Review

REVIEW ASUS Zenbook Duo UX482

oleh: Yohanes

Halaman 4

BATTERY LIFE & FITUR


Sebelum kita masuk kebagian benchmark, mari kita lihat fitur-fitur apa aja sih yang sebenarnya melekat di laptop ini.

Laptop ini dilengkapi baterai berkapasitas 70Whrs yang cukup irit dalam penggunaan. Zenbook Duo UX482 mampu menemani pekerjaan kita dalam pemakaian standar untuk browsing dapat screen on-time sekitar 7-8 jam. Jika dipakai untuk bermain game, dapat kurang lebih sekitar 3,5 jam. Saat melakukan charging juga cukup cepat karena hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam sampai penuh dari baterai kosong dengan charger 65 watt bawaan.




Zenbook Duo UX482 ini juga sudah dibekali WiFi 6 yang punya latensi rendah, ini adalah teknologi WiFi yang paling mutakhir, yang cocok untuk area padat dengan pengguna koneksi yang banyak. Jadi meskipun yang menggunakan koneksi internetnya ramai, seperti di kantor maupun cafe, koneksi akan tetap stabil.

Pada bagian webcam, masih sama dengan versi sebelumnya yang menggunakan resolusi HD. Sudah dilengkapi dengan Infra Red sensor, atau teknologi yang juga berfungsi untuk mendeteksi wajah dan membuka kunci perangkat melalui fitur yang bernama Windows Hello. Unlock-nya juga cepat banget, saking cepatnya sampai memberikan impresi apa sebelumnya benar terkunci apa tidak.




BENCHMARK


Kru KotGa juga sudah menjalankan tes benchmark untuk mengetahui performa sesungguhnya dari Zenbook Duo UX482 ini menggunakan beberapa software seperti PC Mark10, 3DMark Fire Strike, dan Cinebench R20 dengan mode Performance, mode ini hanya bisa diakses dalam keadaan charging.




Dari segi performa benchmark sintetis, kita mendapatkan hasil yang baik tidak lepas dari peran prosesor i7 Gen 11 ini. Dari pengujian-pengujian yang Kru KotGa lakukan, laptop ini cukup baik dalam menghadirkan performa yang stabil dan konsisten, dari hal tersebut kita dapatkan kesimpulan bahwa heat management pun menjadi poin penting dalam urusan performa.

Untuk game esports, ada Valorant dengan setting High, kami mendapatkan rata-rata 121 FPS dan Dota 2 di settingan Best Looking mendapatkan rata-rata 113 FPS dengan screen render di 100%. Sedangkan, kami juga mencoba bermain game populer seperti Genshin Impact di settingan High mendapatkan rata-rata 28 FPS, jika ingin mendapatkan FPS yang lebih kamu bisa menggunakan trik menurunkan resolusi maupun konfigurasi setting.




Kemudian kami juga mencoba bermain game olahraga paling populer, PES 2021, di settingan High masih cukup playable di rata-rata sekitar 49 FPS.

Sebagai perbandingan, Kru KotGa juga sudah mencoba laptop ini untuk memainkan game AAA yaitu Horizon Zero Dawn, dan rata-rata FPS yang didapat hanya sekitar 17 FPS. Jadi bagi kamu yang memang ingin membeli laptop untuk game berat, Zenbook Duo UX482 ini bukanlah pilihan yang tepat ya.

Kru KotGa juga sudah mencoba performa render dari laptop ini dengan merender video 4K untuk menjadi penguji kemampuan render laptop canggih ini. Ini dia hasilnya.



Video resolusi 4K berdurasi 30 menit dapat dirender di Adobe Premiere dengan hanya waktu sekitar kurang lebih 10 menit.

Baca ini juga :

» Monster Hunter Stories 2: Wings of Ruin
» Sausage Man
» Legend of Mana Remastered
» Review ROG Flow X13 & XG Mobile
» Scarlet Nexus

Penggunaan aplikasi produktivitas semacam Adobe Premiere maupun Photoshop, laptop ini sudah berada di posisi lebih dari cukup. Untuk keperluan mulai dari editing ringan sampai render video 4K, semuanya dibabat habis tanpa ada kendala berarti.

Kru KotGa juga tidak lupa melakukan pengujian kecepatan WiFi 6 yang terdapat pada laptop ini, dan bisa kita lihat hasilnya dibawah.




Pada kecepatan 100Mbps untuk provider ISP MyRepublic, Intel Wi-Fi 6 AX201 bisa dibilang termasuk salah satu yang superior. Kestabilan pada frekuens WiFi 5GHz terlihat sangat jelas bahwa koneksi WiFi 6 sangat dapat diandalkan dalam urusan kecepatan upload maupun download.




Suhu pada mode performance atau saat laptop tercolok dengan power adapter, mendapatkan suhu idle sekitar 45 derajat celcius, dan ketika full load mendapatkan suhu sekitar 90 derajat celcius. Suhu pada full load terasa sangat tinggi memang, tapi suhu ini hanya akan terjadi pada saat penggunaan ekstrim seperti pada saat benchmark, di penggunaan sehari-hari akan sangat jarang mencapai suhu seperti ini.

Dari hasil benchmark diatas, kita bisa mendapatkan gambaran dari performanya, khususnya dari segi produktivitas dan juga gaming kasual.

Berdasarkan hasil play test, kita bisa lihat bahwa rata-rata game esport sudah bisa dilibas habis dengan laptop ini, akan tetapi pada beberapa judul game AAA masih harus berada di settingan low dan medium, untuk mendapatkan FPS Playable di antara 30 hingga di atas 60 FPS. Tapi tentu ini menjadi bukti, meski bukan laptop yang diperuntukkan untuk gaming, Zenbook Duo UX482 mampu menemani kamu bermain game dengan FPS yang playable.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview