Review

Review ASUS Zenbook 14X OLED Space Edition

oleh: Yohanes

Halaman 4

PERFORMA dan BENCHMARK





SKU laptop yang kami review ini menggunakan 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H processor, dengan 14 cores yang terdiri dari 6 P-cores dan 8 E-cores, dengan clock speed di 2,3 GHz up to 4.7 GHz.

Prosesor tersebut ditemani oleh pengolah grafis onboard yaitu Intel Iris Xᵉ Graphics, RAM DDR5 16GB 4800Mhz, dan storage NVMe PCIe M.2 SSD berkapasitas 1TB.

Opsi upgrade yang tersedia sangat minim akibat RAM yang memang sudah on-board, jadi kita hanya punya ruang untuk mengganti SSD yang sudah ada ke kapasitas yang lebih besar di masa depan ketika 1TB sudah terasa tidak cukup lagi.

Berikut adalah hasil pengetesan kecepatan storage SSD yang kami uji menggunakan Crystal Disk Mark.




SSD NVMe yang digunakan tergolong ngebut banget bahkan untuk ukuran PCIe Gen 4 sekalipun, dengan kecepatan Sequential Read di 7 GB/s dan Sequential Write di 5,2 GB/s.

Baca ini juga :

» Review ASUS ROG Zephyrus G14 Advantage Edition
» Review ASUS RT-AX53U
» Review ROG Strix Scar 15 2022 G533ZM
» Review ASUS ExpertBook B7 Flip
» Review ASUS Mini PC PN51-S1

Lanjut ke sesi benchmark.

Kami telah melakukan benchmark untuk mengetahui performa dari ASUS Zenbook 14X OLED dengan software PC Mark10, 3D Mark Fire Strike, Time Spy dan SuperPosition. Ini dia hasilnya.




Dari hasil benchmark sintetis yang telah kami lakukan, sudah bisa ditebak bahwa Alder Lake memang kencang meski di sebuah laptop tipis yang biasanya mengedepankan daya tahan baterai. Meski untuk skor grafis tidak terlalu tinggi akibat belum adanya GPU diskrit di laptop ini.




Tentu orang yang akan beli laptop ini pasti tidak terlalu mempedulikan kemampuan gamingnya, tapi tetap akan kita uji kemampuan gamingnya, untuk menguji sejauh mana GPU Intel Iris Xe Graphics ini dapat digeber.

Seperti yang bisa dilihat, untuk game esports seperti DOTA 2 hasilnya cukup lumayan meski dengan kompromi grafis terendah, dapat tembus di 185 average FPS dalam keadaan performance mode, dan Valorant di 205 Average FPS, kedua game ini adalah tipe game CPU bound yang memang lebih banyak bertumpu di CPU, dengan average FPS setinggi ini tentu bisa diambil kesimpulan bahwa prosesor i7 Alder Lake ini cukup ngeri kemampuannya.

Untuk Genshin Impact sudah bisa berjalan di rata-rata 60 FPS, dalam keadaan performance mode ya, jadi bisa dibilang laptop ini sudah approved untuk casual gaming Genshin Impact.




Suhu CPU dalam keadaan full load di performance mode dapat menembus 87 derajat celsius, masih di bawah 90 derajat untuk laptop setipis ini masih bisa dibilang adem.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview