Review

Review Cooler Master CK350, MM711, MH650

oleh: Yohanes

Halaman 1

Kegiatan gaming di PC maupun laptop tentu rasanya akan semakin mantap dengan adanya peralatan yang mendukung, gaming peripherals seperti sebuah kebutuhan utama jika gamers ingin nyaman dalam menghabiskan waktu lama-lama di depan komputer. Opsi gaming gear pun semakin banyak, terbagi mulai dari fitur yang dimiliki, aksesoris yang lengkap, dan varian harga yang sesuai dengan kantong kalian.




Tapi kalo kalian ingin memiliki gaming peripherals yang seragam untuk dijadikan tema, punya desain yang cakep banget, dan harga yang masih masuk di kantong tapi dengan kualitas kelas atas. Nah! Kali ini, Kru Kotga punya rekomendasi gaming gear dari Cooler Master yang terdiri dari mouse, keyboard dan juga headset.

Baca ini juga :

» Review ROG FALCHION, KERIS WIRELESS, SCABBARD II
» Mungil, Kuat, Cantik! Review Gaming Mechanical Keyboard Razer Huntsman Mini
» ASUS ROG Strix Scope PBT
» Gamdias Hermes P3 RGB
» Logitech G903


Penasaran gimana reviewnya? Langsung saja cekidot!

MECHANICAL KEYBOARD COOLER MASTER CK350







Item pertama kita ada mechanical keyboard dari Cooler Master yaitu CK350.

Paket Penjualan





Ketika di unboxing, CK350 memiliki paket yang standar untuk keyboard mekanikal, yaitu unit keyboardnya sendiri, sebuah keycaps puller, dan quick start guide. Tidak terlalu spesial jika kita menilik apa yang diberikan, sangat wajar jika kita kembali mengingat ini adalah sebuah keyboard budget dari Cooler Master.

Desain, Layout, Build Quality





Keyboard CK350 ini memiliki layout full-size, alias lengkap dengan numpad dan juga F keys, dimana layout ini adalah layout keyboard paling populer mengingat fungsionalnya yang jauh lebih baik dan lengkap dibanding layout lainnya.

Build quality tentulah adalah yang terlihat paling menonjol, dimana Cooler Master memanglah bukan brand kemarin sore untuk urusan gaming peripherals. Dengan finishing brushed alumunium, dengan warna yang dinamakan smoky gunmetal tentunya tampilannya yang terlihat clean dan minimalis terpancar membalut keseluruhan keyboard ini.




Keycaps yang dibawa oleh keyboard ini adalah ABD double injection, yang memang sudah cukup baik untuk ketahanannya di price range yang dibawa oleh keyboard ini. Tersedia juga feet untuk menaikan sudut pengetikan yang lebih baik, lengkap dengan rubber pada bagian alasnya agar keyboard tidak mudah berpindah tempat.

Konektivitas dan Fitur





Cooler Master CK350 merupakan keyboard mechanical yang hanya bisa digunakan dalam mode berkabel alias wired only.




Dengan kabel yang bersifat non-detachable, alias memang tidak bisa dilepas, dengan kabel yang juga belum braided, akan tetapi dengan kualitas kabel yang sudah cukup baik.




Urusan cable management juga dipikirkan dengan baik oleh Cooler Master, dengan tiga jalur tergantung dengan kebutuhan maupun setup pengguna.

Kustomisasi





Cooler Master CK350 adalah keyboard yang  kurang fleksibel dalam urusan kustomisasi. Dimana dengan switch Outemu yang dibawanya yang bukan berjenis hotswap, akan sulit untuk urusan gonta-ganti switch, CK350 cocok untuk kamu yang suka keyboard bawaan pabrikan siap pakai yang sudah tidak perlu dibongkar-bongkar lagi. Karena memang banyak jenis pengguna yang tidak suka modifikasi keyboard.

Kustomisasi yang termudah yang dapat kamu lakukan hanyalah mengganti keycaps yang memang sudah sangat generik dan mudah dicari. Mengingat keyboard ini adalah keyboard full-size, keycaps yang masuk juga tergolong leluasa, jadi pengguna dapat mengganti keycaps keyboard ini dengan profile keycaps apa saja, entah itu SA, DSA, Cherry, OEM, XDA dan beragam profile keycaps lainnya.

Switch, Stabilizer dan Performa





Cooler Master CK350 yang kami review ini menggunakan switch Outemu Brown Switch yang memang dikenal sebagai clone dari Cherry MX. Switch ini punya karakter tactile, secara spesifikasi, Outemu Brown memiliki actuation force 55 gram dan travel distance 4 mm.

Kru Kotga telah melakukan beberapa tes dan melakukan test gaming kecil-kecilan apakah switch yang punya performa yang mumpuni atau tidak.

Hasil Test





Software ini digunakan untuk mengukur secara angka apakah switch pada keyboard berfungsi dengan baik atau tidak, dan juga mengecek apakah keyboard yang akan dites di bekali dengan fitur anti ghosting.

Cooler Master CK350 ketika dicoba di test menggunakan software ini, kami dapat menginput 10 jari secara bersamaan, tanpa adanya ghosting sama sekali.

Kesimpulan dan Harga





Overall, Cooler Master CK350 dapat menjadi solusi kalian yang mencari keyboard budget, full-size, dan memiliki RGB lighting. Keyboard ini juga punya build quality yang cukup solid ketika dipakai, CK350 adalah jenis keyboard yang cukup baik untuk keperluan gaming maupun typing.

Bicara harga, Cooler Master CK350 saat ini dibanderol dengan harga Rp 850.000 dan dapat kalian beli di toko atau e-commerce kesayangan anda. Dengan harga yang bersaing dengan banyak brand lokal, tentunya ini adalah price-range yang jelas memiliki banyak opsi pesaing, akan tetapi nama besar brand Cooler Master dan garansi yang mudah untuk diakses, tentunya akan jadi pertimbangan yang cukup kuat untuk kamu yang menginginkan keyboard ini.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview