Review

Review Uncharted: Legacy of Thieves Collection

oleh: Christa

Halaman 2

Gameplay yang Tidak Mengalami Perubahan




Uncharted: Legacy of Thieves Collection bukanlah seri terbaru Uncharted, melainkan sebagai versi remastered dari seri keempat dan DLC The Lost Legacy. Sehingga dari segi gameplay tentunya tidak mengalami perubahan besar. Pertama, kami akan membahas mekanisme Uncharted 4: A Thief’s End buat yang belum pernah memainkannya. Seri keempat dari waralaba Uncharted masih kental akan segala macam aksi, unsur platform, dan puzzle tentunya. Bisa dikatakan gameplay yang ditawarkan tergolong bervariasi, dan bahkan hampir tidak bernapas rasanya di sepanjang permainan.

Baca ini juga :

» Rise of the Ronin - Review
» Lebih Realistis, Lebih Imersif, tapi Apakah Lebih Baik? - Counter-Strike 2 Review
» EA Sports FC 24
» Persona 5 Royal PC Ver
» FIFA 23



Di awal permainan, pemain akan kembali mengontrol protagonis kesayangan di seri Uncharted, Nathan Drake bersama rekannya, Sam yang tengah berlabuh di tengah lautan. Tidak hanya di darat, pemain dapat bertualang dan beraksi di samudera seperti mengendarai kapal, menghindari hambatan-hambatan yang mengganggu di tengah perjalanan, melakukan aksi baku tembak, hingga menyelam. Setelah itu, barulah beralih ke masa lalu Nathan bersama Sam. Di sinilah aksi rasa platform pemain ditantang seperti melompat dari berbagai platform ke platform lain, menggunakan grappling hook (sebelumnya dianggap menjadi fitur baru di seri keempat), hingga memanjat dinding. Buat pemain yang terbiasa memainkan game platform atau genre action-adventure lainnya, mekanisme seperti ini justru bukan menjadi penghalang.




Dari segi aksi, Uncharted 4: A Thief’s End dalam Uncharted: Legacy of Thieves Collection berhasil memaksimalkan fitur stealth dan cover yang cukup baik. Apalagi mengingat AI musuh maupun karakter support adalah hal yang paling kami acungi jempol, karena responnya yang tergolong cerdas dan dinamis saat berada di dekat Nathan. Ketika musuh menyerbu, Nathan mampu menjalankan aksinya dengan bersembunyi sambil mengendap-endap di tempat-tempat yang tidak hanya di balik objek besar, melainkan di balik semak-semak. Sementara Covering memungkinkan Nathan berlindung dari serangan musuh melalui environment di sekitarnya. Menariknya, ketika berada di tengah aksi, pemain juga bisa memanfaatkan jenis kendaraan-kendaraan yang terhubung dengan gameplay. Sehingga bukan sekadar untuk dikendarai saja.




Tidak ketinggalan, Naughty Dog kembali mempertahankan elemen puzzle yang menjadi keunikan di dalam game. Pemain masih diminta untuk memutar otak dalam menyelesaikan berbagai persoalan. Sebut saja seperti membaca simbol-simbol di lokasi yang berkaitan dengan isi dalam sepucuk surat maupun catatan, memasangkan gambar, memutar simbol, dan masih banyak lagi. Namun pemain tampaknya tidak perlu khawatir, karena tingkat kesulitan puzzle yang ditawarkan tergolong mudah untuk diselesaikan dan tidak membutuhkan pemikiran yang terlalu rumit.




Berikutnya, kami akan membahas gameplay dari Uncharted: The Lost Legacy, yang merupakan ekspansi standalone dari seri Uncharted. Bukan Nathan yang akan dikontrol pemain di sepanjang game ini, melainkan dua protagonis perempuan bernama Chloe Frazer dan Nadine Ross. Dari segi waktu permainan, game ini tidak selama seri-seri lainnya. Bahkan Naughty Dog pernah mengklaim sebelumnya saat peluncuran perdana, bahwa The Lost Legacy bisa diselesaikan kurang dari 10 jam. Meskipun berbeda karakter bukan berarti mekanismenya juga berbeda. Dari segi gameplay, The Lost Legacy dalam Uncharted: Legacy of Thieves Collection masih terlihat serupa. Bahkan juga tidak begitu banyak perubahan dari seri-seri Uncharted pada umumnya.




Mengusung perspektif third-person, Chloe dapat melakukan berbagai aksi yang sama dengan Nathan di sepanjang permainan. Mulai dari melompat dari platform ke platform lain ibarat parkour, memanjat dinding layaknya Spider-Man, hingga menangkis serangan para musuh yang siap menghadang rencana Chloe dan Nadine. Salah satu hal yang patut kami acungi jempol adalah eksplorasinya yang luas, dan menampilkan berbagai platform untuk beraksi hingga ke tempat tujuan. Sama seperti Uncharted 4: A Thief’s End, The Lost Legacy menghadirkan puzzle.




Adapun beberapa keunikan lain yang dimiliki oleh Chloe yang bisa dibilang cukup berbeda dengan Nathan. Salah satunya adalah kemampuan lockpick, yang memungkinkan Chloe untuk membuka peti maupun pintu dengan komponen tertentu tanpa kunci. Aksi ini tentunya memudahkan pemain untuk mendapatkan berbagai macam item menarik seperti senjata keren yang kuat hingga artifak yang bisa dikumpulkan. Selain kemampuan lockpick, Chloe juga mampu memanfaatkan ponselnya untuk menyimpan momen-momen berharga dan lanskap panorama menarik.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview