Release Date27 April 2011
ESRB RatingTeen
GenreMMORPG
Publisher
Gameloft

Developer
Gameloft

Console
KOTAK GAME RATING
85
PLAYER RATING
85
BERI RATING
Review

Order & Chaos Online

oleh: Romyweezer

Order & Chaos Online

Order & Chaos Online adalah mobile game bergenre MMORPG yang dikembangkan oleh Gameloft untuk perangkat iOS, Windows Phone dan juga Android. Game yang awalnya dirilis hanya untuk perangkat iOS pada tanggal 27 April 2011 ini sekarang sudah mendapatkan update versi 2.1.0 pada tanggal 2 Juli 2013 lalu di platform iOS. Untuk versi iOS-nya, game ini dapat dimainkan menggunakan iPhone 3GS dan di atasnya, iPod Touch 3rd generation dan di atasnya, serta seluruh versi iPad asal sudah dapat menggunakan iOS 5.0 ke atas. Sedangkan jika Kotakers ingin memainkan game ini di perangkat Android, kalian perlu perangkat Android yang bisa berjalan di atas OS 2.2 (Froyo). Windows Phone adalah platform termuda yang mendapatkan game ini (dirilis pada tanggal 10 Juli 2013) dan merupakan satu-satunya platform yang terintegrasi dengan fitur Achievements konsol Xbox 360.


Selain di perangkat mobile, sebenarnya Order & Chaos Online juga dapat dimainkan menggunakan Mac, namun jumlah pemain yang menggunakan Mac sangat sedikit dan game versi Mac tidak pernah mendapatkan update apapun sejak game diluncurkan ke perangkat ini. Perlu diketahui, meskipun game ini dapat dimainkan menggunakan perangkat iOS, Windows Phone, Android, dan Mac, namun pemain dari beda platform tidak dapat saling bertemu meskipun berada di server yang sama karena Order & Chaos Online belum mendukung fitur cross platform. Oh iya, kru KotakGame memainkan game ini menggunakan iPad 2 dengan iOS 6.1.3. Hasil grafis dan juga jalannya permainan ketika bermain menggunakan iPad 2 sangat mulus dan lancar. Sekedar informasi, Order & Chaos Online sudah sering mendapatkan penghargaan sebagai game 3D MMORPG terbaik di perangkat iOS, namun sayangnya di perangkat Android game ini malah sering "dijelek-jeleki" para pemainnya karena update yang sering datang terlambat dan masih banyaknya bug yang mengganggu jalannya permainan.




Sekedar saran, jika ingin mendapatkan pengalaman bermain yang maksimal, sebaiknya Kotakers menggunakan perangkat iOS untuk memainkan game ini. Disamping jumlah pemainnya paling banyak diantara dua platform lainnya, update terbaru juga selalu lebih cepat muncul di Order & Chaos Online versi iOS. Sama seperti game MMORPG kebanyakan, inti cerita yang ada di dalam game ini adalah tentang persaingan antar faksi untuk merebut sesuatu yang dianggap paling berharga di dunianya. Saya tidak akan menjelaskan secara detil seperti apa kisah yang terjadi dalam game ini, karena itu mungkin hanya akan membuat Kotakers menjadi mengantuk membaca review (hehehe). Agar Kotakers dapat memahami seperti apa keadaan lingkungan dalam game, silahkan lihat dulu trailer terbaru Order & Chaos Online pada video di bawah ini.


Game ini dapat dimainkan dalam berbagai sudut pandang (sudut pandang orang pertama ataupun orang ke tiga), kalian hanya perlu menggunakan dua jari untuk melakukan zoom in dan zoom out kamera dalam game. Untuk melihat sekeliling area, sentuh saja layar bagian kanan. Pada awal permainan, kita akan diminta untuk memasukkan id dan juga password Gameloft, namun agar lebih mudah dan tidak perlu pusing membuat serta mengingat id baru, gunakan saja akun Facebook kalian sebagi "kunci" masuk ke dunia Order & Chaos Online.




Setelah berhasil masuk, maka kita bisa langsung membuat dan mengkustomisasi karakter. Ada lima slot karakter yang disediakan, 3 slot gratis dan 2 slot berbayar. Kalian dapat memilih ras Human, Elf, Orc, Undead, dan Mendel (ras baru yang terdapat di update kali ini). Tidak ada pembatasan gender (gender locked) dalam game ini , jadi kalian bebas menentukan ingin bermain sebagai rasa apa dan gendernya apa. Setelah memilih ras, kini giliran kelas yang harus kita pilih. Apapun rasnya dan apapun gendernya, kalian tetap bisa memilih untuk menjadi kelas Warrior, Mage, Monk, ataupun Ranger, jadi pemain benar-benar diberi kebebasan mutlak dalam menentukan jati diri karakternya dalam game ini. Terakhir, kalian tinggal mengkustomisasi rupa karakter dan memberi nama pada karakter.






Pemilihan server juga diserahkan sepenuhnya kepada pemain, namun jika kalian berada di kawasan Asia, maka tentu saja World area yang direkomendasikan adalah kawasan Asia. Kalian tetap dapat memilih server di Amerika ataupun Eropa (meskipun tinggal di kawasan Asia), namun akan ada peringatan bahwa jika memilih kawasan yang tidak direkomendasikan, maka kemungkinan terjadinya lag dalam game akan semakin besar. Oh iya, untuk dapat memainkan game ini dengan nyaman, sebaiknya kalian juga menggunakan koneksi Wi-fi yang kualitasnya jaringannya baik, karena jika menggunakan jaringan seluler (2G, 3G, 4G), ditakutkan lag akan sering terjadi ketika kita sedang asik bermain.




Satu hal yang cukup menarik perharian ketika memainkan Order & Chaos Online di kawasan Asia adalah nama pemain yang muncul tidak selalu terlihat dalam huruf latin, karena game ini memang tersedia di beberapa kawasan dunia (termasuk bahasanya) seperti Amerika Serikat, Jepang, Korea, Cina, Perancis, Brazil, Jerman, dan banyak lagi lainnya. Ketika mencoba memainkan game ini selama beberapa jam saja, kru KotakGame langsung bisa menyimpulkan bahwa Order & Chaos Online adalah sebuah game MMORPG versi mobile yang sangat lengkap. Jika Kotakers sudah pernah memainkan game MMORPG di PC seperi game World of Warcraft, Ragnarok Online, ataupun Rising Force Online, kalian pasti akan terbiasa dengan fitur maupun interface dalam Order & Chaos Online, karena fitur-fitur yang dihadirkan dalam game ini hampir semuanya pasti pernah kalian lihat di game MMORPG pada platform PC.






Fitur-fitur umum seperti Bag, Character, Quests, Chat, PvP, Guild, sampai Auction dapat kalian temui dalam game Order & Chaos Online. Lebih asiknya lagi (menurut kru KotakGame), game ini tidak menerapkan sistem auto routing, jadi permainan benar-benar berjalan dengan "aktif". Untuk mengendalikan karakter pemain pun caranya sangat mudah dimengerti, kalian hanya perlu menggunakan layar bagian kiri untuk mengatur arah gerak karakter dan menggunakan layar bagian kanan untuk mengatur posisi kamera. Semua informasi penting termasuk skill dan item apa saja yang ada di tombol shortcut terpampang sangat jelas di interface game ini, pemain dijamin tidak akan kebingungan meskipun baru mencoba pertema kali memainkan game bergenre MMORPG di perangkat mobile mereka. Jika karakter kalian mati, maka kalian dapat memilih hidup lagi dengan menggunakan rune stones atau bangkit kembali di cemetery terdekat tanpa perlu membayar.




Meskipun Order & Chaos Online adalah game berbayar (dibanderol seharga IDR 69.000), namun Gameloft juga menghadirkan fitur In-App Purchase (IAP) dalam game ini. IAP yang diterapkan dalam game ini adalah penjualan rune stones yang dapat digunakan untuk membeli berbagai item penting dalam game termasuk item spesial dan juga uang in-game (Golds). Menurut kru KotakGame, IAP adalah fitur yang wajar hadir di game bergenre MMORPG, namun Gameloft rasanya terlalu "tinggi" membanderol sebuah game yang harga IAP-nya saja ada yang mencapai IDR 949.000. Gameloft pastinya memang membutuhkan dana besar untuk menyediakan server dan membayar gaji karyawan yang mengurus server-server tersebut, yah... semua penilaian soal sistem IAP ada ditangan Kotakers.




Kesimpulan Review: Order & Chaos Online

85KOTAKGAME RATING
  • (+) KELEBIHAN
  • Kontrol mudah dipahami
  • Fitur sangat lengkap dan mirip dengan game MMORPG di PC
  • Interface sederhana dan enak dipandang mata
  • Quest mudah dimengerti
  • Pilihan server banyak
  • (-) KEKURANGAN
  • Harga game termasuk mahal
  • Fitur In-App Purchase yang "agak mengganggu keseimbangan bermain"
  • Ketika tidak sengaja menekan tombol Home, terkadang kita harus masuk dari awal lagi karena koneksi ikut terputus

Akhir kata, jika Kotakers merupakan penggemar berat game bergenre MMORPG di platform PC dan ingin mencoba sensasi lain bermain game MMORPG di perangkat mobile, maka Order & Chaos Online adalah pilihan yang sangat tepat. Fitur-fiturnya yang lengkap dan grafisnya yang tidak boleh dianggap remeh bagaikan "candu" yang sangat sulit untuk dihindari. Saat kalian sudah masuk ke dunia Order & Chaos Online, tombol "Home" di iPad rasanya hilang untuk sementara waktu, paling tidak sampai baterai iPad kalian habis, hehehe. Selamat mencoba!

Order & Chaos Online: App Store dan Google Play

(KotakGame)

TAGS

KRU KOTGA BISA BACA PIKIRANMU! Kamu pasti akan suka dengan artikel ini :
Jika ingin mengirim artikel, kerjasama event dan memasang Iklan (adverstisement) bisa melalui email redaksi[at]kotakgame.com atau Hotline (021) 93027183
rekomendasi terbaru



Most Popular Previews
Belum ada Preview