Review

Review Asus RT-AX82U

oleh: Yohanes

Halaman 3

Fitur Gaming Yang Melimpah


Seperti yang kru KotGa sebut pada halaman sebelumnya, router ASUS RT-AX82U memiliki berbagai fitur menarik yang bakal berguna banget untuk menunjang aktivitas para gamer dan meningkatkan pengalaman bermain game yang terbaik. Apa saja fitur tersebut, berikut berbagai fitur menarik pada router ASUS RT-AX82U.

WiFi 6 yang Ngebut dan Kekinian!



Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:





Teknologi telah membawa kita ke generasi keenam ini yang mampu menghasilkan throughput tinggi lebih tinggi dari generasi sebelumnya hingga 40% serta jangkauan sinyal serta bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna sekaligus. Lantas, apa untungnya? Gampangnya, bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps keatas misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan WiFi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN.

Saat ini, standarisasi di dunia sudah mulai beralih ke generasi keenam, yaitu 802.11ax. Berbagai perangkat gaming juga sudah mulai mengadaptasinya seperti smartphone, laptop, motherboard, hingga konsol seperti PlayStation 5. Tentu Asus RT-AX82U akan mengakomodir kebutuhan gamer akan WiFi 6.

Dual-band


Asus RT-AX82U hadir dengan berbagai spesifikasi mumpuni seperti dukungan bandwith hingga 160 MHz dengan teknologi OFDMA dan MU-MIMO dengan kapasitas dan efisiensi WiFi yang sangat mumpuni. OFDMA dan MU-MIMO akan mempercepat proses download sesuai dengan kecepatan ISP yang kamu pakai, dan tentu akan berakibat pada rendahnya ping dalam bermain game, sehingga pengalaman bermain game akan jauh lebih baik meskipun pengguna WiFi bukan hanya kamu. Selain itu, sekedar informasi untuk kamu kalau penamaan "AX5400" adalah maksimal kecepatan yang bisa dicapai oleh router ini.

Open NAT






Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV


Bagi kamu para gamer yang sering memainkan game online, apalagi yang suka mabar bersama teman atau gamer lainnya, pasti pernah mengalami masalah menjengkelkan. Yaitu, ketika internet sangat stabil tetapi tidak bisa join bareng dengan pemain lainnya. Hal tersebut bukan karena internet, ataupun server dari game tersebut. Melainkan router "melindungi" dirinya untuk tidak berkomunikasi atau berhubungan dengan internet lainnya.

Biasanya pengguna konsol yang sering mengalami, mereka sering kedapatan tipe NAT B, C, atau bahkan D. Namun tenang saja, dengan menggunakan router ASUS RT-AX82U, dengan sekali klik dan pengaturan yang mudah melalui fitur Open NAT, para gamer tidak perlu khawatir ketika ingin mabar dengan gamer lainnya.

AiMesh




Layaknya router ASUS pada umumnya, ASUS RT-AX82U mendukung fitur AiMesh. Fitur tersebut memungkinkan menggabungkan beberapa router ASUS menjadi sebuah mesh network dimana jangkauan sinyal WiFi menjadi lebih luas dan optimal. Tanpa perlu adanya penambahan jaringan internet ataupun kabel LAN. Hanya perlu meletakkan router di tempat yang diinginkan dan menyalakannya. Ini sangat berguna bagi gedung, atau rumah yang luas dengan dua lantai.

Game Boost


ASUS RT-AX82U juga bisa memprioritaskan bandwidth untuk digunakan sesuai keinginan para penggunanya. Misalnya, kamu bisa mengatur router ini untuk berfokus pada gaming, browsing atau streaming. Hanya dengan sekali klik melalui fitur Game Boost, router akan langsung memprioritaskan internet untuk bermain game.

Mobile Gaming Mode




Berbeda dengan PC atau konsol, smartphone tentu tidak memiliki port LAN agar bermain game lebih lancar. Tapi tenang saja, ASUS RT-AX82U memiliki fitur yang disebut Mobile Gaming Mode. Fitur tersebut memungkinkan si router bisa mengurangi ping atau latency saat ada pengguna yang menggunakan smartphone untuk bermain game.

ASUS Router App




Selain hadirnya halaman konfigurasi di web seperti router pada umumnya, ASUS RT-AX82U juga memiliki aplikasi via smartphone untuk mengatur berbagai hal, aplikasi tersebut adalah ASUS Router App. Instalasi pertama kali untuk setting router juga dapat diakomodir via aplikasi Asus Router App ini, dan kita  juga bisa mengatur fitur seperti AiProtection, AiMesh, Game Boost, Open NAT, Aura RGB, serta berbagai konfigurasi seperti WiFi, LAN, hingga Firmware Update juga bisa dilakukan di aplikasi tersebut.

Namun, jika para pengguna bingung, melalui aplikasi ini juga terdapat quick profile yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan seperti gaming atau streaming. Ini menjadi nilai lebih karena para pengguna tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan konfigurasi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Hanya sekali klik, semua konfigurasi akan berubah dalam sekejap.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview