Review

Review ROG Flow X13 & XG Mobile

oleh: Yohanes

Halaman 2

DESAIN







Serigala berbulu domba, ROG Flow X13 merupakan laptop gaming yang punya spesifikasi kelas atas, tapi punya tampilan yang minimalis. Desain yang low-profile dengan warna yang gelap, mengisyaratkan bahwa ini laptop produktifitas.

Akan tetapi, penampilannya yang mengecoh akan membuat kita tidak menyangka bahwa ia punya performa kelas wahid.




Bisa dibilang sebagai kompetitor ultrabook, laptop gaming ini punya berat yang sangat-sangat ringan, yaitu 1,3 kg saja, dengan ketebalan 16 mm.




Walaupun tipis dan ringan, build quality-nya sangat solid karena body-nya dibuat dari material magnesium. Kami pun tidak menemukan adanya flex pada bagian keyboard dan juga monitor. Dan yang gak kalah penting, laptop ini bisa dibuka dengan 1 tangan.




Laptop ini punya engsel 360 derajat atau convertible lho, yang berarti kita bisa menggunakan laptop ini seperti tablet ataupun bisa dilipat, nah yang paling keren laptop ini bisa seperti tenda, jadi kalau kalian mau main game dengan gamepad, akan jauh terasa lebih asik.





ROG Flow X13 dibekali chiclet keyboard standar laptop dengan layout tenkeyless. Meski ukurannya kecil, tapi penempatan setiap key pada keyboard ini sudah sangat bagus. Ketika digunakan mengetik, rasanya lebih akurat, sehingga kami jarang melakukan typo.

Baca ini juga :

» realme GT Master Edition
» Scarlet Nexus
» Review Final Fantasy VII Remake Intergrade
» Judgment Remastered
» REVIEW ASUS Zenbook Duo UX482



Tapi mungkin kami harus sedikit melakukan pembiasaan dengan arrow keys yang cukup kecil. Keyboard laptop ini juga bisa diajak gaming lho karena sudah mendukung fitur n-key rollover yang dapat meregistrasi beberapa tombol yang ditekan sekaligus dalam waktu bersamaan. Nah ini bakalan penting banget nih untuk para rhythm dan fps gamer.

Yang cukup disayangkan adalah ROG FLOW X13 tidak dibekali dengan iluminasi keyboard RGB, namun laptop ini dibekali backlight warna putih dengan tiga pengaturan tingkat kecerahan.





Ukuran layout keyboard yang tetap besar menjadikan posisi touchpad sedikit tergerus. Kami harus cukup puas hanya dengan ukuran 10 x 6 cm. Akan tetapi, kemampuan input yang baik dan presisi membuat touchpad nya tetap nyaman dipakai untuk menggantikan fungsi mouse.

PORTS




Layaknya ultrabook, problema ASUS ROG Flow X13 juga terdapat pada sektor kelengkapan port yang minim.

Port yang tersedia pada laptop ini adalah:




Di sisi kiri ada 1x HDMI 2.0b, Port audio jack 3.5 mm, dan port untuk mencolokan E-GPU ROG XG yang terdapat 1x USB Type-C di dalamnya.





Di sisi kanan ada juga USB Type-A serta USB Type-C yang sudah mendukung output displayport dan juga power delivery.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview