Review

Review ROG FALCHION, KERIS WIRELESS, SCABBARD II

oleh: Salman Reza

Halaman 3

Hasil Test





Software: EK Switch Hitter

Software ini digunakan untuk mengukur secara angka apakah switch pada keyboard berfungsi dengan baik atau tidak. Dan juga mengecek apakah keyboard yang akan dites di bekali dengan fitur anti ghosting.

ASUS mengatakan ROG Falchion dibekali dengan fitur 100% Anti-Ghosting & N-Key Rollover. Dan mantap saja, ketika dicoba di test menggunakan software ini, kami dapat menginput 10 jari secara bersamaan, Mantap!

Typing





Untuk typing test sendiri, kami tidak menemukan masalah apapun. Keyboard sangat responsif dan tidak adanya delay ketika digunakan dalam mode berkabel atau nirkabel. Mengetik di keyboard ini cukup nyaman dan tidak akan cepat capek, didukung pula dengan keycaps berbahan PBT yang mendukung pengalaman typing menggunakan keyboard ini jauh lebih lancar.

Seperti yang bisa dilihat pada gambar, kami mendapatkan 120 WPM pada Typing Competition di 10FastFingers.

Gaming - Rhythm









Test keyboard? Tentu harus uji coba main game rhythm dong!

Kami telah mencoba bagaimana respon keyboard ini ketika dalam memainkan game rhythm tempo cepat seperti Osu! Masuk ke mode Mania 4K, kami dapat menjaga combo karena switch dari keyboard sangat responsif dan tidak perlu menekan keys terlalu dalam.

Terus bagaimana dengan Mania 7K? Tak perlu khawatir, ROG Falchion dapat melibas mode ini juga. Ketika kami memainkan beberapa lagu tempo cepat dan banyak spamming seperti Fool Moon Night dari KOXX. Keyboard ini masih mampu menekan 7 jari secara bersamaan.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» Review Logitech Combo Touch & Crayon
» Review Cooler Master GM27-FFS


Gaming - FPS





Berpindah ke game FPS, keyboard ini punya respon yang cukup cepat berkat switch Cherry MX Red yang digunakan. Sama seperti OSU Mania 4K barusan, ROG Falchion dapat melibas Valorant dengan sangat mantap.

Ketika menekan tombol W, A, S, D secara lama keyboard masih dapat merespon dan tidak memerlukan waktu yang cukup lama untuk merespon input pada saat bermain game. Kami juga telah memainkan karakter tempo cepat seperti Jett, dan hasilnya kami dapat melakukan combo skill 2 dan 3 dengan sangat cepat tanpa perlu capek untuk menekan tombol terlalu banyak.

Tambah lagi, sebagai pemain fps low dpi juga, punya keyboard dengan layout compact seperti ini merupakan benefit yang cukup baik agar ruang mouse menjadi lebih lega.

Stabilizer





Pada kelas budget keyboard gaming high-tier, ROG Falchion punya stabilizer yang sangat baik. Ketika kami melakukan test pada Stabilizer, kami jarang menemukan adanya keys yang jomplang yang membuat sesi mengetik jadi tidak nyaman. Stabilizer yang dibekali pada laptop ini juga tidak rattle, which is good!

Tapi akan sangat disarankan untuk kalian untuk melakukan lubing agar switch keyboard ini jauh lebih smooth dan mengurangi dampak dari stabilizer yang rattle tersebut.

Kesimpulan dan Harga





Overall, ROG Falchion dapat menjadi solusi kalian yang mencari keyboard compact, ringan dan mudah dibawa. Jika ingin dikustomisasi pun, keyboard ini masih cukup ok dengan layout 65% membuat pergantian keycaps menjadi cukup mudah.

Keyboard ini juga punya build quality yang cukup solid ketika diuji dengan bend test, jadi tidak perlu khawatir jika membawa keyboard ini bersama dengan laptop kalian. Tapi karena ASUS tidak menyediakan Sleeve keyboard akan lebih disarankan untuk membeli secara terpisah agar keyboard ini lebih mudah kalian bawa.

ROG Falchion juga sangat handal ketika dicoba untuk gaming dan typing. Ketika digunakan untuk sesi gaming, keyboard mechanical ini melibas beberapa game yang punya tempo cepat. Mengetik di keyboard ini juga cukup nyaman, walaupun tidak dibekali dengan stand dengan berbagai sudut, masih bisa ditoleransi dengan adanya cover keyboard bawaan ASUS ROG.

Bicara harga, ROG Falchion saat ini dibanderol dengan harga Rp 2.199.000 dan dapat kalian beli di toko atau e-commerce kesayangan anda. Dengan harga tersebut kalian sudah dapat opsi terbaik untuk kalian yang mencari mechanical kelas high-end dari brand ternama seperti ASUS ROG.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview