Review

Review ASUS TUF VG259QR

oleh: Yohanes

Halaman 3

PANEL IPS TAPI KENCANG





ASUS TUF VG259QR memiliki spesifikasi yang memang diperuntukkan untuk para gamer. Akan tetapi monitor ini bukan cuma sekedar memiliki spesifikasi kelas atas diatas kertas, tapi juga kaya dengan fitur-fitur pendukung jika kamu memanglah bukan orang yang hanya akan bermain game sepanjang waktu.

Secara singkat, ASUS TUF VG259QR memiliki kecerahan layar 300 nits, resolusi FHD atau 1080p yang berpanel IPS yang menghasilkan warna dan juga wide-viewing angle yang memang lebih baik dari panel VA maupun TN. Khususnya di price range produk ini, penggunaan panel VA ber-refresh rate tinggi pun masih cukup dimaklumi, tapi kali ini ASUS TUF sudah menghadirkan panel IPS.

Monitor ini memang peruntukkan utamanya ialah gaming, hal tersebut tentunya bukan tanpa alasan. Monitor ini memiliki 1Ms MPRT response time dan refresh rate tinggi hingga 165Hz yang telah support teknologi G-sync Compatible, dan masih ditambahin sama ASUS dengan ELMB sync yang jadi combo bagi kamu gamer kompetitif, apalagi jika kamu adalah seorang gamer dalam genre First Person Shooting atau MOBA.







Oiya, untuk mendapatkan kemampuan refresh rate 165Hznya harus menggunakan kabel DisplayPort, karena HDMI 1.4 hanya mentok di 144Hz saja.

ON-SCREEN DISPLAY DAN FITUR





Sebagai Monitor Gaming, ASUS TUF tidak hanya bermodalkan panel kencang saja pada monitor ini, ASUS juga menyediakan segudang fitur pendukung dari segi software. Misalnya GamePlus, yaitu software bawaan yang dapat kamu akses dari On-Screen Display langsung.

Baca ini juga :

» Cooler Master MasterLiquid ML240 Illusion
» ASUS ROG Strix Z790-I Gaming WiFi
» ASUS ExpertBook B3 Detachable B3000
» MSI Stealth GS66 & MSI Raider GE66
» Review Acer Nitro 5 AN515-58 2022


GamePlus ini berisikan 5 fitur penting yang bisa memaksimalkan pengalaman bermain game, yang terdiri dari Sniper Mode untuk window yang lebih terzoom untuk melatih aim kamu, Crosshair yang memanglah seperti fitur wajib untuk monitor gaming, karena mungkin saja beberapa game ada yang tidak menyertakan Crosshair.

Timer, sebuah fitur yang menarik untuk kamu yang memanglah suka lupa waktu, dimana fitur ini sudah dilengkapi countdown. Yang keempat ialah FPS counter, dimana ini hanya akan aktif ketika Adaptive Sync dalam keadaan menyala, dan yang terakhir adalah Display Alignment yang akan sangat membantu untuk menyelaraskan penggunaan jika kamu ingin menggunakan monitor lebih dari satu.





Game Visual adalah salah satu fitur bawaan dimana kamu disediakan 7 preset mode display yang dapat kamu pilih-pilih jika memang warna yang kamu mau belum terasa sesuai untuk game-game tertentu maupun film yang sedang kamu tonton. 7 preset warna tersebut ialah FPS Mode, RPG Mode, sRGB Mode, MOBA Mode, Racing Mode, Cinema Mode dan yang terakhir Scenery Mode.










Timer, sebuah fitur yang menarik untuk kamu yang memanglah suka lupa waktu, dimana fitur ini sudah dilengkapi countdown. Yang keempat ialah FPS counter, dimana ini hanya akan aktif ketika Adaptive Sync dalam keadaan menyala, dan yang terakhir adalah Display Alignment yang akan sangat membantu untuk menyelaraskan penggunaan jika kamu ingin menggunakan monitor lebih dari satu.

ELMB







Selanjutnya ada ELMB atau Extreme Low Motion Blur  yang secara teori adalah teknologi yang mirip dengan teknologi dari Nvidia yaitu Ultra-Low Motion Blur yaitu teknologi yang memungkinkan diaktifkannya teknologi motion blur dan adaptive-sync secara bersamaan, sehingga menghilangkan ghosting dan tearing guna memastikan visual yang sangat tajam pada frame rate yang tinggi saat bermain game. Karena memang monitor ini sudah dapat bekerja dengan adaptive sync dari Nvidia G-Sync maupun Radeon Freesync premium.

Dynamic Shadow Boost


Dynamic Shadow Boost juga hadir pada monitor ini, memanfaatkan kemampuan Dynamic Range dan kecerahan 300 nits untuk lebih mudah bagi pengguna melihat objek dan musuh di area yang lebih gelap. Fitur ini sudah disetel secara pabrikan dan tidak memengaruhi keseimbangan warna area lain.

ELMB sync atau Extreme Low Motion Blur adalah fitur unggulan dari ASUS untuk PG32UQ ini, dimana ini adalah teknologi yang mirip dengan teknologi dari Nvidia yaitu Ultra-Low Motion Blur yaitu teknologi yang memungkinkan diaktifkannya teknologi motion blur dan adaptive-sync secara bersamaan, sehingga menghilangkan ghosting dan tearing guna memastikan visual yang sangat tajam pada frame rate yang tinggi saat bermain game. Karena memang monitor ini sudah dapat bekerja dengan adaptive sync dari Nvidia G-Sync maupun Radeon Freesync.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview