Review

Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

oleh: Yohanes

Halaman 2

KELENGKAPAN







Packagingnya bisa dibilang cukup ramai, dengan boks yang full custom untuk edisi ini saja, dalam kotaknya ada banyak partisi dimana kamu bisa mendapatkan laptopnya, charging adapter, sleeve laptop, sticker pack dan stylus ASUS pen 2.0. Bahkan boks partisinya pun masih bisa digunakan kembali sebagai dudukan laptop, keren banget gak sih desainer ASUS?

DESAIN







Sebelum kita bahas desain Zenbook 14X OLED Space Edition ini, kita sedikit flashback ke tahun 1998 ketika pertama kalinya laptop ASUS yang dinamakan P6300 dipakai di stasiun luar angkasa yang namanya MIR Station milik Uni Soviet dulu. Ini melandasi betapa hebohnya aksen-aksen luar angkasa di laptop ini yang sebenarnya pun kalau tanpa aksen Space Edition ini, laptopnya udah cakep banget, warnanya pun unik yang dinamakan Zero-G Titanium, yaitu warna yang terinspirasi dari pesawat di ruang angkasa.




Ada aksen-aksen Space yang memiliki makna tersembunyi di laptop ini, berupa morse code yang memiliki arti dari ikon-ikon penting dari kejadian bersejarah untuk ASUS ini. Pada bagian bawahnya ada tulisan Ad Astra Per Aspera yang memiliki makna dalam bahasa Inggris adalah Through Hardship to the Stars, yang kalau di bahasa Indonesia artinya Menuju Bintang-bintang melalui jerih payah, dan uniknya lagi ini adalah slogan yang pernah dipakai kota Cirebon pada masa zaman pemerintahan Belanda dulu.




Yang bikin laptop ini makin keren, ada layar OLED monochromatic kecil di punggungnya sebagai layar eksternal yang bisa dikustomisasi untuk notifikasi, dimana ini adalah garnish desain yang fungsional menurut kami. Hal-hal seperti ini yang selalu gua seneng dari ASUS, desainnya selalu inovatif, selalu jadi yang paling berani untuk bikin gimik-gimik keren gini, jadi kita konsumen gak bosen dengan barang-barang homogen yang ada di pasaran.





Untuk mobilitasnya, laptop ini enak untuk dibawa-bawa karena datang dengan bobot hanya 1,4 Kg saja dan ketebalan 1,59 cm.

Baca ini juga :

» Review ASUS RT-AX53U
» Review ROG Strix Scar 15 2022 G533ZM
» Review ASUS ExpertBook B7 Flip
» Review ASUS Mini PC PN51-S1
» Review ASUS TUF Dash F15 2022






Build qualitynya juga bisa dibilang yang terbaik dari ASUS, Zenbook 14X OLED Space Edition ini dirancang untuk bertahan dalam sebuah perjalanan ruang angkasa seperti leluhurnya P6300, yang sesuai dengan protokol pengujian US Space Systems Command Standard SMC-S-016A yang sangat tangguh, dan telah diuji coba dengan standar ruang angkasa untuk ketahanan terhadap getaran ekstrem dan suhu operasional tinggi dan rendah. Tidak berhenti disitu, laptop ini juga sudah sesuai dengan standar militer 810H yang kuat menahan berbagai macam tes yang dilakukan seperti tahan jatuh dari ketinggian 1,2 meter meski dalam keadaan menyala misalnya.





Keyboard di laptop ini memiliki backlight berwarna putih yang memiliki tiga tingkat kecerahan. Jarak antar tombolnya terasa pas karena memang ukuran tiap key-nya sudah berukuran full size, serta memiliki travel key 1,4 mm yang terasa cukup dalam meski ini laptop tipis. Tombol powernya berwarna merah yang sekaligus fingerprint sensor.




Pada area touchpad-nya masih terdapat fitur NumberPad, yang dapat diaktifkan dan nonaktifkan dengan cara tekan pada sisi kanan atas touchpad, pada bagian kiri atasnya memiliki fungsi pengatur kecerahan NumberPad jika ditekan, jika di-slide dapat langsung menuju aplikasi calculator.

src="https://www.kotakgame.com/images/gambar/free/14/56/266541/266541xl.jpg" width="620px">


Laptop tipis umumnya memang memiliki port yang terbatas, dan tidak terkecuali laptop ini. Pada sisi kanan ada ada Micro SD card reader, audio combo jack 3,5mm dan satu USB type A.

src="https://www.kotakgame.com/images/gambar/free/24/56/266542/266542xl.jpg" width="620px">


Di sisi kiri, ada satu HDMI 2.0 port, dan dua port Thunderbolt 4. Jadi penggunaan USB Hub tentu dapat jadi pertimbangan jika menggunakan laptop ini untuk kebutuhan harian.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview