Review

ROG Phone 5

oleh: Billy Mariza

Spesifikasi dan Desain

Masih hangat di ingatan kita hadirnya ROG Phone 3 yang dirilis pada akhir tahun lalu sebagai sebuah smartphone game changing dengan spesifikasi terbaik. Sekarang tepat di akhir kuarter pertama 2021 ASUS mengumumkan salah satu bagian gamingnya yaitu ROG merilis produk terbarunya ROG Phone 5 dengan membawa Chipset terkuat di dunia Qualcomm Snapdragon 888.

Tidak hanya meningkatkan spesifikasi secara angka saja, namun ROG Phone 5 juga meningkat secara software, mulai dari Armoury Crate yang memiliki berbagai mode, fitur terbaru di game Genie, hingga Air Trigger yang lebih imersif untuk menunjang performa yang lebih tinggi lagi. Bagi para gamer yang mengikuti perkembangan ROG khusus ROG Phone bertanya-tanya mengapa ROG Phone melompati angka 4 yang mana sebelumnya kita masih berada di ROG Phone 3.

Baca ini juga :

» Astracraft
» MoeGirl Go!
» Review: ASUS VivoBook 14 (A416), Jawaban Pasti untuk WFH dan Sekolah Daring!
» Review: Samsung Galaxy Earbuds Live! Kacang Kedelai dengan Hasil Output Suara yang Sangat Nyata!
» Perfect World VNG - Fly With Me, MMORPG Legendaris PC dengan Versi Mobile yang Punya Kualitas Seband
ROG mengungkapkan hal itu terkait kultur Asia Timur yang mana angka 4 berarti kematian sehingga hal ini dihindari untuk penamaan sebuah produk-produk teknologi khususnya yang berasal dari Asia. Maka dari itu ROG Phone memilih angka 5 sebagai suksesor dari ROG Phone 3. Jadi tanpa basa-basi lagi langsung saja kita bahas apa yang ditawarkan oleh ROG Phone 5 yang digadang-gadang sebagai salah satu smartphone gaming terkuat di bumi saat ini.

Tapi perlu kamu tahu nih sebelum kita mulai bahas, ROG Phone 5 yang sedang kami review adalah unit global. Tentunya sebelum masuk ke Indonesia, mungkin unit resmi nantinya akan berbeda dengan hasil review kami sekarang. Makanya kamu tunggu unit resminya ya, pasti udah lebih keren deh!

Main Specs ROG Phone 5
Prosesor Qualcomm Snapdragon 888(7 nm+)
Operating System Android 11 ROG UI/ Zen UI
RAM 8GB / 12GB/ 16 GB
Internal Storage 128GB /256GB
Micro SD Tidak Ada
Display Samsung AMOLED HDR10+ 6.78" 2448x1080, 114Hz Refresh Rate, 300 Hz touch sampling rate, Corning Gorilla Glass Victus
Kamera Belakang Sony® flagship IMX686 64 MP (Wide), 13MP (Ultrawide), 5MP (Macro)
Kamera Depan 24 MP (Wide)
Konektifitas Integrated Wi-Fi 6, Dual-band 2.4GHz/ 5GHz WiFi, Bluetooth 5.2, NFC
SIM Card Dual Nano SIM Stand-by
Audio Dual front-facing Speakers with Dirac HD Sound, Support Audio Wizard
Baterai Dual 3000 mAh Total 6000 mAh, non-removable, support Fast Charging 65W
Dimensi 172,8 x 77,2 x 10,29 mm(WxDxH)
Bobot 238 gr
Socket 3.1, Type-C 1.0 reversible connector; accessory connector
Aksesoris ROG Kunai Gamepad 3 for ROG Phone 5, ROG Lighting Armor Case, Aero Case, AeroActive Cooler 5, ROG Clip, ROG Cetra RGB dan ASUS Professional Dock.

SMARTPHONE TERTINGGI DI BUMI DENGAN CHIPSET PALING BARU! SNAPDRAGON 888!




Sumber: Dokumentasi KotakGame

Hal pertama kali ketika membahas ROG Phone 5 adalah perubahan dalam segi chipset yang menggunakan Qualcomm Snapdragon 888 sebagai chipset terkuat saat ini. Chipset ini memiliki CPU Clock Ultrafast 2.84 GHz dan diyakini memiliki kecepatan 25% lebih kencang dibandingkan chipset sebelumnya.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Namun hadirnya Snapdragon 888 tidak lepas dari isu yang mana performa kencang itu harus memberikan panas berlebih ke smartphone. Tetapi nyatanya setelah Kru KotGa coba sepertinya harus kita telusuri lagi lebih dalam untuk lebih tahu apakah hal tersebut mempengaruhi performa dari ROG Phone 5.

Untuk review kali ini Kru KotGa mendapatkan ROG Phone 5 dengan varian RAM 16GB dan Storage 256GB. Dengan 3 kolaborasi jeroan yang sangat tinggi tersebut, sudah pasti game berat seperti Genshin Impact yang berhasil mendapatkan rata-rata di 55-60 FPS dengan settingan yang tertinggi. Jika game seperti Genshin Impact saja bisa lancar jaya, gak perlu ragu lagi dong dengan game kesayangan kamu yang lainnya. Tapi gak usah buru-buru bahas hal tersebut, mari kita jelajahi bagian desain yang unik dan baru dari ROG Phone 5 dulu yuk!

DESAIN LEBIH KALEM DENGAN KESAN GAMING YANG KUAT




Sumber: Dokumentasi KotakGame

Untuk urusan desain, ROG tetap mempertahankan trend-nya yang sedang mengarah desain kalem dengan kesan gaming yang kerasa. Hal ini pun di implementasikan di ROG Phone 5 dengan tampilan belakang body yang cukup berbeda dan baru jika dibandingkan dengan varian ROG Phone sebelumnya.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Mari kita mula tampilan tampak depan yang diisi layar AMOLED hasil kerja sama dengan brand Samsung yang berukuran 6,78”. Didukung dengan Dual Front Speaker masing-masing kiri dan kanan (dalam posisi landscape). Selain itu tersemat pula sebuah Front kamera 24MP di bagian sudut kanan atas dan ditutup dengan led notifikasi di sudut kiri.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Perubahan yang cukup signifikan terasa di bagian belakang atau backdoor ROG Phone 5 yang mana mengusung logo ROG yang berbeda dari berbagai varian ROG Phone pendahulunya. Kamu akan kehilangan logo ROG yang mendukung lampu RGB, namun akan digantikan sebuah logo ROG dengan dot light yang mendukung dua kustomisasi warna sekaligus yang berada agak turun ke bawah.

Selain dot ala Animatrix, hadir pula beberapa elemen-elemen yang membuat rear back menjadi lebih catchy dengan bacaan ROG 05 serta tahun berdirinya ROG yang berwarna merah. ROG Phone 5 sudah tidak lagi memiliki lubang kecil Aero Cooler yang sebelumnya hadir, namun gak usah khawatir mengenai sistem cooler, kita akan bahas itu nanti ya di bagian cooler.

Selain itu di bagian kiri atas backdoor terdapat pula triple kamera yang masing-masing 64MP untuk kamera utamanya, 13MP untuk kamera Wide, dan satu kamera Macro 5MP. ROG Phone 5 juga memberikan LED Flash di bagian kanan jajaran kamera dan satu mic.


Sumber: Dokumentasi KotakGame


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Untuk sisi samping kanan dari sepasang AirTrigger 5, tombol Volume, tombol power, 1 mic dan garis antena. Sisi samping kiri juga 3 garis antena, mount side port, dan slot sim tray dengan warna yang eyecatchy berwarna merah maroon. Di sisi atas hadir 2 garis antena satu mic sedangkan di sisi bawah 2 garis antena, satu mic, satu Port Type C, dan salah satu sahabat para gamer untuk audio, apalagi kalau bukan Audio Jack 3,5mm.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Sekarang ROG juga tersedia dengan dua pilihan warna yang pertama yang kita review ROG Phantom Black dan Storm White.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview