Review

Suzume no Tojimari

oleh: Billy Mariza

Halaman 2

Walaupun Sedikit Formulatik, Namun Ending Merapikan Seluruhnya




Sumber: Suzume

Baca ini juga :

» Kamen Rider Geats × Revice: Movie Battle Royale
» Spider-Man: Across the Spider-verse
» Guardians of the Galaxy Volume 3
» The Super Mario Bros. Movie
» John Wick: Chapter 4
Seluruh dari konklusi dari cerita adalah menunjukkan konflik batin yang dimiliki oleh Suzume di dalam dirinya. Dimana ia memiliki trauma besar paska kehilangan ibunya akibat Tsunami. Semakin ke ujung cerita, semua konflik menjadi di dalam satu ujung yang sama. Sebuah masa lalu dimana ia bertemu dengan ibunya yang nyatanya adalah dirinya sendiri dan memberikan bangku itu dari masa depan ke masa kecilnya melalui Dunia Ever After.

Hal inipun menjadi make sense alasan mengapa ia merasa pernah bertemu dengan Souta adalah karena ia pernah melihat Souta ketika tersesat di Ever After. Suzume berhasil mematahkan traumanya sendiri disini dan lebih menerima keadaan dia yang alami sekarang.

Kesimpulan



Sangat menyenangkan kembali menikmati karya Makoto Shinkai dengan scenery yang indah, dan dibalut dengan cerita yang sebenarnya sederhana namun dengan konklusi yang besar. Alur yang menyisipkan sedikit demi sedikit masala lalu dari Suzume juga memberi tanda tanya besar yang seakan tidak ada hubungannya dengan apa yang ia jalani dalam proses cerita.

Namun pertemuan Suzume dengan dirinya ketika kecil berhasil menyelesaikan semua puzzle yang ada ditambah iapun bertemu dengan orang yang ia cintai selanjutnya dan lebih membuka hati kepada orang lain.

Sayangnya soundtrack dari film ini gak maksimal ya, seperti lagu Suzume yang hanya terdengar dibabak ketiga saja namun itupun hanya secara acapella dan secara scene tidak nyambung sama sekali. Annoying malah.

Meskipun begitu secara keseluruhan film ini sangat menyenangkan untuk ditonton. Sedikit untuk membuatmu menjadi mindblown adalah misteri bagaimana kursi itu berasal. Karena sebelumnya Suzume pernah mengatakan jika kursi tersebut pernah hilang namun secara ajaib kembali ke tangannya. Kita bisa konklusikan jika kursi itu diberikan oleh Suzume yang dewasa di masa depan melalui EverAfter kepada Suzume kecil.

Tetapi tidak ada momen dimana kursi itu pertama kali bisa ditemukan dan itu hanya terjadi dalam sirkulasi waktu atau looping. Hilangnya satu kaki dari kursi itu masih tetap misteri.

Kesimpulan Review: Suzume no Tojimari

90KotakGame.com RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Scenery yang indah khas Makoto Shinkai
  • Alur cerita yang sederhana penuh konflik dan berhasil diakhiri dengan baik
  • (-) HAL-HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN
  • Soundtrack yang dipaksakan
  • Kursi yang dipertanyakan asalnya

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview