Review

Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

oleh: Yohanes

Halaman 3

FITUR




Dari namanya saja sudah kena spoiler bahwa panelnya menggunakan panel OLED yang dapat merespon multi-touch input, berukuran 14 inci dengan resolusi 4K yang mendukung HDR 500 nits bersertifikasi VESA. Laminasinya glossy membuat gambar terasa semakin kinclong, meski jadi reflektif. Akurasi warnanya tinggi, sudah tersertifikasi Pantone Validated juga, dengan color gamut di 100% DCI-P3.




Meski ini bukan laptop convertible, tetapi panel touchscreennya akan terasa semakin berguna di beberapa skenario yang sudah support stylus yang disertakan dalam paket penjualan.




Bezelnya masuk ke kategori tipis banget, bahkan screen to body rationya tembus di 92%, alias hanya tersisa 8% dari body layarnya yang tersisa untuk bezel. Meskipun bezel setipis ini, tapi masih bisa disematkan webcam 720p yang sudah disertai privacy shutter fisik.

Baca ini juga :

» Review ASUS ROG Zephyrus G14 Advantage Edition
» Review ASUS RT-AX53U
» Review ROG Strix Scar 15 2022 G533ZM
» Review ASUS ExpertBook B7 Flip
» Review ASUS Mini PC PN51-S1

Kualitas webcamnya cukup standar, tidak terlalu tajam dan masih ada noise sedikit, tapi overall aman untuk digunakan meeting online.

Sedangkan untuk hasil dari microphone-nya, sudah mendukung fitur noise cancellation dimana saat dinyalakan suaranya terdengar menjadi lebih mendem meskipun noise juga tidak terdengar. Microphone ini juga sudah mendukung asisten suara Cortana. Untuk konektivitasnya sudah di WiFi 6e yang sepaket dengan Bluetooth 5.









Speaker stereonya bertipe down firing di bagian bawah sisi kiri dan kanan, besutan Harman Kardon yang bersertifikasi Dolby Atmos. Meski ini laptop berukuran ramping, jangan kaget kalau suaranya cukup lantang, ini akibat dari ASUS yang menambahkan software Smart Amplifier, yang meningkatkan 350% lebih besar dari amplifier biasanya.

MyASUS






Tentu pada laptop Zenbook terdapat aplikasi all-in-one MyASUS, yaitu sebuah aplikasi praktis yang membantu user memaksimalkan laptop ini. Aplikasi ini berguna untuk setting mode performa, memantau keadaan mengelola profil kipas, mengaktifkan dan menyesuaikan fitur peredam kebisingan hingga mengatur color profile agar layar OLEDnya menampilkan warna yang sesuai kebutuhan. Oiya untuk layar eksternalnya juga dapat diatur di aplikasi ini.

GlideX






ASUS juga menyematkan sebuah aplikasi baru yang cukup keren yaitu GlideX, sebuah aplikasi cross-device screen-sharing yang menggunakan koneksi kabel maupun nirkabel.





Laptop ini memiliki ASUS IceCool Plus dengan dual fan dan 2 heatpipe untuk masing-masing CPU dan GPU, lubang exhaustnya pun memanjang di sisi belakang dekat dengan hinge yang memiliki sistem Ergo-Lift sehingga memiliki ruang bernafas yang lebih baik.

BATTERY LIFE






Zenbook 14X OLED ini memiliki kapasitas baterai 63 Whrs, dibutuhkan waktu sekitar 12 jam untuk menghabiskan baterai ini dalam skenario penggunaan kasual, daya tahan baterai jadi salah satu poin plus di laptop ini.





Chargernya memiliki power 100W, dan laptop ini dapat diisi dayanya menggunakan charger atau bahkan power bank yang sudah tersertifikasi power delivery via USB-Cnya yang dinamakan USB-Easy Charge.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview