Review

Mungil, Kuat, Cantik! Review Gaming Mechanical Keyboard Razer Huntsman Mini

oleh: Salman Reza

Halaman 4

FITUR DAN DUKUNGAN

Razer Huntsman Mini dapat berfungsi langsung tanpa perlu adanya software, namun untuk meng custom beberapa tombol dan juga RGB, kalian harus mendownload software Razer Synapse 3. Melalui software ini juga kalian dapat membuat profil RGB khusus, dan mengatur lampu berbeda di setiap keys kalian.







Keyboard juga sudah dibekali dengan memori onboard dan profil yang bisa dicustom lebih dari 5, yang berarti akan sangat mudah untuk kalian untuk menetapkan preferensi di berbagai game. Ada juga opsi untuk menggunakan Hypershift.



Bagi yang belum tahu, Hypershift merupakan pengaturan tombol layaknya Shift di keyboard biasa yang berguna untuk Capslock atau memanggil simbol kedua dari setiap tombol. Tidak hanya itu, fitur ini dapat diatur untuk memanggil aplikasi tertentu melalui tombol yang ditunjuk. Seperti contoh, memanggil Calculator menggunakan tombol F, K sesuai dengan keinginan kamu.

Walaupun fitur untuk custom RGB sangat banyak, cukup disayangkan Razer Huntsman Mini tidak mendukung mode wireless seperti keyboard kompetitor yang sudah dibekali dengan Bluetooth di budget 2 juta.

Selain itu, Razer Huntsman Mini hanya mendapatkan dukungan penuh keys untuk Windows saja. Untuk Linux, keyboard dapat berfungsi dengan baik, walaupun OS ini tidak mendapatkan dukungan software dari Razer. Sementar untuk MacOS, tombol Menu, Context, Scroll Lock, Pause/Break, Insert, Help dan Windows Lock tidak akan berfungsi. Tambah lagi, Razer tidak menyediakan dukungan software Razer Synapse di MacOS juga.

Baca ini juga :

» Review Logitech Combo Touch & Crayon
» Keyboard Gaming Low Profile & Aksesoris Bikin Setup Makin Estetik! Review Cooler Master Peripherals
» EA Sports FC 24
» Review Cooler Master SK620
» Persona 5 Royal PC Ver

KESIMPULAN




Overall, Razer Huntsman Mini merupakan keyboard dapat menjadi solusi para gamers yang mencari keyboard compact, ringan, dan mudah dibawa. Jika ingin dikustomisasi pun, keyboard ini mempunyai layout 60% yang general yang membuat pergantian keycaps akan lebih mudah.

Keyboard mechanical ini juga cukup tahan banting ketika diuji dengan melakukan bend-test, yang berarti kalian tidak perlu khawatir jika membawa keyboard ni bersama dengan laptop ataupun dengan buku tebal. Tapi akan lebih disarankan untuk membeli keyboard sleeve agar keyboard ini tidak terkena lecet ataupun baret.

Razer Huntsman Mini juga cukup baik ketika dipakai untuk gaming, switch cukup cepat dan responsif untuk game FPS, namun sangat tidak disarankan untuk menggunakan keyboard ini untuk bermain game rhythm yang membutuhkan 7 keys mengingat fitur n-key rollover yang tidak maksimal.

HARGA




Razer Huntsman Mini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Black (Hitam) dan Mercury (Putih), dan dua varian switch, yaitu Razer Optical Switch Purple (Clicky) dan Razer Optical Switch Red (Linear). Yang keduanya dapat dibeli di Razer Store seharga Rp 1.949.000.

Kesimpulan Review: Razer Huntsman Mini - Razer Optical Switch (Purple - Clicky)

85KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Bentuk keyboard yang compact
  • Dukungan RGB Penuh
  • Keycaps sudah PBT
  • Layout cukup umum memudahkan untuk kustomisasi
  • Kualitas switch yang cukup ok dan responsif
  • (-) KEKURANGAN
  • Tidak ada dukungan wireless
  • Kualitas stabilizer yang masih wobbly dan rattle
  • Tidak menyediakan keycaps puller
  • Tidak mendapatkan dukungan penuh keys untuk OS lain

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview