Review

Review ROG FALCHION, KERIS WIRELESS, SCABBARD II

oleh: Salman Reza

Halaman 2

Konektivitas dan Fitur

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Logitech Combo Touch & Crayon
» Review Cooler Master GM27-FFS


ROG Falchion merupakan keyboard mechanical digunakan dalam mode berkabel dan nirkabel. Seperti yang dibilang barusan, lewat pake penjualan kita akan diberikan kabel USB Type-C. Kabel ini dilapisi dengan nylon braided dan punya panjang 1.8 m.





Gak usah berkabel? Gak usah khawatir. ROG Falchion juga mendukung wireless dengan menggunakan dongle 2.4Ghz dan Bluetooth yang dijamin anti delay apalagi untuk gaming. Ketika digunakan untuk sesi gaming, kru Kotga tidak menemukan delay sama sekali terutama pada saat bermain game rhythm ataupun FPS.





Bicara baterai, ROG Falchion dibekali baterai internal yang dapat kalian charge lewat kabel USB C yang telah disediakan. ASUS mengklaim jika keyboard ini punya daya tahan batre yang sangat awet yaitu dalam waktu 53 jam dalam kondisi lampu RGB menyala dan 450 jam pada kondisi lampu RGB dimatikan.

ASUS menambahkan jika keyboard juga dibekali dengan fitur quick charge yang jika kita mengisi daya pada keyboard ini selama 30 menit, keyboard ini akan punya daya tahan baterai yang awet dalam jangka waktu 32 jam.









Sama seperti produk ROG lainnya, ROG Falchion juga mendukung software Armory Crate yang dapat digunakan untuk melakukan pemetaan keyboard kalian, mengatur Touch Panel, mengecek kondisi baterai, dan juga memberikan shortcut pada tiap keys, tapi jika kalian ingin mengatur RGB keyboard ini secara full seperti mengubah pattern, mengatur lampu tiap keys, dan dan menghadirkan fitur audio ketika keyboard digunakan, kalian harus mendownload software Aura Creator.

Kustomisasi









ROG Falchion masih terhitung keyboard yang cukup mudah dalam urusan kustomisasi. Selain layout yang masih terbilang standard untuk mencari pengganti keycaps, keyboard ini didukung pula dengan bentuk stem switch yang generik sama seperti brand switch yang sudah umum, seperti Gateron, Outemu, Kailh dan lain sebagainya.

Jadi pengguna dapat mengganti keycaps keyboard ini dengan profile keycaps apa saja, entah itu SA, DSA, Cherry, OEM, XDA dan beragam profile keycaps lainnya.





Hal yang perlu diingat adalah jika keyboard ini menggunakan layout 65% ini akan menyulitkan kalian untuk mencari keycaps pengganti karena ukuran shift kanan pada keyboard ini sedikit unik berbeda dengan keyboard dengan layout yang standar. Akan disarankan untuk mencari shift dengan ukuran 1.5u apabila kalian ingin mencari keycaps shift pengganti untuk shift bagian kanan.





Perlu diingatkan juga jika ROG Falchion menggunakan standard USB Type-C detachable atau bisa dilepas yang berarti kalian dapat mengganti kabel keyboard ini dengan cable custom kalian apabila kalian punya atau kalau lagi apes kalian dapat mengganti kabel keyboard ini dengan kabel charger HP kalian.

Switch, Stabilizer dan Performa





ROG Falchion yang kami review ini menggunakan switch Cherry MX Red. Switch ini punya karakter linear yang berarti tidak adanya feedback yang dirasa ketika menekan keys. Secara spesifikasi, Cherry MX Red memiliki actuation force 45 gram dan travel distance 1.2 mm.

Kru Kotga telah melakukan beberapa tes dan melakukan test gaming kecil-kecilan apakah switch yang punya performa yang mumpuni atau tidak:

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview