Review

Review realme GT NEO 3

oleh: Yohanes

Halaman 2

KELENGKAPAN







Dalam paket penjualannya, kamu akan mendapatkan satu buah unit smartphonenya, buku panduan penggunaan, soft case, dan sebuah charging adapter 80W, kabel USB Type-A to Type-C, dan satu SIM Tray Ejector.

DESAIN BALAP DARI REALME







Tampilan realme GT NEO 3 masih menjadi sorotan utama karena memang seri ini selalu memiliki penampilan yang berkesan berani dan gonjreng, karena memang menyasar generasi muda sebagai target pasarnya.




Varian yang Kru KotGa dapatkan ialah varian Biru Nitro, dengan backdoor yang memiliki dua garis yang sangat mencerminkan nama GT, yang dinamakan Racing Stripe Design. Lapisannya dicoating dengan finishing yang nyaman disentuh, yang dinamakan Brand New AG Glass Process yang memiliki sifat anti fingerprint sehingga tetap terlihat bersih meski digunakan seharian.

Secara keseluruhan desainnya memang memiliki nuansa baru dari segi warna atau skinnya, tapi untuk bahasa desainnya masih mirip dengan seri-seri realme GT sebelumnya, baik dari GT NEO maupun GT Pro.




Layarnya berukuran 6,7 inci dengan kamera depan berbentuk titik di tengah.







Bagian kiri ponsel ini terdiri dari volume button, sedangkan pada sisi kanan ada tombol power. O iya cara shutdown ponsel ini cukup berbeda, yaitu dengan tekan Volume Up dan Power pada saat yang bersamaan dalam beberapa waktu.





Pada bagian bawah terdapat Sim Card slot, Microphone, slot USB C, dan juga speaker.





Sedangkan pada bagian atas hanya ada microphone dan 3 titik lubang speaker tambahan, karena ponsel ini memiliki konfigurasi stereo speaker, speaker kedua berada di atas layar yang digabung dengan earpiece dan 3 titik lubang tadi. Jack audio 3,5 mm dan slot SD card absen di ponsel ini.

Baca ini juga :

» Review realme C55 NFC
» Review realme narzo 50 5G
» Review realme 9 Pro+ Free Fire Limited Edition
» Review realme GT 2 Pro
» Realme GT Neo 2






Desain housing kameranya masih menggunakan desain yang mirip dengan versi terdahulunya, tapi dengan konfigurasi setup kamera yang berbeda yaitu kamera utama, kamera ultra wide dan kamera makro.

Untuk dimensinya, realme GT NEO 3 terbilang standar smartphone masa kini, pengalaman menggenggamnya terasa lumayan ramping kalau tidak memakai case bawaanya, dengan tebal 8,2 mm dan berat yang hanya 188g.

SPESIFIKASI LENGKAP




GT NEO 3 ini cukup unik, karena kayanya baru ini Kru KotGa dengar ada smartphone yang punya chip sampe 3 biji, biasanya maksimal dua yaitu chipset utama dan chip pengolahan gambar dari kamera, nah kalau di realme ini ada 3 yaitu chipset utama, chip Dedicated Display Processor untuk mengatur tampilan layarnya, dan yang terakhir chip khusus untuk mengatur proses chargingnya.

Perihal chipset utamanya, smartphone ini mendapatkan chipset terbaru dari Mediatek yaitu Dimensity 8100 5G, meskipun bukanlah chipset terkencang yang ada di pasaran untuk saat ini, akan tetapi chipset ini bukanlah chipset kaleng-kaleng. Chipset ini sudah memiliki fabrikasi 5nm yang berakibat pada efisiensi daya yang semakin baik yang dipasangkan dengan GPU dari Mali-G610 MC6 yang akan kita tes nanti kemampuannya dalam gaming.





GT NEO 3 diklaim mengadopsi bahan konduktivitas termal terkuat dan struktur pembuangan panas sembilan lapis, yang mencakup sumber panas inti 100%. Yang jika dibandingkan dengan versi terdahulunya yaitu GT NEO 2, sistem pendingin GT NEO 3 meningkat sebesar 120,86%.



Kalau kita bicara tentang layar, sepertinya akhir-akhir ini realme terus-terusan menjadi brand yang konsisten dalam menghadirkan smartphone dengan layar-layar kelas atas untuk tiap smartphonenya. Termasuk GT NEO 3 ini yang memiliki Reality Display dengan AMOLED 1080p ber-refresh rate hingga 120Hz dan dibalut oleh Corning Gorilla Glass 5.

Panel layarnya juga sudah 10-bit color display, dan memiliki akurasi warna yang cakep, di 100% DCI-P3. Pengalaman selama memakai layarnya untuk kebutuhan entertainment seperti menonton film maupun bermain game bikin betah berlama-lama menatap smartphone seharian, terlebih layarnya sangat cerah meski di bawah matahari sekalipun.



Teknologi baterai dan charging adalah yang paling futuristik di smartphone ini, dengan kapasitas 5000 mAh yang dipecah menjadi dua bagian dengan nama Dual Charge Pump Parallel Architecture yang diklaim mampu meningkatkan tingkat konversi pengisian hingga 98,5% sekaligus meredam panas. Meski kita tidak tahu bagaimana algoritma penghitungan hingga angka 98,5% tersebut muncul, tapi kita akan menguji kecepatan charge GT NEO 3 versi 80Watt ini untuk membuktikannya.



Mengisi daya dari 0 hingga 50 persen hanya memakan waktu 11 menit 41 detik, dan dari 0 hingga 100 persen hingga sistem benar-benar berhenti mengisi dapat ditempuh dengan waktu 39 menit 46 detik saja. Untuk yang varian 80Watt saja sudah sengebut ini, apalagi untuk varian yang 150Watt yang diklaim 0 sampai 50 persennya hanya dalam 5 menit aja, gokil sih.



Pasti kita suka berpikir bahwa dengan kecepatan charging secepat ini, dengan watt sebesar ini, ada ketakutan sendiri perihal keamanan, tapi smartphone ini sudah diproteksi dengan berbagai teknologi seperti 38 lapisan perlindungan keselamatan, fitur Smart MCU Current Control Management yang dapat memutus arus saat situasi darurat, konektor FPC ganda bahkan sudah disertifikasi oleh TÜV Rheinland untuk Sistem Pengisian Cepat dan Aman untuk menjamin bahwa teknologi ini sudah aman untuk dilepas ke pasar dalam jumlah massal.

Realme juga menjanjikan retensi kesehatan baterai 80% setelah 1600 siklus pengisian daya, dengan asumsi setiap hari kita melakukan pengisian daya satu kali, baterainya akan tetap dalam keadaan cukup baik setelah 1600 hari atau sekitar 4 tahunan.

Baterai 5000 mAhnya dalam penggunaan normal bisa tahan seharian, untuk pemakaian normal seperti cek sosmed, dan gaming sesekali kita bisa mendapatkan screen on time sekitar 6-7 jam, cukup impresif.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview