Review

ASUS ROG Strix Z590-I

Halaman 4

Pengujian & Benchmark


Menggunakan motherboard ROG Strix Z590-I, kru KotGa dengan mudah meningkatkan performanya. Dimana, Intel Core i7-11700K yang memiliki kecepatan maksimal hingga 4.6GHz untuk semua core, dan 5.0GHz untuk single core. Kru kotga sedikit meningkatkan performa untuk semua core di angka 4.9GHz dan 5.1GHz untuk single core. Perlu ditekankan bahwa overclock tersebut kru KotGa lakukan dengan sekali klik melalui Ai Overclocking tanpa settingan manual yang rumit.

Benchmark Sintetis


Untuk mengetahui sejauh mana kemampuan dari suatu komponen di motherboard yang digunakan tentu saja pertama-tama adalah melakukan benchmark sintetis sebagai sebuah "gambaran" sejauh mana kemampuan prosesor sekaligus membandingkannya dengan performa secara default dan overclocking. Pada pengujian benchmark sintetis kru KotGa menggunakan tiga software seperti Cinebench R20, 3D Mark, dan juga PC Mark 10.

3DMark Fire Strike Ultra adalah software untuk menguji sejauh mana kemampuan prosesor serta GPU ketika dicoba untuk memainkan game-game yang cukup berat dengan resolusi 4K. Entah itu yang mengandalkan efek fisik ataupun berbagai efek lainnya dan tersaji dalam bentuk score. Semakin tinggi, maka semakin cepat.

Cinebench R20 adalah software untuk menguji sejauh mana kehebatan prosesor dan juga GPU ketika sedang rendering objek 3D, baik itu menggunakan single-core ataupun multi-core. Bukan secepat apa prosesor atau GPU tersebut melakukan rendering, melainkan tersaji dalam bentuk score. Makin tinggi, makin cepat.

PC Mark 10 adalah software untuk menguji kehebatan prosesor, GPU, sekaligus memory. Pengujiannya sangatlah penting karena PC Mark akan menguji coba menggunakan aplikasi sehari-hari seperti gaming, editing, browsing, serta multitasking berbagai program. Semakin tinggi score, semakin cepat.

Berikut adalah hasil benchmark sintetis menggunakan Cinebench R20, PC Mark 10 dan juga 3DMark Firestrike.

Bisa dilihat melalui pengujian benchmark sintetis diatas bahwa performa secara default yang dihasilkan oleh Intel Core i7-11700K memang cukup menakjubkan. Namun disisi lain, performanya bisa "terangkat" lebih baik lagi dengan melakukan overclock, dimana hanya dengan konfigurasi yang mudah dengan Ai Overclocking, performa prosesor yang dimiliki bisa meningkat.

Baca ini juga :

» REVIEW ASUS Zenbook Duo UX482
» ASUS ROG G15 G513Q
» Review Outriders
» BenQ TH685i
» Review Monster Hunter Rise

Benchmark Gaming


Pada pengujian benchmark sintetis diatas memang tidak banyak kru KotGa tekankan. Karena kru KotGa akan lebih menekankan pengujian ini untuk memainkan game sehari-sehari. Nah, selanjutnya kru KotGa akan melakukan pengujian memainkan banyak game-game kekinian. Pasti kamu yang sekaligus gamer penasaran dong? Nih hasil performa berbagai game yang kru KotGa uji di resolusi 1440p.

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa kemampuan dari AMD Radeon RX 6900 XT memang sangat luar biasa untuk memainkan game-game dengan resolusi 1440p yang menjadi zona nyamannya para gamer. Perpaduan antara motherboard ROG Strix Z590-I serta Intel Core i7-11700K memang cukup ajib untuk memainkan game AAA.

Berbagai game AAA seperti Assassin's Creed Valhalla, Horizon Zero Dawn, Watch Dogs Legion, hingga Cyberpunk 2077 bisa dijalankan pada kisaran framerate diatas 60 FPS. Jika dilihat dari performa di atas, performa dari Intel Core i7-11700K bisa sedikit terangkat dengan melakukan overclock hanya menggunakan Ai Overclocking.

Pengujian WiFi Onboard (Intel Wi-Fi 6 AX201)


ROG Strix Z590-I juga memiliki WiFi onboard yang terbilang sangat powerful diatas kertas. Untuk itu, kru KotGa akan mencobanya sedikit. Berikut hasilnya:

ROG Strix Z590-I memiliki Intel Wi-Fi 6 AX201. WiFi onboard tersebut terbilang sangat mumpuni karena dual-band yang dimilikinya, yaitu 2.4Ghz untuk jangkauan yang lebih baik, dan 5Ghz dengan optimasi kecepatan yang lebih baik.

Hasilnya cukup memuaskan kru KotGa, dimana ISP MyRepublic yang kru KotGa gunakan berhasil dikeluarkan dengan sempurna kecepatannya, hampir mirip dengan menggunakan kabel LAN. Bagi kamu yang memang tidak mau ribet dan risih menggunakan kabel, tenang saja, ROG Strix Z590-I sudah memiliki onboard WiFi yang bisa diandalkan.

Pengujian Temperatur


Untuk temperatur atau suhu yang dimiliki Intel Core i7-11700K pada motherboard ROG Strix Z590-I juga tidak panas dan terkesan adem. Suhu ketika full load atau memainkan game masih terbilang dalam batas aman untuk penggunaan sehari-hari karena kru KotGa pribadi menggunakan pendingin yang lumayan, yaitu Cooler MasterLiquid ML360R RGB.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview