Review

ROG Phone 5

oleh: Billy Mariza

Kesimpulan

KESIMPULAN:



Qualcomm Snapdragon 888 memang menjadi salah satu pembahasan yang cukup menarik mengingat ia telah dipasang di berbagai smartphone dan mengalami panas berlebih. Sepertinya ROG Phone 5 dengan sistem Gamecooler 5 sedikit berhasil menutupi kelemahan dari chipset tertinggi saat ini. Selain itu panas yang ada tersebut dapat diatasi dengan berbagai aksesoris seperti AeroActive Cooler 5 dan AeroCase untuk menghindari tangan kamu terkena efek panas berlebih tersebut.

Performa yang ditawarkan oleh ROG Phone 5 berkat kombinasi Display Samsung 144Hz yang jernih, didukung RAM 16 GB, dan Storage 256GB yang lega, pengalaman bermain kamu gak akan tergoyahkan sama sekali. Kamu akan tetap dimanjakan dengan pengalaman bermain yang kaya di segala sisi, mulai dari performa yang stabil, layar yang bagus, dan gak takut mengalami framing sama sekali.

Baca ini juga :

» ROG Phone 5 Ultimate
» realme GT Master Edition
» Review Asus ROG STRIX RTX 3060 Ti OC
» Astracraft
» MoeGirl Go!

Sumber: Dokumentasi KotakGame

Apalagi ROG Phone 5 juga telah menyertakan baterai dengan kapasitas 6000 mAh sudah cukup untuk menggendong performa dari spesifikasi tinggi tersebut. Untuk urusan charger kamu gak perlu khawatir, hadir sebuah Charger 65 Watt yang sudah tersedia dari paket pembelian.

Kembalinya Audio Jack 3,5mm juga sepertinya jawaban dari ROG Phone 5 yang mana banyak gamer yang mengeluh tentang tidak hadirnya port tersebut terlebih jika membahas keperluan gaming. Meskipun ROG Phone 5 telah memiliki Audio dari Dirac yang ajib banget, namun headset atau headphone tambahan tidak akan bisa tergantikan.

Jika membahas kekurangan, yah selain dari Snapdragon 888 yang belum optimal, banyak dari spesifikasi dari ROG Phone 5 yang sebenarnya belum efektif. Seperti 144Hz display yang belum mendukung banyak game populer, hingga game-game yang belum dioptimalisasi secara sempurna oleh ROG Phone 5 terutama PUBG Mobile yang sebelumnya mendapatkan nilai positif di ROG Phone 3 karena berhasil menawarkan banyak pengaturan grafis.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Dengan harga yang ditawarkan lebih dari IDR10 juta, sepertinya sangat disayangkan jika ROG Phone 5 tidak memiliki sertifikasi tahan air. Ditambah dengan tidak adanya headset bawaan di dalam paket pembelian merupakan tanda tanya besar apalagi mengingat banyak gamer fps lebih membutuhkan headset dalam bermain game untuk mendengar step lawan yang lebih intensif. Kamu harus membelinya secara terpisah membeli headset gaming spesial dari ROG seperti ROG Cetra ataupun ROG Strix GO.


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Selain itu desain dari Logo ROG RGB yang lebih besar di rear back tentunya akan memakan space dan aksen ini tidak terlihat ketika kamu sedang menggunakan smartphone secara vertikal atau portrait. Namun karena penggunaan ROG Phone 5 cukup intensif untuk gaming, maka memang dari awal logo tersebut akan lebih jelas ketika digunakan ketika bermain game atau penggunaan secara landscape.

Demikianlah review ROG Phone 5 dari Kru KotGa kali ini buat kamu yang penasaran dengan ROG Phone 5, jika kamu menginginkan Smartphone Gaming terbaru dari ASUS ini kamu harus menyiapkan kocek sekitar IDR13,7 juta untuk Varian 8/128GB, IDR15,4 juta untuk varian 12/256GB, dan IDR17,1 juta untuk varian 16/256GB. Tentu saja harga ini berlaku untuk dua varian warna dari ROG Phone 5 seperti Phantom Black dan Storm White (harga ini masih mengikuti bocoran dari Webinar).


Sumber: Dokumentasi KotakGame

Sedikit Intermezzo, ROG Phone 5 juga rilis dalam tiga varian. Selain varian yang kita review ini, ASUS juga menyiapkan ROG Phone 5 Pro dan juga ROG Phone 5 Ultimate. Kedua varian ini akan memiliki ROG Vision yang mana akan menggantikan Logo ROG dengan layar PAMOLED matrix yang diadaptasi dari Laptop ROG Zephyrus G14. Tampilan ini akan berubah-ubah tergantung dengan kondisi penggunaanmu mulai dari X-Mode, Panggilan Masuk, Charging, hingga memasuki sebuah game.

ASUS mengatakan jika mereka akan bekerja sama dengan para developer game untuk menerapkan efek khusus jika sang gamer berhasil memenangkan pertandingan. Selain itu kamu juga bisa mengkustomisasi layar tersebut sesuai personifikasi kamu tentunya. Apalagi varian ROG Phone Pro dan Ultimate akan mendapatkan sensor tombol tambahan AirTrigger dibagian body belakangnya. Perlu diketahui juga bahwa ROG Phone Ultimate adalah edisi terbatas sehingga tidak akan banyak dirilis dipasaran ditambah model dari ROG Phone Ultimate akan mengusung warna putih matte dengan Layar PMOLED Matrix Monochrome.

Kesimpulan Review: ASUS ROG Phone 5

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Chipset Tertinggi Qualcomm Snapdragon 888
  • Display Samsung AMOLED 6,78" HDR10+ Refresh Rate 144Hz
  • AudioFX System dengan Speaker yang Nendang
  • Storage dan RAM yang Lega
  • Tampilan Backdoor yang Baru dan Segar
  • Baterai Monster 6000 mAh didukung Fast Charging 65 Watt
  • Banyak Aksesoris Pendukung
  • (-) KEKURANGAN
  • Tidak ada sertifikat IP68
  • Banyak Game Populer tidak mendukung refresh rate 144Hz
  • Belum mendapatkan optimisasi grafis dari developer game

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview