Review

Review Asus VivoBook Pro 14X OLED

oleh: Yohanes

Halaman 3

FITUR




Sektor layar adalah poin paling penting dalam VivoBook edisi kali ini, yang jika dilihat dari namanya saja, jelas terpampang penggunaan kata OLED yang merupakan jenis panel yang digunakan.





Baca ini juga :

» Review Acer Predator Helios 300 (2022)
» Review ASUS Vivobook 13 Slate OLED
» Review ROG Strix G35CG
» Review ASUS TUF Gaming A15 2022
» Review ROG Flow Z13 GZ301ZE

Panel OLED adalah jenis panel kelas atas yang memiliki keakuratan warna dan kontras yang tinggi, yang biasanya dijadikan tolak ukur adalah hitam pada panel OLED terlihat benar-benar hitam. Hal ini dapat dicapai karena tiap dot pixelnya dapat mematikan diri setiap kali menampilkan warna hitam secara individual, sehingga selain warna yang benar-benar pekat, konsumsi listrik pun akan lebih irit.

Akurasi warnanya mencapai 100% DCI-P3, 133% sRGB, dan juga lengkap dengan sertifikasi Pantone Validated. Tingkat kecerahan mencapai 600 nits pada peaknya, yang juga sudah didukung dengan HDR tentunya.



Kerapatan piksel terbilang sangat tinggi, dengan bentang layar 14, inci dan resolusi 2880x1800 atau 2,8K sehingga gambar yang disajikan terasa sangat crispy. Aspek rasio juga sudah sangat kekinian yaitu 16:10. Terasa memang Content Creator adalah sasaran utama laptop ini dimana level profesional sekalipun sudah sangat terakomodir dengan panel yang digunakan.

Ketika jenuh bekerja dan ingin sesekali gaming pun tetap bisa diakomodir dengan laptop ini, karena dengan refresh rate 90Hz dan response time 0,2ms juga menjadi sudut kuat dalam pengalaman bermain game. Bahkan untuk ukuran laptop gaming sekalipun, response time yang ditawarkan laptop ini terhitung sangat superior.



Tampilan bezel pada laptop ini memang sudah tipis, tapi ada penebalan di atas dan bawah, ini adalah konsekuensi dari hadirnya webcam pada laptop ini, terlebih webcamnya sudah menyertakan penutup fisik untuk kamu yang parno akan posibilitas webcam diakses peretas secara virtual. Konektivitas WiFi 6 yang sepaket dengan Bluetooth 5.1 juga sudah disertakan untuk koneksi nirkabel yang responsif dan bisa diandalkan.



Webcamnya dapat merekam di resolusi HD atau 720p 30 FPS. Seperti ini hasil fotonya:



Konektivitas WiFi 6 yang sepaket dengan Bluetooth 5.1 juga sudah disertakan untuk koneksi nirkabel yang responsif dan bisa diandalkan.



Urusan audio laptop ini sudah dilengkapi stereo speaker dengan konfigurasi 2x4 Watt bottom firing yang di-tuning oleh Harman Kardon. Tapi pengalaman mendengarkan audio yang dihasilkan cukup bikin kaget, karena awalnya kami tidak ber-ekspektasi terlalu tinggi, tapi ternyata setelah dicoba wah ini sih masuk ke kategori bagus banget, makin-makin bikin kerasa 'menang banyak' kalau bisa meminang laptop yang satu ini.



VivoBook Pro 14X OLED didukung oleh software Pro Art Creator Hub dimana ini adalah software yang memiliki fungsi mirip dengan Armoury Crate pada lini gaming ASUS, tapi ini versi Creator Series-nya. Kamu bisa melihat kondisi PC, mengubah pengaturan mode performa di laptop, dan membuat profile settingan sesuai selera.



Kerennya lagi, aplikasi ini telah memiliki fitur Color calibration secara digital dimana untuk kamu yang ga yakin akan warna seiringnya waktu berlalu, dapat menjadikan fitur ini untuk tetap yakin bahwa warnanya masih akurat.



Untuk urusan pendinginan, laptop ini dilengkapi dengan Dual-Fan cooling system dengan teknologi IceCool Plus yang menurut pengalaman Kru KotGa dapat bekerja secara efektif tanpa suara yang bising, hanya akan lumayan terdengar ketika melakukan pekerjaan berat yang mengharuskan jeroannya bekerja full-load.Tempat pembuangan udara panas melewati jalur bawah laptop ini yang memiliki desain karet untul meng-elevasi laptop dalam membuat ruang bernafas.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview