Review

ASUS ROG Strix Z790-I Gaming WiFi

oleh: Yohanes

Halaman 3

FITUR


ROG Strix Hive




ROG Strix Hive adalah fitur yang paling menarik di mobo ini, yang menghadirkan pusat kontrol dan I/O dalam jangkauan tangan, banyak fungsi esensial yang dipindahkan dariĀ  sasis yang sulit dijangkau ke dalam bentuk periferal. Awalnya kami mengira ini hanya sound card saja, yang dihadirkan secara eksternal, meskipun ini sebenarnya technically gak salah ya karena memang ada DAC-nya di dalam Strix Hive ini. Namun, tidak hanya itu fungsinya, melainkan sebagai sarana ekstensi berbagai fitur yang biasanya ada di mobo, seperti akses tombol FlexKey, AI Overclocking, BIOS Flashback yang juga ada di I/O-nya, dan Q-LED pun bisa ditemukan disini.



Jadi bisa dibilang selain berfungsi sebagai kontrol audio, Strix Hive ini adalah jembatan dari berbagai fitur-fitur motherboard yang semuanya bisa diakses lebih dekat dengan user.

THUNDERBOLT 4





Bukan hanya satu, melainkan dua port Thunderbolt 4 disematkan di motherboard ini, yang setiap port-nya memberikan bandwidth dua arah hingga 40 Gbps dan dapat digunakan hingga dua layar 4K eksternal.

WiFi 6e





Motherboard ini sudah datang dengan built-in WiFi card yang support WiFi 6e dengan akses ke sinyal 6GHz, tentu ini bikin jadi makin praktis ya, kita gak perlu instal WiFi card sendiri, dan sudah disertakan antenanya sekalian, yang dapat menempel di case dengan magnet.

Baca ini juga :

» Review ROG Strix SCAR 17 2023 G733
» Review ROG Strix Scar 16 G634JZ
» Review ROG x EVANGELION EVA-02
» ASUS ROG G22CH G22CH-7K3114700WSO
» Review ASUS ROG Zephyrus G14 2023 GA402XV

ARGB & AURA Headers


Untuk urusan lighting RGB untuk mempersonalisasi tampilan PC, motherboard ini sudah dapat mengakomodir, yang dilengkapi dari AURA header dan ARGB Header yang posisinya memang sedikit sulit dijangkau, jadi pastikan sewaktu merakit jangan ketinggalan.

SOFTWARE


Nah sekarang kita bahas sisi softwarenya.

BIOS






Biosnya masih khas dari ROG, dengan dua mode yaitu EZ mode untuk UI yang lebih minim pengaturan, dan Advance Mode yang lebih banyak fitur untuk pengaturan lebih dalam.

ARMOURY CRATE






Ini sih aplikasi palugada yang udah sering banget dibahas di video-video review KotakGame, jadi intinya ini aplikasi yang fungsinya banyak banget, semacam control panel yang bisa mengatur banyak fungsi mulai dari monitoring hardware, kontrol speed kipas, pengaturan RGB bahkan download drivers pun bisa dari sini, si paling serba bisa.

AI OVERCLOCKING


Banyak sekali penggunaan AI di software-software yang di-develop ASUS selama beberapa tahun terakhir termasuk AI Overclocking yang memungkinkan si motherboard untuk menganalisa data dan mendeteksi hardware yang sedang digunakan. Frekuensi hingga voltase akan dihitung oleh AI, setelah itu, akan terdapat prediksi yang nantinya bisa dieksekusi langsung oleh pengguna.

SONIC STUDIO III






Ini aplikasi yang keren banget, ini adalah aplikasi besar untuk semua pengaturan audio, mulai dari bikin profile atau mainin efek-efek audio, tapi yang menurut gua keren banget adalah aplikasi ini juga berfungsi sebagai control panel untuk routing audio di PC, kaya misalnya kamu lagi main game, sambil nonton netflix dan muter musik juga di background, kamu bisa routing output audionya ke-tiga device yang berbeda juga, jadi gak nyatu semua di headset atau speaker, ini sih kepake banget buat gua yang suka main game sambil dengerin podcast juga.

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview