Review

ROG Zephyrus M16

oleh: Yohanes

Halaman 3

FITUR




Pada sektor layar, ini adalah salah satu hal yang paling menarik dari ROG Zephyrus M16, dimana dengan ukuran laptop yang ringkas, tapi dapat disematkan layar dengan ukuran 16 inci yang ber-aspek rasio 16:10.

Hal ini menjadikan screen to body ratio yang sangat besar, hingga 94%, impresi yang pertama kali Kru KotGa dapatkan saat pertama kali membuka laptop ini adalah ini laptop isinya layar semua. Dagu yang biasanya tebal pun untuk laptop ini terkesan hilang sama sekali.





Baca ini juga :

» Review Motherboard ROG Strix Z690-E Gaming WiFi
» Review Asus ROG Swift PG32UQ
» Review ROG Zephyrus G14 AW SE
» ROG Strix G15 Advantage Edition
» ROG Phone 5 Ultimate

Panel yang digunakan ialah IPS-Level dengan laminasi anti-glare, beresolusi 2560x1600p atau bisa dibilang Quad HD. Selain itu, layar laptop ini punya refresh rate 165Hz, respons time 3ms dan juga sudah mendukung adaptive sync.

Kerapatan piksel terbilang sangat tinggi, dengan bentang layar 16 inci tapi dengan resolusi besar, menjadikan gambar terlihat sangat crispy.

Dengan 99% sRGB dan 100% DCI-P3 pada kecerahan 448 nits. Urusan warna memang terasa sangat vibrant, memang dengan mata telanjang terasa bahwa panel yang digunakan bukan panel kaleng-kaleng.

Seperti produk-produk ROG yang sudah-sudah, Zephyrus M16 juga telah mendukung konektivitas Wifi 6 untuk akses online yang lebih cepat, dan juga tentunya sudah sepaket dengan Bluetooth 5.2.



Mirip dengan laptop-laptop ROG lainnya, sudah dilengkapi dengan 6 speaker dengan konfigurasi 2x tweeter, dan 4x woofer dengan Smart Amp Technology, yang juga telah didukung oleh Dolby Atmos, jadi suaranya sudah cukup bulat dan terasa baik separasinya.

Yang paling menarik dari teknologi audionya ialah two way AI noise cancelling, dimana fitur ini akan bekerja dengan perangkat input maupun output untuk meminimalisir noise secara real time.

ROG Zephyrus M16 juga sudah mendukung software Armoury Crate. Melalui software ini, kami bisa melihat kondisi PC, mengubah pengaturan mode performa di laptop, membuat profile settingan sesuai selera, dan juga tentunya mengkonfigurasi RGB lewat fitur Aura Sync.

Menariknya, laptop ini akan secara otomatis menjadikan refresh rate layar dari 165Hz ke 60Hz setiap kali tidak tercolok dengan listrik atau battery mode, hal ini dapat kamu lihat di Armoury Crate.



ROG Zephyrus M16 juga sudah dibekali dengan webcam bawaan dengan resolusi 720p.

Ketika dicoba, webcam punya performa yang sudah cukup baik untuk sekedar meeting online. Tambah lagi, webcam ini juga sudah mendukung Windows Hello untuk fitur keamanan extra.

Laptop gaming memang lekat dengan performa yang kencang, dan performa yang kencang pastinya akan membutuhkan pendinginan ekstra untuk menanggulangi panas yang dihasilkan oleh jeroannya.

ROG Zephyrus M16 punya sistem pendingin yang dapat membuat kipas laptop tetap senyap, tapi punya kinerja yang efisien. Selain dari 6 buah heatpipes, laptop ini juga menggunakan kipas Arc Flow, yang telah mendukung fitur self-cleaning cooling 2.0, dan juga dibekali dengan liquid metal dari thermal grizzly.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview