gaming Mechanical Keyboard Razer Huntsman Mini

oleh: Salman Reza

Halaman 1

Lebih besar tidak selalu lebih baik, dan begitulah alasan mengapa ada keyboard dengan layout 60%. Beberapa orang mungkin tidak berani untuk melepas row numpad ataupun tombol navigasi pada keyboard gaming mereka. Namun, ada juga beberapa orang yang membutuhkan ruang lebih untuk mengayunkan mouse mereka dengan bebas dan mencari keyboard kecil yang minimalis.

Selain itu pula, keyboard 60% menjadi opsi yang cukup baik untuk kalian yang mencari mechanical keyboard yang hemat ruang dan mudah untuk dibawa.

Melihat hal ini, Razer memberikan solusi dengan merilis Razer Huntsman Mini. Produk ini merupakan keyboard dengan layout 60% pertama Razer yang dirilis menggunakan Razer Optical Switch generasi kedua yang memiliki peredam suara tambahan untuk mengurangi kebisingan saat anda menekan tombol.

Dan kali ini, kru KotGa dapet kesempatan untuk mereview Razer Huntsman Mini dengan varian switch Ungu nih! Buat kamu yang penasaran, langsung saja simak review lengkapnya di bawah ini, ya!

Switches Razer Optical Clicky or Razer Optical Linear (2nd Gen)
Lampu Perkey RGB
Memori Onboard Diatas 5 profile
Media Keys Dengan tombol Fn
USB Interface USB Type-A
Kabel USB-C, detachable, braided
Port tambahan -
Keycaps Razer doubleshot PBT
Kontruksi Alumunium top plate, case plastic
Software yang mendukung Razer Synapse
Dimensi ~11.6 x 4 x 1.3 inches (29.5 x 10.2 x 3.3cm)
Harga Rp 1.949.000
Warranty 2 tahun garansi Razer Indonesia

Packaging



Ketika unboxing, Razer Huntsman Mini dilengkapi dengan beberapa aksesoris yang standar, seperti Kabel USB Type-C, User Guide, Kartu Ucapan Terima Kasih dari Min-Liang Tan, Stiker Logo, dan juga Keyboardnya sendiri. Dalam User Guide yang diberikan, Razer menjelaskan beberapa shortcut yang mungkin akan dibutuhkan oleh para gamers, cara mengcustom lampu RGB lewat Razer Synapse 3 dan beberapa tutorial lain.



Yang cukup disayangkan, Razer tidak menyediakan keycaps puller yang dapat kalian gunakan untuk melepas keycaps yang ada di keyboard. Jadi kalian harus membeli keycaps puller tambahan apabila membuka keycaps dalam rangka mengecek kondisi switch atau melakukan bersih-bersih keyboard. Mungkin ini bisa jadi masukan untuk Razer agar menambahkan keycaps puller, seperti keyboard mechanical brand kompetitor.

DESIGN DAN LAYOUT KEYBOARD




Razer Huntsman Mini memiliki ukuran sekitar 11,6 x 5 x 1,3 inci yang jika dibandingkan dengan keyboard 60% kompetitor lain yang mempunyai ukuran (11,9 x 4,3 x 1,6 inci) dan (11,2 x 3,8 x 1,6 inci). Keyboard ini memiliki berat yang cukup ringan yaitu di angka 0.5 kg.



Dan seperti kalian lihat, Razer Huntsman Mini membawa layout 60% standar. Yang berarti, keyboard ini mempunyai jumlah total 61 keys, dan tidak mempunyai numeric pad, function keys, dan beberapa key navigasi. Berbeda dengan keyboard dengan layout 65% yang dibekali dengan arrow key ataupun 68% yang dibekali dengan arrow key + key navigasi.

Namun, tak perlu khawatir, kalian masih bisa mengaktifkan function keys dan beberapa key navigasi dengan menekan Fn + menu key yang di shortcut.

Keyboard ini akan cocok untuk para pemain FPS yang membutuhkan ruang lebih untuk mouse mereka ataupun seseorang yang ingin mencari keyboard compact yang dapat mudah dibawa. Mungkin yang harus dipikirkan oleh para keyboard enthusiast adalah penempatan arrow keys yang cukup aneh dan harus dibiasakan.




Arrow keys diletakan pada huruf I, J, K, L dan pengguna harus menahan tombol Fn agar dapat menggunakannya. Berbeda dengan beberapa kompetitor yang membuat fitur shortcut langsung untuk mengaktifkan mode arrows keys. Baca ini juga :

» Review Cooler Master CK350, MM711, MH650
» FIFA 22
» Review ROG Zephyrus G14 AW SE
» Kitaria Fables
» Tales of Arise

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview