Review

Review ASUS Mini PC PN51-S1

oleh: Yohanes

Halaman 2

DESAIN







Tidak banyak yang bisa dibicarakan mengenai desainnya, datang dengan desain minimalis dengan warna gelap dominan sebagai penanda bahwa ini produk yang cukup serius.




Meskipun datang dengan ukuran yang sangat kecil, Mini PC ini memiliki sifat upgradeable yang mirip dengan desktop berukuran lebih besar, meski tidak seluruhnya. Bodynya dapat dibuka dengan membuka 4 baut pada bagian bawahnya dimana kita bisa mengakses slot RAM dan slot SSD.




Sifat PC ini adalah barebone, dimana ASUS menjualnya dengan sistem kosongan, alias kita perlu mengisi RAM dan SSD atau storagenya secara mandiri, sisanya sudah  disertakan dalam paket penjualan yang berisikan case, motherboard, power supply, CPU dengan GPU onboard, M.2 WiFi card, dan bracket vesa untuk memasang mini PC ini di belakang monitor.

Ada tiga varian yang disediakan ASUS untuk mini PC ini, yaitu versi Ryzen 3 5300U, Ryzen™ 5 5500U dan Ryzen™ 7 5700U, dan untuk varian yang sedang kita review ini adalah versi tengahnya alias versi Ryzen™ 5 5500U.

Baca ini juga :

» Revisit ASUS ROG Phone 6
» Review ASUS Zenbook 17 Fold OLED UX9702A
» Cooler Master MasterLiquid ML240 Illusion
» ASUS ROG Strix Z790-I Gaming WiFi
» ASUS ExpertBook B3 Detachable B3000






Upgrade path yang tersedia adalah akses menuju RAM dan SSD saja, dimana sudah disediakan dua slot RAM SO-DIMM DDR4 dengan kapasitas maksimal di 64GB.

Sedangkan untuk storagenya disediakan dua slot, satu slot SSD M.2 NVMe yang berjalan di PCIe Gen 3 dan satu slot 2,5 inch untuk SSD SATA maupun HDD yang berada di atasnya, menempel dengan tutup casing, menariknya sistem pada casenya ini hadir tanpa kabel, tinggal colok saja untuk konektor SATA maupun powernya.





Kerennya lagi, untuk SSD M.2nya sudah disediakan heatsink untuk membantu menyebarkan panas, yang bisa dipasang tepat di atas SSDnya.





Mini PC ini punya dimensi 11,5cm x 11,5cm x 4,9cm dengan volume hanya 0,62 liter, super mungil. Dengan bobot 500 gram atau setenga kilogram saja, tentu portabilitas adalah hal yang sangat kuat untuk produk ini, mudah untuk dibawa kemana-mana.





Meskipun dengan dimensi yang mungil, ternyata portnya sudah cukup lengkap, I/O ports di depan terdiri dari 1x 3,5 mm Audio Combo Jack, 1x USB-C 3.2 Gen1, 1x USB 3.2 Gen1 dan juga ada power button dengan LED indicator disana.





Untuk bagian belakangnya lebih lengkap lagi yaitu ada: 1x HDMI, 1x DisplayPort, 1x USB-C 3.2 Gen1 supports Display Output with Power Delivery input, 1x Ethernet 2,5 Gbps, 2x USB 3.2 Gen1 dan terakhir ada port power atau 1x DC-IN.

Dengan konfigurasi Display Out tersebut, mini PC ini dapat mengakomodir 3x 4K display, bahkan mendukung display 8K yang hanya dapat berjalan tunggal dengan 30Hz refresh rate, bisa mencapai 60Hz via DisplayPort™ Dual Mode.

Yang cukup menarik adalah karena USB-C nya sudah mendukung power delivery 65watt, sehingga mini PC ini dapat mendapat daya jika dipasangkan dengan monitor yang memiliki USB-C 65 watt sehingga kita tidak memerlukan kabel powernya, jadi setup dapat semakin minimalis karena hanya akan ada satu kabel saja.





Pada paket penjualan juga sudah disertakan Vesa Mounting Kit untuk memasang PC ini di belakang monitor yang memiliki Vesa juga tentunya, sehingga setup meja akan semakin terasa minimalis.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview