Review

Review ASUS RT-AX53U

oleh: Yohanes

Halaman 3

WiFi 6 yang Ngebut dan Kekinian!


Sekedar informasi untuk kamu, saat ini sudah ada enam generasi Wi-Fi, berikut gambaran jelasnya:



Teknologi telah membawa kita ke generasi keenam ini yang mampu menghasilkan throughput tinggi lebih tinggi dari generasi sebelumnya hingga 40% serta jangkauan sinyal serta bisa digunakan oleh lebih banyak pengguna sekaligus. Lantas, apa untungnya? Gampangnya, bagi kamu para gamer yang menggunakan provider dengan koneksi ngebut sampai 100Mbps ke atas misalnya, dapat benar-benar memaksimalkan kecepatan tersebut melalui jaringan WiFi, tanpa perlu menggunakan kabel LAN lagi.

Saat ini, standarisasi di dunia sudah mulai beralih ke generasi keenam, yaitu 802.11ax. Berbagai perangkat gaming juga sudah mulai mengadaptasinya seperti smartphone, laptop, motherboard, hingga konsol seperti PlayStation 5. Tentu Asus RT-AX53U dapat mengakomodir kebutuhan gamer kompetitif sekalipun akan WiFi 6.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV

Dual-band






ASUS RT-AX53U support dua sinyal pada saat yang bersamaan yaitu di 2,4 GHz dan 5GHz dengan teknologi OFDMA dan MU-MIMO.





Sedikit penjelasan tentang apa itu OFDMA dan MU-MIMO, untuk OFDMA atau Orthogonal Frequency Division Multiple Access pada dasarnya memiliki sistem seperti car-pooling, yaitu jika ada lebih dari satu device yang mengakses ke lokasi yang sama, misalnya YouTube maka akan diproses secara bersamaan oleh router, jadi tidak ada bandwidth yang terbuang sia-sia.





Sedangkan MU-MIMO atau Multiple User Multiple Input Multiple Output, yaitu fitur yang membuat router menangani beberapa device secara bersamaan yang jika diibaratkan seperti jalan tol yang banyak memiliki beberapa jalur sehingga banyak task yang bisa diselesaikan dalam waktu bersamaan.

AiMesh






Mirip dengan router high-end dari ASUS juga, ASUS RT-AX53U mendukung fitur AiMesh. Fitur tersebut memungkinkan menggabungkan beberapa router ASUS yang mendukung AiMesh menjadi sebuah mesh network dimana jangkauan sinyal WiFi menjadi lebih luas dan optimal. Tanpa perlu adanya penambahan jaringan internet ataupun kabel LAN. Hanya perlu meletakkan router di tempat yang diinginkan dan menyalakannya. Ini sangat berguna bagi gedung, atau rumah yang luas dengan dua lantai yang memiliki banyak tembok penghalang.

ASUS Router App






Selain hadirnya halaman konfigurasi di web seperti router pada umumnya, ASUS RT-AX53U juga memiliki aplikasi via smartphone untuk mengatur berbagai hal, aplikasi tersebut adalah ASUS Router App. Melalui aplikasi tersebut juga bisa mengatur fitur seperti AiProtection, AiMesh, serta berbagai konfigurasi seperti WiFi, LAN, hingga Firmware Update juga bisa dilakukan di aplikasi tersebut.





Namun, jika para pengguna bingung, melalui aplikasi ini juga terdapat quick profile yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan seperti gaming atau streaming. Ini menjadi nilai lebih karena para pengguna tidak perlu menghabiskan waktu untuk melakukan konfigurasi yang diinginkan sesuai kebutuhan. Hanya sekali klik, semua konfigurasi akan berubah dalam sekejap.

AiProtection






Ini adalah fitur pintar yang melindungi semua perangkat yang terhubung, meskipun tidak memiliki kemampuan antivirus sendiri seperti perangkat-perangkat IoT atau Internet of Things. AiProtection memblokir serangan berbasis internet umum sebelum mencapai ke jaringan, dan jika perangkat yang terinfeksi terdeteksi di jaringan, AiProtection langsung memblokirnya untuk mencegahnya mengirimkan informasi pribadi apapun ke bad server.

Support Modem Dongle


Tentu semua fitur ini juga dapat bekerja dengan memasangkan modem dongle ke router ini, yang makin memberikan kesan fleksibel terhadap router ini. Pindah ke tempat baru dan ingin langsung terkoneksi ke internet? Hanya dengan sat set sat set pasang modem dongle, urusan internet selesai secepat itu.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview