Review

Review ASUS RT-AX1800HP

oleh: Aeprukmana

Halaman 1

Internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi mayoritas orang, termasuk internet rumah. Banyak provider menawarkan paket internet terjangkau untuk pengguna rumah.

Namun sayangnya paket internet ini seringkali dipasangkan dengan router seadanya, apalagi jika digunakan oleh banyak device, router ini sering menjadi penghambat koneksi internet dari ISP ke pengguna, akibatnya penggunaan internet menjadi tidak maksimal.

Hal ini pasti sangat merugikan pengguna karena speed internet yang didapatkan tidak sesuai dengan harga yang dibayar.

Tapi tidak perlu khawatir, semua hambatan itu bisa dihilangkan jika kalian menggunakan router yang akan kami review ini.

Ini adalah ASUS RT-AX1800HP, sesuai dengan namanya router ini bisa mencapai total speed 1800 Mbps, dual band, dan ini sudah WiFi 6.

Dual Band



ASUS RT-AX1800HP sudah mendukung dual-band, jadi bisa memancarkan sinyal 2,4GHz dan 5GHz secara bersamaan, selain itu juga didukung oleh teknologi OFDMA dan MU-MIMO. OFDMA atau Orthogonal Frequency Division Multiple Access pada dasarnya memiliki sistem seperti car-pooling, yaitu jika ada lebih dari satu device yang mengakses ke lokasi yang sama, misalnya YouTube maka akan diproses secara bersamaan oleh router, jadi tidak ada bandwidth yang terbuang sia-sia.

Sedangkan MU-MIMO atau Multiple User Multiple Input Multiple Output, yaitu fitur yang membuat router menghandle beberapa device secara bersamaan. Jadi meskipun banyak device yang terhubung secara bersamaan koneksi tidak akan down karena bandwidth terbagi secara merata.



Selain dual band, router ini juga dilengkapi dengan antena high power yang berarti cakupan areanya ini bisa luas dan sinyalnya akan tetap kuat dan stabil, sangat cocok untuk pengguna wifi rumahan dengan pengguna yang cukup banyak.

Ini juga sudah mendukung AiMesh, artinya bisa digabungkan dengan router ASUS lain yang sama-sama mendukung AiMesh dan menjadi sebuah jaringan wifi yang luas.

Setup nya juga sangat mudah karena ASUS sudah menyediakan aplikasi mobile untuk mengatur router ini.

Untuk setup router ASUS RT-AX1800HP kamu bisa mengikuti langkah-langkah seperti gambar berikut.

Download aplikasi ASUS Router di Play Store atau App Store. Hubungkan Smartphone ke router ASUS, buka aplikasi ASUS Router.

Pilih setup, kemudian pilih sesuai dengan jenis router ASUS yang akan kamu setup. Karena router yang kami gunakan adalah ASUS RT-AX1800HP maka kami pilih yang paling atas.



Pilih Get Started, karena ini adalah router Dual Band maka akan ada dua jaringan yang harus di setup, yaitu 2,4 GHz dan 5 GHz. Isikan SSID atau nama dan password untuk jaringan wifi kita lalu pilih next.

Selanjutnya isi username dan password untuk akses admin router.



Tunggu setup selesai, lalu cek apakah semua sudah terisi dengan benar, jika sudah klik finish.



Akan muncul ASUS Notice, silahkan dibaca lalu pilih agree. Router ASUS kamu siap digunakan.



Berikut adalah screenshot speedtest router bawaan ISP ketika banyak device yang terhubung.



Speed internet drop sangat jauh, sebagai catatan ISP yang kami gunakan memiliki kecepatan 150 Mbps. Selain speed yang drop, untuk terhubung ke jaringan wifi nya juga susah karena sudah banyak device yang terhubung, terkadang jaringan terputus otomatis.

Berikut adalah screenshot speedtest ketika menggunakan router ASUS RT-AX1800HP dan terhubung dengan jaringan wifi 5 GHz.



Bisa terlihat ada perbedaan yang sangat jauh antara jaringan 2,4 GHz router bawaan ISP dengan jaringan 5 GHz router ASUS RT-AX1800HP.

Tanpa kamu sadari, menggunakan router bawaan ISP yang hanya single band kalian akan kehilangan speed internet hingga 40%!. Misalkan internet kalian 150 Mbps seharga 500rb perbulan, tapi real speed yang kalian dapatkan hanya 60 Mbps seharga Rp 199.999, yang berarti kalian merugi Rp 300.001 setiap bulannya, bayangkan jika ini dikalikan selama setahun tentu saja kerugiannya semakin besar.



Itulah kenapa router dual band itu sangat penting karena dapat memaksimalkan speed internet yang kalian punya dan kalian bisa menghindari semua kerugian tersebut.

Dengan router dual band, kalian akan menikmati speed internet sesuai dengan yang kalian bayarkan.

Berikut adalah spesifikasi dari router ASUS RT-AX1800HP.

Main Spec. ASUS RT-AX1800HP
Network Standard IEEE 802.11a, IEEE 802.11b, IEEE 802.11g, WiFi 4 (802.11n), WiFi 5 (802.11ac), WiFi 6 (802.11ax), IPv4, IPv6
Antenna External antenna x 4
Transmit/Receive 2.4GHz 2x2, 5GHz 2x2
Processor Dual-core (4 VPE)
Memory 128 MB Flash, 256 MB RAM
Boosts speed OFDMA (Orthogonal Frequency Division Multiple Access), Beamforming: standard-based and universal, 1024-QAM high data rate, 20/40/80 MHz bandwidth
Operating Frequency 2.4GHz / 5 GHz
Ports RJ45 for Gigabits BaseT for WAN x 1, RJ45 for Gigabits BaseT for LAN x 4
Power Supply AC Input : 100V~240V(50~60Hz), DC Output : 12 V with max. 1.5A current


Baca ini juga :

» Review ASUS TUF Gaming A15
» Review Predator Helios Neo 16 PHN16-72 97QT
» Review ROG Strix G16 (2024) G614 G614JVR
» Review Acer Nitro V 15 RTX 4050
» Review Cooler Master GA241

TAGS

Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview