Review

Review BenQ X3000i

oleh: Yohanes

Halaman 3

DISPLAY SUPERIOR


Proyektor ini mendukung tampilan resolusi hingga 4K di 60Hz, jika ingin mendapatkan refresh rate lebih kencang, untuk kebutuhan game-game bertempo cepat, kamu bisa menggunakan resolusi 1080p yang mendukung hingga 240Hz. Ukuran proyeksi maksimal yang bisa kamu dapatkan untuk tetap menjaga fokus adalah 150 inci, dengan jarak 3,8 meter dari proyektor, dengan kecerahan 3000 lumens, tentu ini nikmat banget untuk dipakai di ruangan besar sekalipun.




BenQ X3000i ini didesain untuk gaming, meski masih terasa asing, khususnya untuk orang Indonesia tentang konsep gaming menggunakan proyektor, tapi tampaknya ini akan semakin populer di masa depan. Tentu ada perbedaan mendasar mengapa selama ini, proyektor bukanlah menjadi media utama untuk bermain game, dan alasan terbesarnya ialah input lag. 

Input lag bisa dibilang sebagai latensi, yaitu waktu yang berlalu antara perintah yang kita input ke dalam antarmuka sistem operasi atau game hingga display berhasil menyajikan output perintah kita. Input lag proyektor biasanya cukup lama hingga terasa begitu jelas di penggunaan sehari-hari, sehingga bermain game dalam jangka waktu yang lama menggunakan proyektor biasa akan menimbulkan efek pusing dan lelah pada mata, dan tentu performa bermain game akan tidak maksimal.

Tapi hal ini tentu hanya berlaku ke proyektor biasa, tidak terhadap proyektor gaming dari BenQ ini, dengan input lag pada fast mode 16 ms pada resolusi 4K 60Hz, 8ms 1080p 120Hz, dan 4 ms 1080p 240Hz yang bisa dibilang ini adalah input lag paling kecil untuk proyektor yang ada di pasaran saat ini.




Makin dibuat terasa overkill untuk kebutuhan sehari-hari, kualitas akurasi warna dari hasil proyeksinya hingga 100% DCI-P3, jadi bahkan kamu bisa saja memakai proyektor ini untuk kebutuhan profesional semacam editing maupun mendesain, karena memang kualitas produksi warnanya sebagus itu.

Proyektor ini juga sudah support HDR 10, untuk kebutuhan entertainment sih, ini bagian yang paling bikin Kru KotGa terkagum-kagum, saat menikmati hiburan seperti film kualitas gambarnya sudah sulit dibedakan bahwa ini hasil proyeksi, bukan TV besar.






Oiya proyektor ini adalah proyektor 4K dengan 4 LED pertama di dunia, tidak seperti proyektor berbasis 3 LED tradisional, X3000i menggunakan sumber cahaya dari 4LED yaitu RGBB atau Red Green Blue Blue, jadi BenQ menambah satu lagi LED Biru yang meningkatkan kecerahan, memiliki pencahayaan kromatik yang lebih tinggi, dan memperpanjang masa pakai produk.

Baca ini juga :

» Review ASUS TUF VG259QR
» Monitor Gaming Imersif? Kita Test Beneran Apa Ngga! Review BenQ EX3210U
» BenQ MOBIUZ EX3415R Ultrawide Curved Gaming
» ROG Strix G15 Advantage Edition
» BenQ Mobiuz EX2701S


Juga sudah dilengkapi dengan tiga Mode Game preset audio-visual eksklusif yaitu:

  • Yang pertama ada RPG yang memiliki sifat gambar sinematik yang realistis yang dikombinasikan bersama dengan suara surround seperti di bioskop.
  • Yang kedua ada SPG yang memiliki sifat warna seasli mungkin dengan vokal jernih yang ditujukan untuk mereproduksi gambar realis seakan permainan yang diadakan di arena dan suara siaran yang terdengar seolah-olah pemain sedang berada di arena tersebut.
  • Yang ketiga ada FPS yang memiliki sifat detail yang di-boost ditambah dengan efek surround dengan maksud meningkatkan detail dalam adegan gelap ditambah dengan suara langkah kaki dan tembakan dengan lebih jelas, memungkinkan gamer untuk dengan mudah menemukan petunjuk dalam permainan yang serba cepat.




Pada remote controlnya, kita mendapatkan berbagai macam tombol akses ke proyektornya, maupun ke android TV jadi kita hanya memerlukan satu remote saja untuk mengatur hardware maupun softwarenya. Remotenya didesain minimalis, senada dengan desain proyektornya, dan dilengkapi dengan tombol khusus untuk menu proyektor, Google Assistant dan Amazon Prime Video.



Pada paket penjualannya, sudah disertai dengan android TV dongle sebagai sistem operasi untuk menikmati konten-konten hiburan di internet, androidnya sudah android 10 yang ketika digunakan sudah snappy tanpa ada lag sama sekali, bahkan untuk dipakai memutar video 4K di YouTube sekalipun.



Android TV USB stick ini memiliki RAM 2GB dan ROM 16GB, sudah dirasa cukup untuk menjalankan beberapa aplikasi native di dalamnya, yang masih bisa ditambah dengan mendownload aplikasi di PlayStore.




Konektivitasnya pun sudah cukup canggih, dimana sudah mengakomodir sinyal WiFi 5Ghz, sehingga internetan semakin ngebut, apalagi untuk streaming konten 4K di YouTube yang membutuhkan bandwidth tinggi.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview